Bingung Bagaimana Memilih Nanas?

Bingung Memilih Nanas? Begini Caranya

Pondan.comSiapa nih di antara mom & sis yang suka bingung memilih nanas? Dalam urusan membeli buah-buahan, tentunya kita harus jeli dan cermat ya mom & sis agar buah-buahan yang kita beli dapat dipastikan berkualitas baik. Buah yang berkualitas sudah pasti rasanya juga terjamin dan dapat menghasilkan olahan yang enak pula. Nah, agar tak keliru saat membeli nanas, kamu bisa perhatikan tips sebagai berikut.

Memilih Nanas

Memilih Nanas

Nanas yang sudah matang dan masih segar memiliki ciri warna kuning keemasan atau kuning kehijauan, tergantung jenis nanas. Nanas segar memiliki helaian daun berwarna hijau segar dan rapat di kepala atau mahkotanya. Bila dicium, nanas yang sudah matang beraroma harum dan manis khas nanas.

Memilih Nanas

Cek bagian badan dan bawah nanas. Nanas yang masih segar dan baik akan terasa keras dan tidak benyek bila ditekan. Pastikan juga kulit dan mata nanas cerah mengkilat, serta tak ada bagian dari badan nanas yang terlihat memar atau berjamur. 

Meskipun terlihat kokoh, nanas adalah buah yang relatif cepat membusuk. Oleh karena itu hindari memilih nanas yang terlihat kering, layu dan keriput. Bisa jadi itu adalah nanas yang sudah terlalu lama disimpan sejak dipanen dan hal itu nantinya akan berpengaruh pada rasanya yang tak lagi prima.

Nanas Matang Vs. Nanas Muda?

Bila kamu menginginkan nanas muda atau mengkal, kamu bisa memilih nanas yang kulitnya masih terlihat hijau seluruhnya, atau menanyakannya langsung pada penjualnya. Namun bila mom & sis berpikiran untuk membeli nanas muda untuk kemudian diperam hingga matang, sebaiknya kamu tidak melakukan hal ini ya.

Memilih Nanas

Nanas berbeda dengan buah-buahan lainnya karena nanas tidak memiliki kandungan pati. Pati dalam buah-buahan berfungsi sebagai pembuat rasa manis. Pati akan terus mematangkan buah walaupun buah telah lama dipetik dari pohonnya. Saat proses pematangan berlangsung, kandungan pati dalam buah kemudian berubah menjadi gula. 

Pada nanas, hal seperti itu tidak akan terjadi. Begitu nanas dipetik dari pohonnya, saat itu juga proses pematangan buah berakhir. Meskipun kamu memeram buah nanas muda selama apapun bahkan sampai warna kulitnya berubah kuning, buah nanas kamu sama sekali tidak akan berubah menjadi manis. Malahan, buah nanasmu akan tetap terasa asam atau bahkan menjadi tidak enak rasanya karena nanas menjadi terfermentasi dan membusuk.

Baik dalam bentuk segar maupun olahan, nanas memang enak untuk disantap ya mom & sis. Nah untuk mom & sis yang senang berkreasi dengan olahan berbahan nanas, Pondan juga punya yang spesial buat kamu. Dengan menggunakan tepung premiks Nastar dari Pondan, kamu bisa kreasikan olahan selai nanas lezatmu tanpa perlu repot! Cukup tambahkan margarin, butter dan telur. Mudah dan praktis. Kamu bisa dapatkan produk ini di website Pondan atau e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

 

Sumber: thespruceeats.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *