Apa Bedanya Cake Dan Bolu?

Mungkin ada yang masih bingung ya moms dan sis antara cake dan bolu, apa sih bedanya, kayanya sama aja deh, sama-sama kue yang lembut, cuma beda penyebutannya saja. Ternyata betul beda lho moms dan sis.

Bolu atau bisa juga disebut dengan butter cake dibuat dari lemak seperti mentega atau margarin yang dikocok dengan gula, telur dimasukkan setelahnya, baru terakhir bahan kering seperti terigu, susu dan cairan lainnya.

Sedangkan cara membuat sponge cake, dari telur yang dikocok dengan gula, bahan keringnya baru dimasukkan

setelah telur dan gula yang dikocok tadi mengembang. Terakhirnya margarin ya moms dan sis, baik yang dicairkan maupun tidak.

Dari pengolahannya inilah perbedaannya, dan kalau dilihat memang menghasilkan tekstur yang berbeda juga. Mengutip dari Fatmah Bahalwan, pendiri mailing list Natural Cooking Club adalah sebagai berikut penjelasannya:

Sebetulnya bolu adalah bahasa Indonesia dari cake. Tetapi pengertiannya kemudian bergeser, bolu diartikan sebagai cake yang kasar dan padat. Dibuat dari kuning telur yang lebih banyak ketimbang putih telurnya dan pemakaian tepung sedikit. Sponge cake adalah jenis cake yang dibuat dengan cara telur dikocok bersama gula, margarin dicairkan. Cake yang ini rasanya lebih ringan ketimbang jenis butter type cake (cake yang dibuat dari margarin yang dikocok lalu telur dimasukkan satu per satu sambil terus dikocok).

Nah itu dia penjelasan antara bolu dan cake ya moms dan sis. Jadi mau coba bikin apa nih? Pakai tepung premiks dari Pondan saja ya moms dan sis untuk memudahkan moms dan sis dalam membuat kue. Tepung premiks untuk sponge cake, bolu dan lainnya pun ada. Tunggu apalagi moms dan sis, yuk bikin kue yang lezat untuk keluarga di rumah.

One thought on “Apa Bedanya Cake Dan Bolu?

  1. Cucu Cahyana says:

    Menurut pendapat saya ada pernyataan di atas yang kurang tepat : “bolu diartikan sebagai cake yang kasar dan padat. Dibuat dari kuning telur yang lebih banyak ketimbang putih telurnya dan pemakaian tepung sedikit”. Setahu saya secara prinsip padatnya tekstur bolu karena penggunaan tepung yang banyak. Adonannya dikenal dengan istilah pound cake karena takaran gula, telur, tepung dan lemak (margarin/mentega) digunakan dengan ukuran yang sama yaitu 1 pound. Di Indonesia diadaptasi dengan takaran masing-masing 1 gelas belimbing sebagai konversi penggunaan “cup” di Barat. Ada beberapa metode yang dilakukan: 1. Separated Egg Method : Kuning telur dan putih telur dipisahkan. Putih telur dikocok sendiri hingga kaku. 2. Blending Method: Mengocok Tepung dan Mentega terlebih dahulu kemudian memasukkan bahan lainnya. dan yang populer atau banyak digunakan di Indonesia adalah 3. Creaming Method yaitu mengocok mentega/margarin dengan gula hingga berbentuk cream, kemudian masukkan telur secara bertahap dan terakhir tepung terigu.
    Sedangkan untuk Sponge cake ringan, karena penggunaan tepung yang lebih sedikit serta teknik yang digunakan dengan mengocok telur dengan gula, disini terajdi proses aerasi yaitu udara yang terbentuk diikat sehingga adonan mengembang dan kaku. Makanya pada teknik ini beberapa menggunakan cake emulsifier (sp, tbm, ovalet) untuk menjaga kestabilan hasil kocokan telur dan gula. Dan juga digunakannya tepung dalam jumlah sedikit dan margarin yang dicairkan untuk menghindari adonan menjadi turun dan udara yang terbentuk pecah berubah menjadi air sehingga adonan menjadi encer. Mohon Maaf, hanya sekedar berbagi sebatas yang saya ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *