Black Forest Cake! Ini dia Asal Usulnya

black forest

Black Forest | Pondan.com – Kalian sudah tidak asing dengan kue bernama Black Forest, bukan? Kue asal Jerman ini terdiri dari empat lapisan kue bolu coklat yang diisi dengan ceri dan krim yang kemudian ditutup dan dihias dengan lebih banyak krim, buah ceri dan serutan coklat. Apakah kalian pernah berpikir, bagaimana kue seenak ini mendapatkan nama yang terkesan misterius dan gelap?

Black Forest

Sejarah

Black Forest

Para sejarawan percaya kue Black Forest pada mulanya berasal dari akhir abad ke-16 di kawasan Der Schwarzwald (Black Forest) yang terletak di negara bagian Baden-Wttemberg. Tapi nama makanan penutup ini bukan mengambil dari nama tempatnya, tetapi dari minuman khas daerah tersebut, yang dikenal sebagai Schwarzwälder Kirsch (wasser) dan disuling dari buah ceri Morello yang asam. Pada era itu, cokelat diintegrasikan ke dalam kue untuk pertama kalinya. Kecintaan orang Jerman pada minuman dan coklat tersebut menghasilkan sebuah kue yang indah.

Mirip Pakaian Tradisional

Black Forest

Kue ini dinilai mirip dengan kostum tradisional yang dikenakan oleh wanita di kawasan Black Forest. Gaun itu berwarna hitam seperti kue cokelat, blusnya berwarna putih seperti krim, topinya, Bollenhut, memiliki pom-pom merah yang terlihat seperti ceri, dan kerudung renda hitam yang berfungsi melindungi mata terlihat seperti serpihan cokelat. Tidak ada yang yakin bahwa bahan-bahan dipilih untuk menyerupai pakaian tersebut, tetapi ini adalah kebetulan yang bagus. Topi itu bahkan dipercaya memiliki berat yang mirip dengan kue Black Forest.

Inventor

Josef Keller (1887-1981) adalah penemu kue ceri Black Forest. Keller adalah koki pastry di Caf “Ahrend” (hari ini disebut Agner) di Bad Godesberg. Pada tahun 1915 ia menciptakan kue yang ia sebut “Schwarzwaelder Kirsch”, atau “Black Forest Cherry” untuk pertama kalinya.

Lepas dari militer, Keller mendirikan kafenya sendiri, Radolfzell. August Schaefer dipercaya untuk mengurusi perjualan Radolfzell dari tahun 1924 hingga 1927. Setelah bertahun-tahun berkolaborasi, Keller memberi Schaefer buku resepnya yang berisi resep asli kue Black Forest. Buku resep tersebut diwariskan ke putranya, Claus,  yang terus membawa dan melanjutkan resep original buatan Keller.

Sementara itu, seorang juru arsip kota Tübingen, Jerman, menemukan sebuah foto yang menunjukkan Erwin Hildenbrand, seorang koki pastry dari Cafe Walz di Tübingen membuat kue Black Forest pada musim semi tahun 1930. Sebelumnya, dia bekerja di beberapa tempat di kawasan Black Forest.

Rekor Dunia
Rekor untuk kue Black Forest otentik terbesar di dunia dibuat oleh K&U Bakery di Europa Park, Jerman pada 16 Juli 2006. Kuenya berukuran hampir 80 m² dan mempunyai berat 3.000 kg. Kue berdiameter 10 m itu menggunakan 700 liter krim, 5.600 telur, 800 kg ceri, 40 kg serutan cokelat, dan 120 liter kirsch.

Tak mau kalah, pada 9 Desember 2012, tim yang dipimpin oleh koki Jörg Mink dan Julien Bompard membuat kue Black Forest terbesar di Asia. Mengambil tempat di S-One Expo, Singapura, tim tersebut berhasil membuat kue dengan berat 500 kg itu dibuat dari 165 liter krim, 1.500 telur, 68 kg ceri, 60 kg serutan cokelat, dan 10 liter kirsch.

Nah, begitu lah sejarah kue Black Forest dari Jerman. Zaman dulu kue ini hanya tersedia untuk orang-orang kalangan atas di kota-kota besar di Jerman, Austria, dan Swiss. Tapi zaman sudah berubah. Kue coklat penuh krim ini bisa dinikmati siapa saja di mana pun. Kalian yang baru belajar buat kue pun bisa membuatnya. Gunakan Pondan cake mix Blackforest yang hadir dalam dua pilihan, panggang atau kukus. Jangan lupa coba cake mix Pondan lainnya, seperti Kastangle, Pancake, dan Brownies. Cara membuatnya mudah dan rasanya pasti enak!

black forest

 

 

 Sumber:

http://kitchenproject.com/history/BlackForestCake/

https://whatscookingamerica.net/History/Cakes/BlackForestCake.htm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *