5 Tips Menyimpan Es Krim Buatanmu Di Rumah

Saat membuat es krim sendiri di rumah, membuatnya beku menjadi salah satu langkah yang penting untuk dilakukan. Tapi gak banyak yang tahu nih, kalau cara menyimpan es krim yang salah bisa mempengaruhi cita rasanya saat disantap lho. Nah, agar stok es krim buatan mom & sis tetap aman dan nikmat, gak ada salahnya nih menyimak  5 tips menyimpan es krim yang sudah Pondan rangkum untuk kamu berikut ini!

  1. Cek temperatur freezer kamu

Pastikan kamu mengecek temperatur freezer di lemari pendingin milikmu sebelum memasukan es krim ke dalamnya. Es krim paling baik disimpan pada suhu -18oC atau ke bawah, tak boleh lebih. Hal ini bertujuan untuk menjaga rasa dan tekstur yang dimiliki es krim itu sendiri.

  1. Simpan es krim dalam wadah kedap udara

Es krim memiliki komposisi yang sebagian besar berupa lemak, dan bersifat menyerap bau bahkan ketika dibekukan. Oleh karena itu, gunakan wadah kedap udara agar es krim kamu tidak menyerap bau makanan lain dalam kulkasmu agar es krim kamu tidak berubah rasa dan aromanya menjadi aneh. 

  1. Letakan es krim di bagian terdalam freezer
Freezer - [ via freepik.com ]
Freezer – [ via freepik.com ]
Jangan taruh es krim di pintu freezer. Es krim memiliki sifat mudah meleleh, sedangkan suhu di pintu freezer memiliki temperatur yang tidak konsisten karena paling mudah bersentuhan dengan suhu hangat diluar kulkas saat pintu dibuka tutup. Oleh karena itu, simpanlah es krim kamu di bagian paling belakang freezer karena di sana suhu cenderung stabil dan dingin.

 

BACA JUGA:

Cara Membuat Brownies Ice Cream Sandwich Ala Pondan

Jenis-jenis Es Krim Populer di Dunia

5 Manfaat Baik Es Krim

 

  1. Jangan biarkan es krim ditumbuhi bunga es

Udara yang terperangkap dalam kontainer biasanya membuat es krim kamu ditumbuhi kristal es yang membuat teksturnya kasar saat disantap. Solusinya, selain menggunakan wadah kedap udara, alasi juga permukaan es krim kamu dengan plastik wrap atau kertas lilin untuk menghindari kristal es tumbuh. Kamu juga disarankan menggunakan wadah berukuran lebar dan pendek, agar hasil es krim kamu bisa cepat beku namun minim kristal es.

  1. Segera habiskan es krim kamu
Membagikan es krim dalam wadah – [ via freepik.com ]
Membagikan es krim dalam wadah – [ via freepik.com ]
Serius. Segera habiskan es krim kamu. Sebaik apapun kamu menyimpannya, semakin lama  kamu menaruhnya dalam freezer, es krim akan semakin kehilangan rasa dan tekstur terbaiknya. Waktu simpan terbaik untuk menyantap es krim buatan rumah agar tetap lezat adalah tidak lebih dari sekitar 1-2 minggu. 

 

Nah gimana mom & sis dengan 5 tips menyimpan es krim tadi, gampang banget buat diikutin kan? Untuk bahan membuat es krimnya, cobain Pondan Ice Cream Magic yuk! Selain cara bikinnya yang praktis dan gampang, dengan Pondan kamu juga bisa cicipin beragam rasa seru yang dijamin lezat dan bisa bebas kamu kreasikan lho! Temukan aneka produk Pondan Ice Cream Magic pilihanmu melalui website, atau dengan membelinya lewat e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

Sumber:

frozendessertsupplies.com

seriouseats.com

thekitchn.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *