7 Kesalahan Dalam Membuat Nastar

Kesalahan Dalam Membuat Nastar – Pondan.com – Penyuka kue nastar pasti pernah berpikir untuk membuat kue kesukaannya sendiri. Selain dapat menikmati kue berisi selai nanas kapan pun, tanpa harus menunggu hari lebaran, ada kepuasan sendiri. Walaupun resep sampai video tutorial cara membuat kue nastar dapat ditemukan di internet atau buku-buku resep, masih ada yang merasa kesulitan membuat kue nastar. Berikut ini adalah beberapa kegagalan yang kerap terjadi saat membuat kue nastar.

Kesalahan Dalam Membuat Nastar

Mixer Terlalu Lama

Kesalahan Dalam Membuat Nastar

Kesalahan dalam membuat nastar yang pertama yaitu Adonan yang terlalu lama dimixer akan mengakibatkan kue nastarnya nanti menjadi keras. Pada dasarnya sendiri, adonan kue nastar tidak harus dikocok dengan mixer. Spatula kayu atau ballon whisk sudah cukup efektif mencampur bahan-bahan nastar.

Menggunakan Selai Botol

Kesalahan Dalam Membuat Nastar

Selai nanas botol yang bisa dijumpai di supermarket memiliki rasa yang terlalu manis dan konsistensinya cenderung encer dan ini merupakan kesalahan dalam membuat nastar yang kedua. Sementara kue nastar membutuhkan selai nanas yang manis sekaligus asam dengan konsistensi padat. Jadi lebih baik membuat selai nanas sendiri agar bisa rasa dan konsistensi yang tepat. Jika sudah terlanjur membeli selai botol, kamu bisa mengolahnya terlebih dahulu dengan cara memasak selai tersebut sampai cairannya habis.

Selai Nastar Masih Terlihat

Porsi selai nanas harus lebih sedikit juga merupakan kesalahan dalam membuat kue nastar loh.. porsi selai dibandingkan dengan adonan nastarnya. Jika terlalu banyak, adonan tentu tidak akan bisa menutup selai seutuhnya. Agar lebih mudah, bentuk selai nanas menjadi bola-bola kecil terlebih dahulu. Tak hanya membuat porsi selai setiap kue sama, tapi juga mempercepat proses pengisian adonan.

Ukuran nastar berbeda-beda

Adonan nastar yang ukurannya lebih besar dari adonan yang lain ini merupakan kesalahan dalam membuat kue nastar yang harus di perhatikan, kue nastar yang lebih besar tidak akan matang sempurna, sementara adonan yang kecil bisa matang lebih dahulu bahkan gosong. Untuk mengatasi masalah ini, gilas adonan nastar sehingga mendapatkan ketebalan yang sama, lalu cetak dengan cetakan kue atau gelas kecil.

Nastar Hangus

Suhu yang terlalu tinggi akan membuat adonan matang terlalu cepat bahkan hangus. Ini merupakan kesalahan dalam membuat kue nastar yang fatal loh.. Solusinya, panaskan oven terlebih dahulu dengan temperatur 160 hingga 175 derajat celcius. Tidak hanya itu, sebaiknya loyang ditaruh pada rak tengah agar mendapat panas dari segala sisi.

Nastar Pecah atau Retak
Selai nanas yang terlalu basah bisa membuat adonan kulit nastar ikut jadi basah dan menjadi retak ketika dipanggang. Jadi, sebaiknya selai nanas yang dipakai benar-benar kering agar mudah dibentuk dan tidak membuat adonan kulit nastar menjadi basah.

Permukaan Nastar Kurang Berkilau
Nastar harus dipoles beberapa kali untuk mendapatkan permukaan yang berkilau. Nastar tidak hanya dipoles sebelum dipanggang, tapi juga saat sudah 3/4 matang. Untuk permukaan yang lebih cantik, tambahkan 2 sdm madu ke dalam adonan olesan.  

Nah, itulah beberapa kesalahan yang kerap terjadi dalam membuat kue nastar. Setelah membaca info ini, semoga kita bisa sukses membuat nastar yang renyah dan legit. Agar lebih mudah, gunakan Tepung Kue Nastar Siap Pakai dari Pondan. Hanya membutuhkan tiga bahan tambahan yang dapat ditemukan di dapur dan resep yang diberikan yang sangat mudah diikuti. Rasanya pun dijamin enak. Yuk, bikin kue nastar pakai Pondan!

 

Cek disini

Sumber:

https://resepkoki.id/2017/06/14/13056/

https://www.blueband.co.id/tips/hindari-kegagalan-ini-saat-membuat-kue-nastar

http://www.id-elra.com/2017/06/lima-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-membuat-kue-nastar.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *