Merah Menggugah Selera, Ketahui 5 Fakta Kue Red Velvet Ini

Kamu pasti tahu kue red velvet, kan? Puffy cake yang satu ini sangat terkenal dengan cita rasanya yang unik. Memiliki ciri khas warna merah dengan isian cream cheese yang lembut, kue yang mulai populer di Indonesia pada tahun 2015 ini sukses menjadi cemilan favorit banyak orang. Bisa disajikan dalam bentuk slice maupun cupcake, tak banyak yang tahu kalau di balik kepopulerannya ada beberapa fakta unik di bawah ini.

  1. Makanan Tentara Perang Amerika Serikat

Jika selama ini image makanan tentara begitu lekat dengan makanan yang praktis dan apa adanya. Ternyata pada pertengahan tahun 1940-an, tentara Amerika justru menikmati kue red velvet yang lezat sebagai hidangan hariannya. Ini disebabkan pada saat itu Amerika yang sedang dilanda krisis keuangan membuat para koki tentara kesulitan mendapatkan pewarna makanan untuk kue tentara yang sedang bertugas. Sampai pada akhirnya mereka menemukan buah bit untuk dijadikan sari pewarna merah pada kue yang kita kenal sekarang.

kue red velvet pondan
Via Freepik.com
  1. Berasal Dari Menu Restoran

Ada banyak versi yang menceritakan asal muasal pertama kehadiran kue red velvet. Salah satunya datang dari kisah sebuah restoran terkenal bernama Waldorf-Astoria. Restoran tersebut dikenal memiliki sajian kue berwarna merah mencolok nan lezat. Suatu hari seorang perempuan bangsawan yang menyukai kue tersebut membeli resepnya seharga 350 dollar dan menyebarkannya hingga ke seluruh dunia seperti saat ini.

  1. Aslinya Diberi Kakao Sebagai Pewarna

Konon kue red velvet yang otentik menggunakan kakao sebagai pewarnanya, lho. Ya, kue ini memang memiliki beragam gradasi warna merah yang dihasilkan. Mulai dari merah terang, merah bata, sampai merah kecoklatan. Kakao sendiri digunakan karena mengandung pigmen merah dari zat antosianin. Zat ini akan bereaksi dengan buttermilk dan cuka pada saat dicampurkan ke dalam adonan sehingga kakao akan terlihat lebih merah karena adanya perubahan pH.

kue red velvet pondan
Via Freepik.com
  1. Hits Karena Film

Pada tahun 1989 terdapat sebuah film yang berjudul “a Steel Magnoliasa”. Di dalamnya ada adegan tentang seorang pria yang membawakan kue red velvet untuk pengantin wanitanya. Dari situ kue merah ini mulai dikenal sebagai lambang romantisme penuh cinta yang digemari di seluruh dunia.

  1. Favorit Banyak Selebriti Hollywood

Ternyata bukan hanya orang biasa yang mengidolakan kue yang satu ini. Beberapa selebritas Hollywood seperti Emma Stone dan Jessica Simpson pun menasbihkan kue ini sebagai makanan favoritnya. Kue yang satu ini memang bercita rasa unik dan bikin ketagihan.

Kue red velvet akan terasa lebih sedap jika disajikan sambil minum teh hangat di sore hari. Agar lebih nikmat, kenapa tak membuatnya sendiri? Caranya? Cukup dengan Pondan Lapis Surabaya & Bolu Gulung sudah mengandung terigu, gula, susu skim bubuk, dan bahan-bahan lainnya akan membuat proses pembuatan menjadi lebih sederhana dan praktis. Segera cek resepnya di bawah ini dan coba sendiri di rumah.

Kreasi Red Velvet Gulung Pondan

Sumber: apasih.web.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *