Intip 5 Jenis Keju Idaman Para Pecinta Kue

pondan.com – Siapa yang tak menyukai keju? Hampir setiap orang makanan pelengkap bercita rasa gurih dan wangi ini. Keju yang terbuat dar bahan dasar susu sapi mampu membuat makanan menjadi serba nikmat. Namun, tahukan Anda jika keju punya beberapa jenis, yang bisa Anda konsumsi sesuai dengan kebutuhan. Berikut 5 jenis keju yang biasa digunakan sebagai pelengkap dalam camilan, mulai dari cheddar hingga krim keju.

jenis keju cheddar

  • Cheddar

Keju Cheddar berasal dari desa dengan nama yang sama di wilayah Somerset, Inggris. Memiliki tekstur yang cukup keras dengan ciri khas warna putih gading hingga kuning, membuat keju Cheddar memiliki rasa yang sangat kuat.

Karena teksturnya yang cukup keras, untuk mengkonsumsi keju Cheddar ada baiknya diparut atau dipanaskan agar lebih lunak.

  • Parmesan

Jenis keju yang satu ini kerap diparut untuk digunakan sebagai topping di atas makanan yang dipanggang, misalnya saja Pizza. Keju berbahan dasar susu sapi ini bukan termasuk ke dalam makanan rendah lemak karena mengandung rannet atau enzim dari perut sapi. Karena itu, aroma dan cita rasa makanan yang disebut Parmigiano-Reggiano ini sangatlah khas dan biasanya bikin ketagihan.

Keju yang berbentuk bulat besar ini terbuat dari susu segar dan fermentasi, kemudian diasinkan selama 20 hingga 25 hari. Waktu pematangan optimalnya sendiri bisa mencapai 24 bulan.

  • Mozzarella

Keju yang proses dibuatnya adalah dengan diputar dan dipotong ini menjadi yang terfavorit dan kekinian sebagai bahan camilan. Selain teksturnya yang kenyal dan melar, rasanya pun bikin lidah ketagihan. Misalnya saja keju mozzarella yang ada dalam corndog atau pizza punya rasa enak dan gurih bukan?

Keju Mozarella pertama kali diproduksi di Italia, yang terbuat dari susu kerbau, karena paling banyak hewan itu. Yang membedakan dari keju-keju lain, mozarella terbuat dari dadih atau susu yang difermentasi, sehingga bisa cepat basi jika tidak langsung diolah ketika kemasannya sudah dibuka. Namun, ada cara yang bisa membantu untuk membuat keju ini tak mudah basi, yakni dengan direndam di air garam.

  • Edam

Keju Edam telah diproduksi di Belanda sejak abad pertengahan, di mana saat itu masyarakat banyak memanfaatkannya sebagai camilan yang super lembut dan creamy. Sejarah mencatat, keju Edam ini sudah dikonsumsi sejak zaman penjajahan. Masyarakat yang hendak berlayar akan membawa keju ini sebagai stok makanan karena warnanya tidak berubah dan dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Keju Edam mengandung 40 persen lemak yang menjadikan teksturnya lebih lembut dan asin. Uniknya, keju yang berbentuk bundar dan berdiameter 5 inci ini dilapisi lilin merah guna menjaga aroma dan rasanya awet.

  • Keju Krim

Anda pecinta cheesecake pastinya sudah tidak asing dengan keju krim atau cream cheese yang rasanya gurih, lembut dan tentu saja bikin nagih.

Keju yang berbentuk krim ini memiliki tekstur yang lembut, hampir mirip dengan mentega. Keju ini terbuat dari 33 persen lemak susu sapi, 55 persen air dan mengandung PH 4,4, yang kemudian dipasteurisasi untuk mematikan bakteri yang berbahaya.Biasanya, keju krim dijual menggunakan wadah khusus, bahkan sejumlah merek menambahkan bahan-bahan lain, seperti bawang putih atau buah zaitun. 

Untukmu yang ini berkreasi dengan makanan bercita rasa keju, Pondan hadir dengan pancake mix rasa keju. Bahan premiks ini sudah dilengkapi dengan tepung terigu, gula, susu skim bubuk, hingga pati jagung.

Cara membuatnya pun terbilang mudah. Kamu tinggal siapkan adonan Pondan premiks pancake keju yang sudah dicampur air dan telur. Setelah adonan tercampur merata, tuang 1 sendok sayur adonan di atas penggorengan atau wajan anti lengket.

Panggang selama kurang lebih 2 menit sampai muncul pori-pori berlubang di permukaan. Balikkan pancake lalu panggang selama 2-10 detik, dan angkat.

Kamu bisa bisa menambahkan topping sirup mapple atau apapun sesuai seleramu. Segera kunjungi website Pondan atau marketplace kesayanganmu untuk mendapatkan produk ini. 

Beli Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *