5 Kesalahan Bikin Adonan Donat Tidak Kalis

pondan.com – Moms pecinta donat pernahkah gagal ketika menguleni adonan dan malah menjadi bantat? Memang, menguleni adonan donat ini gampang-gampang susah, Moms. Adonan yang kalis itu cirinya memiliki tekstur halus dan tidak mudah putus. Lantas, kenapa adonan donat tidak kalis? Nah, perhatikan dan hindari beberapa kesalahan ini ya Moms agar adonan donat yang dibuat bisa senantiasa kalis.

donat tidak kalis

  • Terlalu Lama Menguleni

Penyebab adonan tidak kalis yang pertama adalah terlalu lama menguleni. Moms, adonan yang diuleni terlalu lama justru akan membuatnya makin lengket, karena ragi yang seharusnya menjadi pengembang tidak berfungsi akibat sering ditekan oleh tangan. Tapi, jangan khawatir, Moms masih bisa menggunakan adonan tersebut, kok. Caranya agar tidak lengket adalah menambahkan tepung terigu.

  • Takaran Tidak Pas

Kekurangan tepung terigu juga bisa menjadikan donat gagal, Moms. Akibatnya, adonan menjadi lengket ketika digoreng. Akan tetapi, tepung terigu yang terlalu banyak juga akan membuat donat keras.

Oleh karena itu, ketika membuat adonan, masukkan tepung terigu secara bertahap. Ciri adonan sudah pas takarannya adalah menjadi kalis saat diuleni alias tidak mudah putus atau terlihat serat-seratnya. Kalau adonan yang Moms buat tekturnya belum seperti itu, berarti ada yang kurang pas.

  • Menuangkan Air Sekaligus

Moms, untuk mendapatkan adonan yang kalis itu, ketika menuangkan air harus sedikit demi sedikit ya. Jangan sekaligus, karena bisa membuat adonan donat tidak kalis dan lembek.

  • Asal Menguleni

Asal-asalan menguleni juga bisa menjadi penyebab adonan donat tidak kalis. Nah, kunci dari menguleni adonan donat adalah dengan trik mencuci baju dan ditonjok-tonjok, kenapa? Adonan yang diuleni dengan cara ditarik-tarik seperti sedang mencuci baju, kemudian ‘ditonjok’ akan lebih mudah kalis.

  • Tidak Difermentasi

Agar ragi dalam adonan berfungsi, Moms harus mendiamkan adonan yang sudah kalis di dalam wadah, kemudian ditutupi dengan plastik atau kain. Tujuan adonan didiamkan ini agar mengembang, sehingga nanti ketika digoreng tidak bantat.

Ciri Adonan Sudah Kalis

Moms, adonan yang kalis itu biasanya bertekstur halus dan tidak mudah putus. Ketika ditarik, adonan lebih kencang, bukan keras. Moms bisa mengetes dengan membentuk adonan menjadi bulat seperti bola. Kemudian tusuk dengan jari. Jika adonan kembali lagi seperti semula, itu artinya adonan sudah kalis.

Bukan hanya itu saja, adonan yang kalis juga tidak mudah lengket, sehingga tidak menempel di tangan.

Tips Agar Adonan Kalis

Pertama, Moms harus tahu takarannya terlebih dahulu, sehingga tepung yang digunakan tidak kurang atau kebanyakan. Kedua, tuangkan air sedikit demi sedikit ya, Moms, agar tidak lembek. Berikutnya, ketika menguleni, terapkan gaya mencuci pakaian dan ditonjok-tonjok. Teknik ini bisa mempercepat adonan menjadi lembut dan kalis. Terakhir, jangan lupa simpan dulu adonan yang sudah kalis dan tutup dengan plastik atau kain agar mengembang.

Bagaimana Moms, tertarik membuat donat sendiri di rumah? Jangan khawatir, Moms bisa menikmati donat hasil racikan sendiri dan lezat dengan menggunakan tepung Indo Donat dari Pondan. Dijamin deh, donat yang Moms buat anti gagal. Yuk, segera cek di sini atau marketplace kesayanganmu, ya. Selamat mencoba!

Beli Sekarang

 

Sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *