Flan, Puding Karamel Lembut Nan Legit

Bertekstur lembut, creamy dan wangi karamel. Mungkin itu ya sedikit gambaran yang bisa mendefinisikan kelezatan dari hidangan manis bernama Flan. Hidangan penutup klasik ini merupakan hidangan menyerupai puding berbahan dasar custard, dengan lapisan saus karamel di atasnya. Tak hanya populer, si puding Flan ini bahkan banyak disukai di berbagai belahan dunia lho. Berikut ini Pondan punya ulasan kisah beserta cara membuat flan untuk kamu!

Flan puding pondan
Flan – [ via freepik.com ]
Sejarah Flan.

Flan berasal dari kata “flado” yang mana dalam bahasa latin berarti flat cake alias kue datar. Flan merupakan istilah yang kerap digunakan untuk menyebut makanan manis berbahan custard  di Spanyol, Portugis, dan Meksiko. Uniknya, hidangan Flan sendiri konon berakar dari hidangan manis berjenis sama asal Perancis, crème caramel.

Tak ada sumber yang pasti menjelaskan dari mana hidangan manis ini awalnya berasal. Namun menurut sejarah, hidangan berbahan dasar custard telah lama ada di Eropa sejak abad pertengahan. Ini berawal dari kebiasaan masyarakat Eropa, khususnya Romawi kuno, yang gemar membuat hidangan berbahan dasar telur. Pada masa itu, custard kerap dibuat dengan rasa gurih. Hidangan custard manis hanya ada satu, yakni yang dimasak dengan madu.

flan puding pondan
Telur, bahan utama pembuatan custard untuk Flan – [ via freepik.com ]
Kedatangan bangsa Moor di Spanyol Selatan kemudian menjadi titik terang berkembangnya Flan hingga seperti saat ini. Masuknya jeruk dan perasa almond yang dibawa kaum pendatang pada masa itu kemudian menambah variasi dalam pembuatan custard. Penambahan lapisan karamel pada custard kemudian menjadi kreasi khas custard di Spanyol. Dari sinilah kemudian puding Flan mulai tersohor.

Cara membuat Flan.

Konsep dasar Flan adalah membuat custard yang dilapisi gula karamel. Untuk membuat custard biasanya hanya dibutuhkan telur, susu dan gula, terkadang dengan tambahan ekstrak almond atau vanila untuk penambah aroma. Flan klasik biasanya identik dengan rasa dan wangi karamel yang khas. Namun seiring berjalannya waktu, Flan dengan variasi rasa lain pun mulai bermunculan seperti rasa jeruk, mangga, kopi, bahkan keju.

pondan flan puding
Proses memasak Flan dengan teknik Au Bain Marie – via [ freepik.com ]
Flan biasanya dibuat dengan cara dioven dengan teknik Au Bain Marie, dan dapat juga bisa dimasak di atas kompor. Untuk membuat Flan versi oven, siapkan cetakan tahan panas yang telah dituangi karamel di dasarnya secara merata. Adonan custard kemudian dituang ke dalam cetakan sebelum kemudian dipanggang. Sementara untuk versi di atas kompor, caranya, adonan custard ditim terlebih dahulu sampai mengental. Custard kemudian dimasukan ke dalam cetakan yang dasarnya telah dilapisi gula karamel sebelumnya. 

 

BACA JUGA:

Teknik Memasak Au Bain Marie

5 Tips Menyimpan Es Krim Buatanmu Di Rumah

Resep Brownies Puding Merah Putih Ala Pondan

 

Setelah dimatangkan, Flan biasanya harus didinginkan agar padat sebelum dikeluarkan dari cetakan. Hal ini mungkin menjadi langkah yang cukup rumit dan perlu hati-hati karena sifat Flan yang rapuh terkadang dapat membuat bentuk Flan menjadi hancur saat dikeluarkan. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa melepaskan pinggiran Flan agar lepas dari cetakan dengan pisau hangat agar Flan kamu bisa keluar dari cetakan dengan sempurna.

Di balik cara membuat Flan yang gampang-gampang sulit, ternyata kisah si dessert manis nan legit ini cukup seru untuk disimak ya mom & sis. Kamu juga bisa lho mencicipi lezatnya puding Flan dengan mudah di rumah dengan menggunakan Pondan Pudding Flan instan dari Pondan. Tersedia dalam 3 pilihan rasa, dijamin deh kreasi puding Flan kamu bakal lebih praktis dan anti ribet. Dapatkan produk Pondan Pudding Flan pilihanmu di website Pondan, atau dengan membelinya di situs e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

Sumber:

gourmetsleuth.com

mexconnect.com

worldsonaplate.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *