Kue Black Forest tanpa Oven

black forest tanpa oven

Black Forest tanpa Oven | Pondan.com – Hari ulang tahun sahabat sudah dekat. Kamu lalu berencana membuat pesta kecil-kecilan dan membuat kue sendiri. Inginnya sih bikin kue Black Forest yang enak, tapi apa daya tidak punya oven. Tahu kan kamu bahwa kue Black Forest bisa dipanggang tanpa oven? Ada dua alat yang bisa kamu pakai sebagai pengganti oven untuk membuat kue asal Jerman tersebut.

cara Black Forest tanpa Oven pertama yaitu Menggunakan Pressure Cooker

 Black Forest tanpa OvenBlack Forest tanpa Oven bisa menggunakan Pressure Cooker, Preassure Cooker sendiri adalah panci bertekanan tertutup untuk memasak makanan menggunakan air yang dipanaskan/diuapkan. Air yang menguap dalam keadaan tertutup menghasilkan tekanan internal dan membuat suhu naik. Hampir semua makanan yang biasanya dikukus atau berbahan dasar air dapat dimasak di pressure cooker. 

Untuk membuat kue Black Forest dalam pressure cooker, kamu tidak perlu menggunakan air karena kamu akan memanggang kue, bukan mengukusnya. Sebagai gantinya, gunakan garam dan sebarkan di bagian bawah panci. Letakan dudukan metal di dasar panci agar panas tersebar dan mencegah kue terlalu matang di bagian bawah. Lalu panaskan panci selama dua menit di atas api yang besar. Kecilkan api ke medium sebelum memasukan loyang yang sudah terisi adonan kue lalu tutup panci dan masak selama 5 menit. Setelah itu gunakan api kecil dan panggang kue sesuai resep. Setelah matang, dinginkan kue lalu hias dengan krim, buah ceri, dan serutan coklat.

Cara Black Forest tanpa Oven yang kedua yaitu Menggunakan Dutch Oven atau Oven Belanda

 Black Forest tanpa Oven

Oven Belanda adalah panci masak yang punya dinding tebal dengan tutup yang serasi. Oven Belanda biasanya dibuat dari besi sehingga bisa menghantarkan panas dengan merata. Namun, sebagian besar Oven Belanda sekarang dibuat alumunium atau keramik. Panci ini dinilai serbaguna karena bisa digunakan untuk memasak berbagai masakan, dari hidangan berkuah, roti, sampai kue.

Untuk memanggang kue Black Forest, kamu dapat menggunakan Oven Belanda layaknya loyang kue pada umumnya. Kamu mengolesi permukaan bagian dalamnya dengan mentega lalu menuangkan adonannya dan memanggangnya di kompor biasa. Setelah matang, dinginkan kue lalu hias dengan krim, buah ceri, dan serutan coklat.

Ternyata tanpa oven, kita masih bisa membuat berbagai macam kue. Sama seperti Pondan yang menyediakan banyak macam cake mix. Selain kue Black Forest yang hadir dalam dua pilihan, panggang dan kukus, Pondan juga menawarkan cake mix untuk kue-kue lain seperti Bika Ambon, Kue Mangkok, dan Brownies. Semuanya enak, gampang dibuat, dan yang pasti tidak ribet!

 Black Forest tanpa Oven

 

Sumber:

https://homesteading.com/bake-without-oven/
https://www.thekitchn.com/5-great-dutch-ovens-and-13-recipes-to-put-them-to-work-155457
https://www.wikihow.com/Make-a-Cake-Using-a-Pressure-Cooker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *