3 Manfaat Beras Ketan Hitam Bagi Kesehatan

3 Manfaat Beras Ketan Hitam Bagi Kesehatan

Pondan Lengket, berwarna hitam keunguan. Itulah beras ketan hitam, salah satu jenis beras yang cukup banyak dikonsumsi di Indonesia. Banyak sekali ragam olahan beras ketan hitam yang bisa ditemukan di Indonesia, mulai dari bubur ketan, uli ketan, tapai ketan, sampai kue bolu. Tapi apakah mom & sis tahu, bahwa beras ketan hitam mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan?

Beras ketan hitam oleh para peneliti modern dikategorikan sebagai salah satu superfood – bahan makanan yang mengandung kekayaan nutrisi yang padat sehingga dapat bermanfaat bagi tubuh. Bahkan beras ketan hitam juga dipercaya sebagai salah satu makanan yang bersifat anti kanker berkat kandungan nutrisinya yang begitu kompleks. Penasaran? Berikut ini penjelasannya untukmu.

Kaya Antioksidan

Beras ketan hitam memiliki warna ungu gelap nyaris kehitaman. Ini menunjukan bahwa beras kaya akan antioksidan berkat kandungan anthocyanin di dalamnya. Kandungan antioksidan dalam beras diklaim lebih tinggi dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Penelitian menyebutkan bahwa anthocyanin sebagai antioksidan yang terkandung pada beras ketan hitam diyakini memiliki kemampuan seperti: memelihara kesehatan jantung, mencegah kanker yang disebabkan oleh radikal bebas, meningkatkan fungsi otak, membantu meredakan peradangan, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, beras ketan hitam juga mengandung antioksidan penting lainnya seperti vitamin e, yang juga dapat membantu menjaga kesehatan mata, kulit, dan imun tubuh.

Membantu Pencernaan

Beras ketan hitam kaya akan serat pangan. Bahkan kandungan serat pangannya pun lebih tinggi dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Kandungan serat inilah yang berfungsi membantu memelihara saluran cerna karena dapat membantu mencegah konstipasi, perut kembung, bahkan menyerap racun di saluran pembuangan. Tak hanya membantu proses metabolisme dalam tubuh, serat pangan pada beras ketan hitam juga dapat membantumu kenyang lebih lama. Cocok nih untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan!

Bebas Gluten

Seperti jenis beras lainnya, meski lengket, beras ketan hitam tidak mengandung gluten. Berbeda seperti tepung terigu yang lengket karena kandungan gluten, pada beras ketan hitam sifat lengket tersebut berasal dari pati yang secara alami terdapat dalam semua jenis beras. Bagi orang yang memiliki alergi terhadap gluten, mengkonsumsi beras ketan hitam dapat menjadi salah satu opsi alternatif bagi asupan karbohidrat mereka.

Tak disangka ya, di balik rasanya yang nikmat ternyata terdapat sekali banyak manfaat yang dikandung oleh beras ketan hitam. Spesial buat mom & sis, kebaikan yang dikandung beras ketan hitam juga bisa kamu dapatkan lho pada Brownies Kukus Ketan Hitam dan Brownies Kukus Ketan Hitam Lapis Pandan siap pakai dari Pondan. Praktis dan tanpa ribet, cukup tambahkan telur dan santan. Kamu bisa dapatkan produk Pondan kesayanganmu ini di website Pondan atau e-commerce favorit kamu ya. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

BELI SEKARANG

Sumber:

www.dailymail.co.uk

draxe.com

www.thekitchn.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *