Tips Membuat Kue Untuk Pemula

How to make cake

Tips Membuat Kue

Punya hobi makan ? terutama makanan manis seperti kue?

Nah Selama ini kamu mungkin mendapatkan kue tersebut dari toko kue atau hasil buatan orang terdekat ! Pernah kah kamu berpikir untuk membuat kue sendiri? Selain lebih sehat, kamu akan benar-benar mengetahui bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam kue buatan sendiri. Hmm, tapi bagaimana kalau kuenya gagal, tidak enak sampai membuatmu malu di depan orang lain? Semua orang pasti merasakan ketakutan tersebut. Untuk meminimalisir tingkat kegagalannya,ada 10 tips membuat kue yang harus diperhatikan pemula.

Tips Membuat Kue

Membaca resep secara keseluruhan

Tips Membuat Kue

Saat akan membuat kue untuk pertama kali, tips membuat kue yang pertama tentu akan mencari resepnya di internet atau menanyakan langsung pada kerabat terdekat. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca dengan teliti resep tersebut. Jangan tergesa-gesa saat membacanya agar kamu benar-benar mengerti langkah-langkahnya dan tahu apa saja yang harus dipersiapkan.


Kelengkapan alat

Tips Membuat Kue

Tips membuat kue yang kedua, Kamu harus mempersiapkan apa saja alat masak yang akan digunakan dan mengetahui pasti fungsinya. Cek ulang alat-alat tersebut sebelum kamu melakukan proses membuat kue Jangan sampai ada alat atau bahan yang terlupakan yang bisa mengganggu proses pembuatan kue.


Bahan dalam suhu ruangan

Tips Membuat KueTidak ada yang salah dengan menyimpan bahan makanan di kulkas. Namun saat kamu berencana membuat kue, pastikan bahan yang akan digunakan dikeluarkan terlebih dahulu agar mendapat suhu ruangan. Waktu yang disarankan adalah satu jam sebelum proses pembuatan kue dimulai nah itu Tips membuat kue yang ke tiga !


Alat takar yang berbeda

Tips Membuat KueUntuk mengukur berapa banyak bahan yang kamu gunakan, kamu membutuhkan alat takar. Namun, kamu harus bisa membedakan alat takar yang diperuntukan untuk bahan yang bersifat kering seperti gula, tepung, dan kacang, ataupun bahan yang bersifat cair seperti air dan susu.

 

Siapkan Kertas Minyak dan Loyang

Tips Membuat Kue

Jika resepnya membutuhkan loyang yang sudah diolesi margarin atau harus dibungkus kertas minyak, siapkan sesegera mungkin. Kedua hal ini akan menghindarkan kamu dari kue yang lengket atau gosong karena menempel ke loyang. Kamu juga tidak perlu membersihkan ceceran adonan yang mengering di dalam ovenmu.

Panaskan Oven

Tips Membuat Kue

Sebagian besar resep akan menyuruhmu kamu untuk memanaskan oven terlebih dahulu, bahkan sebelum proses pembuatan kue dimulai. Biasakan memanaskan oven sebelum kamu memasukkan apa pun ke dalamnya.


Perhatikan saat pencampuran bahan

Tips Membuat KueSebagai pemula, kamu harus benar-benar memperhatikan langkah-langkah dalam resep. Jangan sampai kamu langsung mencampurkan semua bahan dalam mangkuk. Teliti resepnya dan ketahui bahan apa saja yang harus dicampur terlebih dahulu.

 

Kocok Telur di Mangkuk Terpisah

Tips Membuat KueJika kamu memecahkan telur langsung ke mangkok adonan, besar risikonya kulit telur ikut jatuh ke dalamnya atau telurnya busuk. Cara yang lebih baik adalah memecahkan telur di mangkuk terpisah, pastikan tidak ada cangkang yang terbawa dan pastikan kuning telurnya tidak pecah. Jika ada serpihan cangkang, ambil dengan menggunakan potongan cangkang telur yang lain.


Jangan Aduk Adonan Terlalu Lama

Tips Membuat KueLupa mematikan mixer begitu adonan sudah tercampur rata? Jadi apa yang terjadi pada adonan yang terlalu lama dikocok? Tergantung pada resepnya. Adonan yang terlalu lama di aduk biasanya membuat hasil kuenya nanti keras, tidak mengembang, dan kering. Jadi pastikan aduk adonan sesuai dengan petunjuk.


Pasang timer

Tips Membuat KueUntuk menghindari risiko gosong saat memanggang kue, kamu harus memasang timer dengan suara yang keras agar tidak lupa dengan waktu, apalagi ketika menunggu kue matang kamu ingin melakukan pekerjaan lain.

 

Dengan mempraktikan 10 tips di atas, kamu sebagai pemula pasti bisa membuat kue yang enak. Selain cara memanggang yang benar, hal penting lainnya adalah terus mencoba, berlatih, sampai bisa. Jika kamu tidak punya banyak waktu, kamu bisa mencoba premiks dari Pondan. Pondan menyediakan banyak varian premiks, seperti kue brownies, pudding, dan ice cream. Pasti enak dan tidak akan gagal!

 

Sumber:

Katalog Ibu – 4 Peralatan Membuat Kue untuk Pemula

http://www.katalogibu.com/tips-bunda/3-peralatan-membuat-kue-untuk-pemula.html

Popsugar – New to Baking? This Is What You Need to Know
https://www.popsugar.com/food/Tips-Beginner-Bakers-24477467?stream_view=1#photo-37632111
Small Bytes – Baking for Beginners | Tips You Need to Know
http://blog.chefd.com/small-bytes/baking-for-beginners-10-tips-you-need-to-know

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *