5 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake

5 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake  | pondan.com Pancake yang manis dan lembut cocok dijadikan sebagai sarapan, terutama di akhir pekan dimana kamu punya banyak waktu luang. Bahan-bahannya gampang didapatkan dan proses memasaknya pun sangat sederhana. Tapi mengapa sulit sekali membuat pancake yang matang sempurna dan coklat keemasan?

Jangan-jangan kamu melakukan salah satu kesalahan umum di bawah ini.

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake, Kesalahan yang pertama adalah

  • Overmixing adonan

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake

Saat mencampurkan bahan basah dan kering, seringkali muncul gumpalan tepung yang tak tercampur rata dan kamu berusaha mengaduknya sesering mungkin. Jika tidak kunjung tercampur juga, sebaiknya kamu berhenti mengaduk dan membiarkan gumpalan itu. Karena jika terus diaduk, gluten yang terkandung didalamnya akan terus berkembang dan akan membuat pancake jadi keras dan alot. Kita menginginkan pancake yang lunak dan lembut, bukan?

 

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake yang kedua yaitu

  • Tidak mengistirahatkan adonan

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake

Saking laparnya, kamu tak sabar untuk membuat pancake sehingga tidak membiarkan adonan untuk ‘beristirahat’ terlebih dahulu. Waktu yang dibutuhkan adonan adalah 5 sampai 30 menit. Cukup lama tapi penting agar gluten yang aktif untuk ‘istirahat’ dan molekul pati dalam tepung menyerap cairan dalam adonan, akhirnya memberikan konsistensi yang pas. Pancake pun akan lebih lembut dan halus.

 

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake yang ketiga adalah

  • Pan/teflon kurang panas

Jika pan/teflon belum cukup panas, adonan tidak langsung dimasak dan membentuk gelembung. Adonan malah akan mulai menyerap mentega atau minyak yang digunakan dan membuat pancake jadi berminyak. Maka dari itu, cek panas pan/teflon terlebih dahulu dan bisa juga memastikannya dengan mencoba memasak sedikit adonan.

Dan Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake yang berikutnya, yaitu

  • Api terlalu besar

Api yang terlalu besar memang akan membuat adonan matang lebih cepat, tapi sayangnya tidak merata dan gosong! Pan/teflon harus panas, tapi tidak harus menggunakan api yang besar. Pilihlah api yang medium agar pancake matang sempurna dan coklat keemasan.

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake yang terakhir adalah

  • Terlalu cepat membalikan

Begitu gelembung-gelembung kecil mulai muncul di permukaan pancake, kamu mungkin tergoda untuk segera membalikkannya. Tunggu sampai gelembung pecah sebelum membaliknya. Pancake juga hanya butuh dibalikkan satu kali saja. Kalau terlalu sering, pancake akan kehilangan tekstur halus dan mengempis.

Membuat pancake sebenarnya tidak sulit jika kamu sudah tahu teknik yang benar. Lebih gampang lagi kalau pakai premiks pancake dari Pondan. Pondan Pancake hadir dalam tiga rasa, original, coklat, dan keju, dan sudah disertai sirup maple. Cukup tambahkan 100 ml air dan sebutir telur, kamu pun mendapatkan 6 buah pancake lezat! Dapatkan Pondan Pancake di supermarket terdekat dan e-commerce kesayanganmu sekarang juga. atau beli disini

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake

Sumber:

https://www.thekitchn.com/5-mistakes-to-avoid-when-making-pancakes-cooking-mistakes-to-avoid-218765

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *