Baking Tanpa Telur? Coba Bahan Ini!

Baking Tanpa Telur? Cobain 6 Bahan Alternatif Ini!

Pondan.com Telur menjadi bahan penting dalam membuat kue. Tak hanya sebagai penambah rasa dan warna, telur juga berfungsi untuk mengikat adonan, memberikan tekstur, dan mempertahankan kelembaban pada kue. Lalu bagaimana jadinya ya kalau kita membuat kue/baking tanpa telur? 

Mungkin kedengarannya mustahil ya. Tapi tahu nggak sih mom & sis, faktanya kamu bisa memanggang kue tanpa menggunakan telur lho! Cukup dengan menggunakan salah satu dari enam bahan alternatif pengganti telur ini maka kamu juga bisa membuat kue yang enak tanpa rasa cemas. Berikut ulasannya dari Pondan buat kamu.

  1. Pisang 

Pisang yang telah matang sempurna dapat menjadi pengganti telur. Cukup gunakan setengah bagian dari buah pisang yang sudah dilumatkan sebagai pengganti sebutir telur. Namun bagi kamu yang tidak menyukai aroma pisang pada hasil kreasi kuemu, hindari menggunakan pisang sebagai pengganti telurmu ya karena pisang meninggalkan bau yang cukup tajam.

  1. Selai Kacang

Tak hanya sebagai olesan, rupanya selai kacang juga bisa kamu gunakan untuk menggantikan telur dalam adonan kuemu lho. Cukup tambahkan 3 sdm selai kacang ke dalam adonan kuemu untuk menggantikan satu butir telur. Pastikan juga kamu menggunakan jenis selai kacang yang halus ya, bukan yang chunky, agar adonan dapat tercampur dengan sempurna 

  1. Flaxseeds dan Chia Seeds

Dua jenis biji-bijian yang juga tergolong sebagai superfood ini rupanya bisa kamu gunakan sebagai pengganti telur dalam adonan kuemu. Untuk menggantikan satu butir telur, campurkan 1 sdm flaxseeds atau chia seeds yang telah digiling halus dengan 3 sdm air matang dalam wadah kecil lalu aduk hingga teraduk rata dan campuran terlihat mengental sebelum digunakan.

baking tanpa telur

  1. Tahu Sutra

Berbeda dengan tahu biasa, tahu sutra memiliki kandungan air yang lebih tinggi dengan tekstur yang lebih lembut. Gunakan sekitar 60 gram tahu sutra yang telah dihaluskan untuk menggantikan satu butir telur. Untuk hasil terbaik, sebaiknya gunakan tahu sutra untuk resep kue yang bertekstur berat dan padat seperti brownies atau muffin.  

  1. Air soda

Tak hanya sebagai pengganti telur, air soda juga dapat menambah kelembaban sekaligus bahan pengembang yang baik bagi adonan kuemu. Kamu bisa menambahkan 60 gram air soda untuk setiap butir telur yang kamu ganti dalam resepmu. Air soda paling baik digunakan dalam resep cake, bolu dan cupcake karena menghasilkan tekstur yang ringan dan berongga pada kue.

  1. Yogurt

Yogurt rupanya bisa mom & sis gunakan untuk menggantikan telur pada adonan kue. Caranya, cukup tambahkan seperempat cangkir yogurt untuk menggantikan setiap butir telur dalam resep kamu. Gunakan yogurt kental dan tanpa rasa saat menggunakannya untuk pengganti telurmu ya, agar hasil bakingmu maksimal.

Bagaimana mom & sis, tertarik untuk mencoba bagaimana baking tanpa telur? Nah, keenam bahan tadi juga bisa kamu gunakan lho untuk menggantikan telur saat membuat kue menggunakan premiks kue dari Pondan. Kamu cukup sesuaikan penggunaan bahan alternatif telur tadi sesuai paduan resep kue Pondan pilihanmu di setiap kemasannya. Mom & sis bisa mendapatkan produk-produk Pondan pilihanmu di website Pondan atau e-commerce kesayanganmu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

Beli Sekarang

  

Sumber:

healthline.com

thekitchn.com

sheknows.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *