Apa Bedanya Puding Custard dan Mousse

Bedanya Puding Custard dan Mousse

Bedanya Puding Custard dan Mousse

Bedanya Puding Custard dan Mousse | pondan.com – Puding, mousse, dan custard adalah makanan penutup yang sama-sama menggunakan susu dan gula sebagai bahan dasar. Hal itu tak jarang membuat orang bingung, apalagi bagi yang ingin memasaknya. Padahal konsistensi dan tekstur ketiganya sangat berbeda loh. Mom dan sis, yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  • PUDDING (Bedanya Puding Custard dan Mousse)

Bedanya Puding Custard dan Mousse

Puding pada umumnya dibuat dengan memasak susu dan gula secara bersamaan lalu diberi tepung maizena agar mengental. Tepung maizena membuat konsistensi puding semisolid dan bertekstur seperti krim. Dalam beberapa resep, tepung beras, tapioka, biji chia, dan gelatin digunakan sebagai pengental. Puding biasanya disajikan dingin, tetapi dapat juga disajikan hangat atau pada suhu ruangan.

  • MOUSSE  (Bedanya Puding Custard dan Mousse)

Bedanya Puding Custard dan Mousse

Mousse dibuat dengan mengocok putih telur atau krim kocok dengan susu dingin dan gula. Proses pengocokannya membuat konsistensi mousse lebih halus dan tekstur lebih ringan dari puding. Mousse memiliki berbagai versi, seperti vegan, bebas susu, dan mengganti salah satu bahan dengan bahan lain yang lebih sehat, seperti alpukat yang dihaluskan. Mousse biasanya disajikan dingin atau beku.

  • CUSTARD  (Bedanya Puding Custard dan Mousse)

Bedanya Puding Custard dan Mousse

Custard dibuat dengan memasak susu dan gula lalu menambahkan telur utuh agar mengental. Ketika selesai dimasak dan didinginkan, custard menjadi padat, konsistensinya seperti jelly, dan tekstur seperti sutra. Custard juga hadir dengan rasa buah-buahan atau diberi topping potongan buah agar lebih nikmat.

Bedanya Custard, Pudding dan Mousse
Ketiga makanan tersebut,  yaitu custard, puding, dan mousse merupakan makanan penutup yang kental dan lembut. Rasanya lezat untuk dimakan dan disajikan dalam keadaan dingin. Sementara puding dibuat dengan mencampur susu dan gula bersamaan dengan tepung jagung atau tepung terigu, custard menggunakan telur sebagai pengikat adonan. Sedang dalam mousse, bahan tersebut diganti kocokan putih telur atau whippedcream, disamping penggunaan susu dan gula. Ada juga variasi rasa gurih dari tiga sajian kuliner ini tetapi ketiga masakan ini lebih populer disajikan dengan rasa manis.

Mom dan sis sudah tidak bingung lagi kan dengan perbedaan puding, mousse, dan custard. Cara memasaknya memang terdengar agak ribet, tapi sekarang sudah hadir bahan instan seperti puding mix dari Pondan. Cara memasaknya cukup dididihkan atau diberi air panas dan sudah dilengkapi dengan saus vla. Tersedia dalam rasa vanila, coklat, mangga, dan strawberry yang pasti disukai keluarga mom dan sis!

Bedanya Puding Custard dan Mousse Bedanya Puding Custard dan Mousse Bedanya Puding Custard dan Mousse Bedanya Puding Custard dan Mousse

BELI SEKARANG

Sumber:
https://caloriecontrol.org/the-delicious-differences-between-custard-pudding-and-mousse/
https://www.thekitchn.com/whats-the-difference-between-mousse-and-pudding-word-of-mouth-216998
https://www.differencebetween.com/difference-between-custard-and-vs-pudding-and-vs-mousse/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *