5 Bahan Membuat Kue yang Tak Boleh Terlewat

Ada bermacam-macam bahan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan penggugah selera. Begitu pun dalam hal membuat kue. Ada banyak bahan membuat kue yang umum dipakai, mulai dari terigu, telur, perisa, sampai buah-buahan kering. Tapi dari semua itu, ada lima bahan membuat kue yang hukumnya wajib dan tak boleh terlewatkan, lho. Apa saja?

  1. Tepung Terigu

Bahan membuat kue yang pertama adalah terigu. Terigu berfungsi untuk mendapatkan kerangka dan tekstur yang baik pada kue. Umumnya yang digunakan adalah terigu berprotein rendah. Ini bertujuan agar lebih mudah menerima gula, air, dan lemak.

bahan pembuat kue pondan
Via Freepik.com
  1. Gula

Selain untuk memberikan rasa manis, gula juga dapat memberi warna pada kulit kue, membantu mengempukkan kue, dan melemaskan adonan. Meski ada banyak jenis gula yang dapat dipakai saat membuat kue, gula halus paling sering digunakan agar susunan kue rata dan empuk.

bahan pembuat kue pondan
Via Freepik.com
  1. Lemak

Berfungsi untuk menjaga kue agar tahan lama, menambah nilai gizi, dan memberi aroma, kita dapat memakai lemak melalui mentega, butter, atau minyak pada saat membuat kue. Semua dapat disesuaikan dengan jenis kue yang ingin dihasilkan.

bahan pembuat kue pondan
Via Freepik.com
  1. Telur

Bahan membuat kue selanjutnya adalah telur. Telur yang dicampur dengan terigu, akan membuat kerangka kue terbentuk lebih baik dan tidak mudah rapuh. Lechitin pada kuning telur mempunyai daya pengemulsi, sedangkan lutein dapat memberi warna pada hasil akhir kue. Secara umum satu resep biasanya memakai 50 gram telur tanpa cangkang. Ini biasanya terdiri dari 2 butir telur.

bahan pembuat kue pondan
Via Freepik.com
  1. Air

Semua bahan yang telah disebutkan di atas, tak akan dapat tercampur rata tanpa dituang air. Jadi tujuan utama dari air saat membuat kue adalah untuk memadatkan adonan. Selain itu air juga bisa membangkitkan kelembaban dan menimbulkan rasa lezat pada kue.

Via Freepik.com

Itulah kelima bahan membuat kue yang wajib tersedia di dapur kita. Sekilas menyiapkan bahan-bahan tersebut mungkin terlihat merepotkan. Tapi kini dengan adanya berbagai jenis tepung premiks Pondan, kita bisa memangkas proses pemilihan dan penimbangan bahan-bahan kue menjadi lebih singkat. Ini dikarenakan Tepung Premiks Pondan merupakan 1 kemasan praktis yang terdiri dari terigu, gula, perisa, dan bahan lain yang berkualitas tinggi dan sudah ditakar dengan presisi. Yuk, segera buat kue favoritmu dengan membeli Tepung Premiks Pondan di toko terdekat.

BELI PONDAN BROWNIES SEKARANG

Sumber: writecooklove.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *