Bikin Kue Terlihat Cantik, Gunakan 5 Jenis Pewarna Makanan Alami Ini

Menyajikan kue yang rasanya enak adalah kepuasan tersendiri bagi yang hobi memasak. Apalagi jika tampilan kue terlihat cantik. Selain indah dilihat, kue pun menjadi semakin menggugah selera penikmatnya. Untuk membuat kue terlihat cantik, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Yang paling umum tentu adalah dengan menggunakan pewarna makanan. Untuk yang satu ini kita perlu jeli dalam memilih agar pewarna yang dipilih aman dikonsumsi. Triknya sederhana, pilih lah pewarna makanan alami. Mau tahu apa saja? 

  1. Hijau

Untuk menghasilkan warna hijau pada kue, ada banyak bahan alami yang dapat kita pakai sebagai pewarna. Mulai dari daun suji, pandan, sampai bayam. Selain bisa memberi warna hijau yang cantik, bahan-bahan tersebut juga mengandung klorofil yang sangat baik untuk kesehatan. Cara membuatnya pun mudah. Haluskan beberapa daun-daunan tersebut bersama air, remas, lalu saring.

pondan pewarna kue alami
Via freepik.com
  1. Kuning

Warna kuning yang cerah tentu akan membuat tampilan kue terlihat semakin menarik. Untuk memperolehnya, kita bisa memanfaatkan beberapa bahan dapur seperti kunyit, labu kuning, atau mangga. Caranya hampir sama yakni dengan dihaluskan bersama sedikit air lalu diperas saja.

pondan pewarna kue alami
Via freepik.com
  1. Merah

Jenis kue yang menggunakan warna merah diantaranya adalah kue lapis, red velvet, dan kue talam. Ketimbang menggunakan pewarna makanan yang mengandung bahan kimia, kita dapat menggantinya dengan memakai buah bit, stroberi, hingga buah naga. 

pondan pewarna kue alami
Via freepik.com
  1. Biru

Salah satu jenis kue yang memerlukan pewarna makanan berwarna biru adalah rainbow cake. Nah untuk menghasilkannya secara alami, kita bisa mencari beberapa tanaman seperti daun telang, atau kubis. Caranya rebus bunga telang sampai air rebusan berwarna biru, sementara untuk kubis, tambahkan sedikit baking soda agar air rebusan yang berwarna ungu dapat berubah menjadi biru.

pondan pewarna kue alami
Via freepik.com
  1. Coklat

Warna coklat adalah warna yang paling mudah ditemui pada berbagai jenis kue. Ini bukan tanpa alasan, mengingat selain warnanya, rasa dari coklat itu sendiri sering menjadi komponen utama dalam sebuah resep pembuatan kue. Tahu tidak, pewarna makanan alami untuk warna coklat bisa diperoleh dari gula kelapa, lho. Ya, rebus gula kelapa dengan air sampai menghasilkan air berwarna coklat yang manis dan harum, maka ia telah siap dijadikan pewarna makanan alami untuk masakan kita.

pondan pewarna kue alami
Via freepik.com

Jika kamu merasa kesulitan memperoleh bahan pewarna makanan alami di atas, jangan khawatir. Karena kini ada tepung Premix dari Pondan yang sudah mengandung berbagai bahan pembuatan kue dalam satu kemasan, termasuk pewarna makanan alami didalamnya. Contohnya Pondan Brownies Pouch. Selain terdiri dari terigu, dan gula, Pondan Brownies Pouch juga sudah mengandung bubuk coklat berkualitas yang dapat memberikan warna serta aroma coklat yang kuat pada brownies. Nah tunggu apa lagi? Yuk, segera beli tepung premix dari Pondan di toko terdekat.

BELI PONDAN BROWNIES POUCH SEKARANG

Sumber: tempo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *