6 Ide Bisnis Cokelat Yang Menguntungkan

bisnis cokelat

Bisnis Cokelat – Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Dahulu kala cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan, berbeda dengan zaman sekarang di mana cokelat bebas dikonsumsi berbagai kalangan sosial. Rasanya yang manis dan hadir dalam berbagai bentuk, membuat banyak orang tak pernah bosan makan cokelat. Ini mengindikasi betapa besar potensi dan luas jangkauan bisnis cokelat. Jika kamu berniat membuat sebuah bisnis, kamu bisa melirik peluang di pasar cokelat. Ada beberapa contoh ide bisnis yang bisa kamu coba lakukan secara manual, bahkan di rumah sendiri.

Bisnis Cokelat

sumber gambar : damniloveindonesia

PRALINE

Bisnis Cokelat

sumber gambar : libertylondon

Praline merupakan bentuk permen cokelat yang terbuat dari cokelat, mentega yang disajikan dalam beraneka ragam bentuk dan diberi isian seperti kacang dan buah. Membuat praline cukup sederhana. Kamu hanya perlu menuang lelehan cokelat yang telah diberi pewarna atau isian ke cetakan dengan bentuk sesuai selera lalu bekukan ke lemari es. Ribuan resep praline klasik sampai modern bisa kamu temukan di internet. Cokelat praline yang terkesan imut ini cocok menjadi dipasarkan sebagai bingkisan untuk orang tersayang, ulang tahun sahabat, atau acara keluarga. Jangan ragu untuk berkreasi dengan bentuk dan isian yang unik, karena itu bisa menjadi daya tarik produk kamu.

 

KUE

Bisnis Cokelat

sumber gambar : selerasa

Kue adalah makanan yang biasanya bercita rasa manis tapi ada pula yang gurih dan asin. Bahan dasar kue adalah adonan tepung, baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu. Kue di Indonesia biasanya dikategorikan berdasarkan kadar airnya, yaitu kue basah dan kue kering. Selain Indonesia, resep-resep kue dari Malaysia, Singapura, Belanda, dan Tiongkok juga cukup populer dan menjadi kudapan utama acara-acara istimewa. Kamu bisa pilih salah satu kue yang kamu suka dan menambahkan elemen cokelat sesuai kreasimu. Contoh suksesnya ada Amanda Brownies yang terkenal dengan brownies cokelat yang dikukus. Sekarang giliranmu.

 

ES KRIM

sumber gambar : maulinapramesti

Es krim merupakan makanan yang mengandung lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Rasanya yang manis, dingin, serta teksturnya yang lembut selalu dicari oleh banyak orang, apalagi di Indonesia yang termasuk negara tropis. Membuka kedai es krim sendiri merupakan bisnis yang menjanjikan bukan. Kamu bisa menjadikan es krim rasa cokelat sebagai rasa andalanmu. Agar beda dari yang lain, kombinasikan es krimu dengan waffle, pancake, dan kue.

 

MINUMAN

Bisnis Cokelat

sumber gambar : helloglow

Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Meso-amerika kuno sebagai minuman. Meskipun biasanya diminum untuk kesenangan, ternyata cokelat juga baik untuk kesehatan karena mengandung banyak antioksidan. Sama seperti teh dan kopi, minuman cokelat mudah dinikmati dan tidak memandang usia atau kelas sosial. Kamu pun bisa memilih untuk menjualnya sebagai minuman segar di gerobak/stand kecil atau minuman serbuk siap seduh.

 

SELAI

Bisnis Cokelat

sumber gambar : cupsealer

Selai cokelat adalah sebuah pasta rasa cokelat yang sebagian besar dijadikan olesan roti pada roti tawar dan roti bakar atau pastri serupa seperti waffle, panekuk, dan muffin. Selai cokelat biasanya dijual dalam toples kaca atau kemasan plastik. Kamu mungkin pernah mendengar selai paduan cokelat dan kacang hazetnut dari Nutella yang begitu terkenal. Kamu juga bisa membuat selaimu sendiri dengan bahan tambahan lain seperti madu dan dipasarkan dengan harga lebih terjangkau.

 

MASKER WAJAH

Bisnis Cokelat

sumber gambar : foody

Cokelat tidak melulu mengenai makanan perut. Cokelat juga bisa menutrisi kulit wajahmu. Sudah banyak brand kosmetik asal Indonesia dan luar negeri yang menawarkan produk perawatan kulit berbahan dasar cokelat. Namun, tak ada salahnya kamu membuat masker buatan rumahmu dan pasarkan untuk kalangan anak sekolah dan mahasiswa yang dananya cenderung terbatas. Tentu pastikan masker buatanmu aman dipakai, tidak menimbulkan iritasi, dan tidak menyalahi aturan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tak hanya ide, buatlah perencanaan untuk mengembangkan bisnismu. Teruslah berinovasi dan ikuti trend yang sedang populer. Tingkatkan kualitas produk dan juga pelayanan sehingga bisnis yang kamu kelola akan menjadi besar. Gunakan bahan baku yang berkualitas, seperti premiks dari Pondan yang melingkupi kue, es krim, dan makanan manis lainnya. Pondan bahkan menyediakan premiks ukuran bulk yang cocok untuk industri. Dan ingat, kamu mungkin bukan orang pertama yang mendirikan bisnis cokelat, tetapi pastikan kamu menjadi yang terbaik.

Bisnis CokelatBisnis Cokelat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *