7 Alat Pengganti untuk Membuat Kue

Kata siapa bikin kue itu ribet? Sebenarnya, ada banyak kok cara yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah prosesnya. Yang penting, kamu tidak mudah putus asa dan kehilangan akal saat mengerjakannya. Sebagai contoh nih, jika kamu tidak menemukan alat masak yang diperlukan, kamu bisa kok menggunakan beberapa alternatif lain dengan fungsi yang serupa. Ingin tahu? Berikut beberapa contoh alat pengganti untuk membuat kue yang bisa kamu temukan dengan mudah.

1. Botol untuk Menggiling Adonan

Via Getty Images

Saat membuat adonan roti atau donat, ada kalanya kamu harus menggiling adonan tersebut dengan gilingan kue. Nah, jika di rumah tidak ada kayu penggiling adonan, kamu bisa menggantinya dengan botol kaca, seperti botol kecap atau botol sirup. Berat dan tekstur botol kaca ini umumnya hampir sama dengan penggiling kue, dengan tekstur yang sama-sama halus. Jadi, untuk kamu yang mau mencoba baking rumahan, alat ini bisa kok dijadikan sebagai alternatif.

2. Gelas untuk Memotong Adonan

Via Unsplash

Memotong adonan kukis juga bisa dilakukan dengan alat seadanya, lho. Sebagai contoh, jika kamu tidak punya cetakan pemotong kukis di rumah, kamu bisa membentuk dan memotong adonan sendiri dengan menggunakan gelas kaca biasa yang ada di rumah. Caranya, cukup balikkan gelas tersebut, beri sedikit tepung di tepi gelas, lalu tempelkan ke permukaan adonan. Tenang saja, ukuran gelas biasanya mirip kok dengan ukuran cetakan yang berbentuk bulat.

3. Benang Gigi untuk Membelah Cake

Via Pinterest

Umumnya, kamu mungkin menggunakan pisau bergerigi untuk membelah cake. Namun, jika tidak ada, kamu bisa menggunakan benang gigi (dental floss) dan tusuk gigi. Gimana caranya? Pertama, beri tanda dulu dengan tusuk gigi bagian tengah kue yang akan dibelah. Kalau sudah, lingkari bagian kue tadi dengan benang gigi. Kemudian, silangkan bagian kiri dan kanan benang dan gesekkan secara perlahan. Tadaaa! Kue pun akan terpotong seiring dengan gerakan tanganmu.

4. Sendok Saringan untuk Memisahkan Telur

Via Shareably

Memisahkan kuning dan putih telur secara manual tentunya akan menghabiskan banyak waktu. Lalu, apa solusinya jika kita tidak punya alat khusus? Kamu bisa memanfaatkan sendok penyaring berlubang yang ada di rumah. Caranya, letakkan sendok penyaring di atas mangkuk. Lalu, pecahkan telur di atas sendok tersebut. Perlahan, putih telur akan terpisah dan masuk ke dalam mangkuk, sedangkan kuning telur akan tertahan pada saringan. Praktis, kan?

5. Penjepit untuk Memeras Jeruk

Via Shareably

Beberapa resep kue juga mengharuskan kamu untuk menggunakan perasan jeruk sebagai bahan pelengkapnya. Nah, daripada susah-susah memeras jeruk dengan menggunakan tangan, kamu bisa menggunakan alat penjepit yang ada di dapur. Soalnya, dengan menggunakan bantuan penjepit untuk memeras, ada tekanan ekstra yang membuat perasan jeruk lebih banyak keluar. Namun, tetap hati-hati ya saat memerasnya, jangan sampai biji dan bulirnya ikut keluar.

6. Whisk untuk Mengocok Whip Cream

Via Freepik

Tidak semua orang punya mixer di rumahnya. Jadi, sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan whisk untuk mengocok adonan, khususnya adonan whip cream. Nah, untuk mencapai hasil yang maksimal, pengocokan dengan whisk ini harus dilakukan dengan cepat dan menggunakan teknik khusus, ya. Teknik mengocoknya adalah dengan menggerakkan whisk dari sisi ke sisi, bukan dengan gerakan memutar. Dengan cara ini, adonan dinilai akan lebih cepat mengembang.

7. Wajan untuk Memanggang

Via YouTube

Oven memang merupakan salah satu alat yang paling penting dalam kegiatan baking. Namun, jika kamu tidak punya oven di rumah, kamu bisa kok menggunakan wajan anti lengket sebagai penggantinya, meskipun hasil panggangannya tidak akan sebagus oven. Nah, agar tidak cepat gosong, pastikan kamu menggunakan api kecil atau sedang ya saat memanggang. Kalau perlu, alasi juga teflon dengan seng atau plat besi. Terakhir, jangan lupa tutup wajan dengan penutup panci.

Cukup mudah kan menemukan beberapa alat pengganti untuk membuat kue di atas? Dengan beberapa alternatif ini, baking kini bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Apalagi, jika kamu menggunakan Pondan. Berbagai jenis cake dan dessert bisa kamu buat dengan mudah. Ikuti saja resep lengkap di Instagram @kreasipondanid dan Youtube Emang Gampang. Yuk, buat sekarang!

BELI SEKARANG

SUMBER:

Gala in the Kitchen

One Good Thing

Shareably

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *