9 Cara Menyimpan Makanan agar Tahan Lama

Ngemil tentu menjadi salah satu kegiatan favorit hampir semua orang. Namun, ada kalanya makanan cemilan tersebut tidak habis. Nah, persoalan menyimpan makanan ini bisa jadi pedang bermata dua. Sebab, salah salah, makanan yang kamu simpan itu malah akan membusuk. Padahal, kalau kamu menyimpannya dengan baik, makanan tersebut bisa tahan hingga waktu yang cukup lama, lho. Penasaran kan bagaimana caranya? Yuk, kita lihat beberapa cara menyimpan makanan ala Pondan ini.

1. Cara Menyimpan Puding

Cara Menyimpan Puding
Via Freepik

Cara menyimpan makanan yang pertama adalah puding. Agar tidak cepat berair, puding sebaiknya disimpan di dalam kulkas dalam wadah kedap udara. Nah, sebelum disimpan di kulkas, sebaiknya biarkan puding mendingin dulu di luar pada suhu ruangan. Soalnya, kalau langsung disimpan puding di kulkas, permukaan puding akan berair karena perubahan suhu yang tiba-tiba. Puding yang masih panas juga sebaiknya tidak langsung ditutup karena uap panas akan menempel pada tutup wadah dan membuat puding berair.

2. Cara Menyimpan Kue Kering

Cara Menyimpan Kue Kering
Via Freepik

Kue kering memang menjadi camilan favorit semua kalangan, khususnya menjelang hari raya. Nah, tapi, sebelum disimpan, pastikan kue sudah dingin alias mencapai suhu ruangan. Mengapa? Sebab, uap panas akibat panggangan dapat membuat kue menjadi lembap. Selain itu, supaya kue tetap renyah, gunakan wadah atau toples yang bersih, kering, dan kedap udara. Pastikan juga kamu tidak menyimpannya di wadah plastik karena kue kering akan cepat melempem.

3. Cara Menyimpan Boba

Cara Menyimpan Boba

Anggapan kalau boba akan lebih awet jika disimpan di kulkas ternyata salah, lho. Sebab, suhu kulkas yang rendah akan membuat boba kehilangan kekenyalannya. Maka dari itu, cara menyimpan boba yang benar adalah pada suhu ruangan. Caranya, setelah tercuci bersih, masukkan boba ke dalam toples yang bersih. Tuangkan juga air gula secukupnya agar boba tetap awet, tidak lengket, dan tetap manis. Setelah itu, tutup toplesnya dan simpan di tempat yang kering, tidak panas, dan tidak dingin.⁣

4. Cara Menyimpan Pancake

Cara Menyimpan Pancake
Via Freepik

Tahukah kamu? Pancake ternyata bisa tahan lama lho jika dibungkus dengan plastic wrap atau disimpan di dalam wadah kedap udara. Kue pancake yang sudah dilapisi plastic wrap ini bisa disimpan di kulkas untuk disajikan 1 hingga 2 hari ke depan. Untuk menyajikannya, cukup dihangatkan di microwave saja. Nah, kalau kamu ingin pancake bisa bertahan lebih lama, simpan pancake di wadah plastik kedap udara di dalam freezer. Dengan cara ini, pancake bisa tahan hingga 2-3 bulan, lho.

5. Cara Menyimpan Mentega

Cara Menyimpan Mentega
Via Unsplash

Mentega adalah salah satu bahan utama makanan yang harus diperhatikan cara menyimpannya. Sebaiknya, simpanlah mentega di dalam wadah yang tertutup rapat, dan simpan di suhu ruangan dengan suhu tidak melebihi 21° C. Jika suhu ruangan melebihi 21° C, ada baiknya simpanlah mentega di dalam kulkas. Atau, jika baru akan digunakan beberapa bulan ke depan, kamu juga bisa menyimpan mentega di dalam freezer. Tenang saja, cara ini tidak akan mengubah tekstur dan rasa kok.

6. Cara Menyimpan Keju

Cara Menyimpan Keju
Via Freepik

Seperti yang mungkin telah kamu ketahui, keju adalah salah satu bahan makanan yang cepat mengeras saat disimpan di kulkas. Nah, solusinya, bungkus dulu keju yang sudah kamu gunakan dengan aluminum foil. Kemudian, masukkan kembali keju ke wadah kedap udara, lalu taruh di dalam kulkas. Pastikan kamu tidak menggunakan kemasan lama untuk menaruh keju. Selain itu, jangan menyimpannya di dalam freezer karena tekstur keju tentunya akan mengeras. 

7. Cara Menyimpan Gorengan

Cara Menyimpan Gorengan
Via Flickr

Sudah tak jarang kita menemukan gorengan yang cepat melempem. Cara mengakalinya, diamkan dulu gorengan yang matang hingga tidak berasap. Setelah dingin, langsung masukkan ke wadah kotak dan tutup. Gunakan kotak yang kedap udara agar gorengan lebih awet. Hindari menaruh gorengan bersamaan dengan jenis makanan lain. Selain itu, setelah digoreng, kamu bisa coba menaruh gorengan di atas cooling rack yang memang berguna untuk menjaga kerenyahan gorengan.

8. Cara Menyimpan Roti

Via Freepik

Roti termasuk ke dalam jenis makanan yang memiliki waktu kadaluarsa yang cukup cepat. Nah, oleh karena itu, banyak di antara kamu yang langsung menyimpannya di kulkas bagian bawah. Padahal, penyimpanan dengan cara ini tidak akan membuat roti tahan lama, lho. Justru, kamu harus membiarkannya di suhu ruangan dengan tetap dibungkus plastik. Setelah 2-3 hari, barulah kamu ikat dan masukkan ke dalam freezer. Jika ingin disantap kembali, oven saja selama 10-15 menit dengan suhu sekitar 175° C.

9. Cara Menyimpan Brownies

Via Freepik

Membuat brownies dengan Pondan memang mudah. Tapi, setelah dipanggang atau dikukus, sebaiknya brownies disimpan baik-baik dalam suhu ruangan dengan alumunium foil atau plastik kedap udara. Lalu, besoknya, santap. Kalau masih belum akan disantap, bisa disimpan di dalam kulkas pada wadah kedap udara. Dengan cara ini, brownies akan bertahan hingga beberapa minggu. Atau, kamu bisa menyimpannya di dalam freezer selama beberapa bulan. Nah, jangan lupa, sebelum disantap kembali, keluarkan brownies dari dalam freezer dan biarkan berada di suhu ruangan hingga teksturnya lembut kembali. 

Itulah beberapa cara menyimpan makanan yang perlu kamu ikuti. Dengan tips ini, semua kreasi makanan yang sudah kamu buat dengan menggunakan Pondan akan tahan lama serta tidak cepat kehilangan rasa dan teksturnya. Nah, kalau sudah tahu cara menyimpan makanan yang efektif, saatnya kamu kembali memasak di dapur dengan berbagai resep dari Pondan. Semua resepnya bisa kamu ikuti di instagram @pondan.unifood ya! Tunggu apalagi? Yuk, segera berkreasi!

BELI SEKARANG

 

Sumber: Cheapism, Baking Kneads, Insider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *