Yuk, Ketahui Sejarahnya Es Krim dan Pembuatannya!

Sejarah Es Krim.. 

Moms dan sis pasti hampir semuanya menyukai es krim. Es krim merupakan makanan yang mengandung lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Rasanya yang manis, dingin, serta teksturnya yang lembut selalu dicari oleh banyak orang. Selain rasanya yang menyegarkan, penyajian es krim juga kini variatif dan semakin menggugah selera. Mulai dari kombinasi es krim dengan waffle, pancake, kue, atau bahkan minuman.

Sejarah Es Krim
Namun, tahukan moms dan sis bagaimana es krim dapat tercipta pada awalnya? Terdapat berbagai macam sejarah dari belahan dunia berbeda mengenai asal mula es krim. Yuk, kita simak satu per satu, moms dan sis!


Kekaisaran Romawi
Sejarah kemunculan es krim yang pertama, dipercaya datang dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero, Romawi tahun 64 M. Kaisar Nero menginginkan makanan penutup yang dingin. Kemudian dibuatlah kombinasi antara salju halus, nektar, sirop buah, dan madu.
Sejarah Es Krim
Tiongkok
Es krim mulai dikenal di negeri Tiongkok sekitar tahun 700 M. Raja Tang dari kerajaan Shang mendapatkan hadiah berupa gumpalan salju yang diberi susu, sari buah dan lumuran madu saat makan malam. Dikenal dengan istilah ‘xuebaite’, makanan kesukaan sang raja ini akhirnya populer.

Sejarah Es Krim
Marcopolo
Sekitar tahun 1254 M Sejarah Es Krim di Marcopolo. Marcopolo yang baru kembali dari Cina, membawa oleh-oleh cara pembuatan es krim dan memodifikasi es sirop Italia. Sajian ini menjadi favorit banyak orang dan menyebar ke negara Eropa lainnya. Bahan dasar pun berubah menjadi susu dan krim sehingga orang Inggris menyebutnya ‘ice cream’.

Sejarah Es Krim

Amerika
Sejarah Es Krim mulai muncul di benua Amerika pada abad 19 seiring dengan ditemukannya mesin pembuat es krim. Saat itu, gubernur asal Maryland, Amerika Serikat, menyajikan es krim kepada para tamunya. Namun, butuh 76 tahun sampai kios es krim dibuka pertama kalinya di New York.

Sejarah Es Krim

Indonesia

Di Indonesia, es krim muncul setelah dibawa oleh orang-orang Belanda yang datang. Dulu, es krim termasuk barang mewah dan mahal yang biasanya dinikmati orang Belanda saja.

Sejarah Es Krim

Moms dan sis, es krim ternyata punya sejarah yang panjang banget. Dari gumpalan salju yang diberi sirup buah sampai dibuat menggunakan mesin mixer modern. Jika moms dan sis ingin buat es krim sendiri di rumah, bisa loh. Tapi proses pembuatan es krim rumahan menghabiskan banyak waktu. Adonan susu dan gula harus dididihkan dan diaduk secara perlahan sambil ditambah bahan lain seperti vanili dan maizena. Lalu proses pembekuannya harus dilakukan berkali-kali agar mendapat tekstur yang lembut. Keburu capek, ya!

Sejarah Es Krim

Mending moms dan sis pakai Pondan Magic Ice Cream aja! Pondan Magic Ice Cream yang punya berbagai pilihan rasa, mulai dari rasa kesukaan semua orang seperti vanila, coklat, dan strawberry sampai rasa tak biasa seperti durian, mocha dan green beans. Pembuatannya pun sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Tinggal tambahkan air dingin, aduk rata dan masukan ke dalam freezer sampai membeku. Tidak ribet dan pasti enak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *