Kenali Apa itu Brown Sugar, Gula Yang Lagi Hits

featured image

Brown sugar kini tengah menjadi primadona dalam dunia kuliner setelah melejitnya minuman brown sugar boba. Sebelum nge-hits, jenis gula yang satu ini juga sebenarnya sudah sering dipakai sebagai alternatif bahan pembuatan kue, lho. Tapi, jangan salah, brown sugar berbeda dengan gula aren dan gula merah yang biasa kita jumpai. Jadi, sebenarnya apa itu brown sugar? Apa pula bedanya dengan gula pasir pada umumnya? Yuk, simak pembahasan selengkapnya.

Apa itu Brown Sugar?

Via Freepik

Pada dasarnya, brown sugar atau gula cokelat adalah gula yang berubah warna menjadi cokelat setelah ditambahkannya molase, yaitu bahan sisa pembuatan gula pasir berupa cairan dari tetes tebu. Umumnya, molase ini dipisahkan dan dihilangkan saat produksi gula. Nah, pencampuran kristal gula putih dengan sejumlah molase tersebut akan menghasilkan gula berwarna cokelat yang lembut dan kental. Dalam resep, penggunaan bahan gula putih dan brown sugar ini biasanya dapat ditukar, lho.

Proses Pembuatan Brown Sugar

Via Freepik

Istilah brown sugar awalnya merujuk pada gula tebu (raw sugar) yang belum sepenuhnya disuling. Namun, kemudian, banyak produsen memilih untuk menambahkan kembali molase ke gula pasir yang sudah disuling. Alasannya adalah supaya warna dan ukuran kristal dari hasil akhir gula tersebut lebih bisa dikontrol. Umumnya, jumlah molase yang ditambahkan berkisar 5-10 persen, dan jumlah tersebut akan menentukan jenis brown sugar yang diproduksi.

Karena adanya molase ini, brown sugar memiliki kandungan unsur-unsur mineral, seperti kalsium, potassium, zat besi, dan magnesium. Kandungan ini tidak akan kamu temukan pada gula pasir. Meskipun begitu, karena jumlah kandungannya sangat kecil, tidak ada perbedaan manfaat kesehatan yang signifikan antara brown sugar dan gula putih pada umumnya. Perbedaan antara dua jenis gula ini hanya terletak pada rasa dan efeknya ketika digunakan untuk memanggang.

Kenapa Pilih Brown Sugar?

Via Freepik

Sudah tahu kan apa itu brown sugar dan bagaimana proses pembuatannya. Nah, brown sugar ini banyak dipilih karena teksturnya yang lebih halus dibandingkan gula putih. Selain itu, aroma yang dihasilkan juga lebih wangi karena memiliki aroma khas. Brown sugar juga dapat diolah menjadi karamel. Uniknya, karamel yang dibuat dari brown sugar justru lebih mengkilap dan berwarna terang. Dengan rasanya yang jauh lebih legit ini, brown sugar sering dijadikan bahan membuat kue karena dianggap dapat memberikan kelembapan pada kue, sehingga kue terasa lebih lezat.

Itulah hal-hal yang bisa kamu ketahui mengenai apa itu brown sugar. Tertarik untuk segera berkreasi di dapur dengan jenis gula ini? Nah, dengan Pondan, kamu bisa mengkreasikan aneka ragam kue favoritmu dengan bahan brown sugar, mulai dari brownies, bolu kukus, cupcake, sponge cake, hingga jenis kue lainnya. Bahan-bahan kue tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui website resmi Pondan dengan cara klik tautan di bawah ini, ya.

 

BELI SEKARANG

Sumber:

Kompas.com

NDTV Food

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *