Aneka Kue Kukus Andalan 5 Negara

Aneka Kue Kukus Andalan 5 Negara Di Dunia

Pondan – Di beberapa negara terutama di Asia, kue kukus menjadi primadona yang tak kalah lezat dengan kue panggang. Tak hanya memiliki kekhasan daerahnya masing-masing, aneka kue kukus ini bahkan ada yang sampai menjadi makanan nasional negaranya lho. Lalu seperti apa ya penampakan aneka kue kukus dunia? 

Ma Lai Go, Hong Kong

aneka kue kukus
Ma Lai Gao – [ via dreamstime.com ]
Dinobatkan sebagai makanan nasional Hong Kong, kue empuk nan lembut ini hidangan manis yang biasa disajikan di restoran dim sum. Ma Lai Gao biasanya terbuat dari campuran tepung, telur, gula, susu dan levain. Ma Lai Gao paling sedap disajikan selagi masih panas dengan uap mengepul. Uniknya, kue yang populer di negara bagian selatan Cina ini awalnya berasal dari kebiasaan makan bangsa Inggris di Malaysia pada era kolonialisme dulu lho.

Mushi Pan, Jepang

Mushi Pan dengan aneka rasa – [ via justonecookbook.com ]
Kue kukus khas Jepang ini sekilas mirip cupcake atau muffin. Tapi jangan salah, kue kukus yang satu ini justru memiliki tekstur yang empuk dan berongga mirip sponge cake. Ada banyak variasi rasa yang bisa dinikmati saat menyantap Mushi Pan, mulai dari vanila, coklat, matcha, ubi jalar, bahkan yang asin seperti keju. Meski baru populer pada tahun 90-an, sejarah mengatakan bahwa kehadiran Mushi pan di Jepang konon berawal dari meningkatnya kebiasaan orang Jepang menyantap makanan berbahan tepung terigu pasca perang dunia ke-2, akibat impor besar-besaran tepung terigu dari Amerika ke Jepang yang terjadi pada masa itu.

Pat Sirutteok, Korea

aneka kue kukus
Kue Beras Kukus Khas Korea – [ via korea.net ]
Pat Sirutteok adalah kue berbahan beras ketan yang dikukus bersama dengan gula dan kacang azuki rebus yang telah ditumbuk kasar. Teksturnya kenyal, legit, dengan rasa kacang yang dominan. Di Korea, kue ini biasa dijadikan hidangan pada saat perayaan dan hantaran yang bersifat spesial. Kue khas korea ini bahkan memiliki nilai filosofisnya tersendiri lho. Warna merah dari kacang azuki melambangkan energi yang, yang mana dipercaya dapat mengusir aura jahat dan penyakit serta membawa keberuntungan bagi yang menyantapnya.

Plum Pudding, Inggris

Plum Pudding – [ via freepik.com ]
Tak hanya dari negara-negara di Asia, Eropa juga rupanya memiliki aneka kue kukus lho. Seperti kue bernama Plum Pudding dari Inggris ini contohnya. Kue yang juga sering disajikan sebagai hidangan Natal ini dibuat dengan bahan utama buah-buahan kering dengan bahan pembuat kue lainnya seperti tepung, mentega, susu, dan telur dengan sedikit rempah dan brandy. Adonan kue biasanya dikukus dalam waktu yang cukup lama sekitar 6 jam bahkan lebih. Menariknya, hidangan manis ini merupakan salah satu kue klasik khas Inggris yang telah ada sejak berabad-abad silam.

Bolu Kukus, Indonesia

aneka kue kukus
Bolu Kukus Mawar dengan motif semangka – [ via freepik.com ]
Berakar dari kebudayaan peranakan Tionghoa di Indonesia, kue bolu kukus di Indonesia telah lama menjadi kue yang banyak digemari oleh semua orang. Kue yang termasuk ke dalam salah satu jenis jajanan pasar juga ada banyak variasinya. Namun yang paling dikenal adalah bolu kukus mawar. Tak hanya memiliki rasa yang beragam, kue cantik yang merekah ini juga tak jarang dibuat dengan penampilan warna-warni yang menggoda mata.

Nah bagaimana mom & sis, dengan ulasan aneka kue kukus dari kelima negara tadi? Semua terlihat unik dan sedap ya. Untuk kamu yang juga ingin mencicipi kelezatan kue kukus ala kamu sendiri di rumah, cobain juga yuk produk-produk premiks kue kukus dari Pondan! Selain cara pembuatannya mudah dan praktis, dengan Pondan kamu juga bisa membuat beragam pilihan kue kukus yang pastinya dijamin enak dan anti gagal! Dapatkan produk-produk Pondan pilihanmu di website Pondan atau dengan berbelanja di e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

Dapatkan Sekarang

 

Sumber:

michelin.com

justonecookbook.com

korea.net

christinascucina.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *