Jenis-Jenis Cokelat

Types of Chocolate

Pondan.com | Jenis-Jenis Cokelat – Cokelat juga identik sebagai sahabatnya para wanita. Pasalnya, rasa enaknya tak hanya memanjakan lidah tapi juga punya banyak manfaat bagi kesehatan karena kaya akan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Tapi, tahukah moms dan sis jika di dunia ada banyak jenis-jenis cokelat? Yuk, simak penjelasannya berikut ini..

jenis-jenis cokelat 1

  1. Couverture Chocolate

jenis-jenis cokelat 2

sumber : http://lacabossedor.com/en/produit/miscellaneous/chocolate-callets/

Couverture chocolate adalah cokelat yang terbuat dari cocoa mass, cocoa butter dan gula. Jenis ini identik dengan rasanya yang pahit dan harganya yang mahal. Proses pengolahannya juga lebih sulit karena membutuhkan peralatan khusus. Tak ayal jika cokelat ini sering disebut sebagai ‘the real chocolate’.

  1. Cocoa Powder

jenis-jenis cokelat 3

sumber gambar: https://www.addictivewellness.com/products/raw-cacao-powder

Cocoa powder atau cokelat bubuk biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kue dan minuman. Yang bubuk ini terbuat dari ampas biji cokelat yang telah dipisahkan dari lemaknya. Ampas ini lalu dikeringkan dan digiling halus sehingga menjadi tepung cokelat.

  1. Compound Chocolate

jenis-jenis cokelat 6

sumber gambar : https://www.thefitindian.com/which-chocolate-is-good-for-health/

Compound chocolate adalah jenis yang paling sering ditemui di pasaran. Jenis ini sebenarnya mirip dengan chocolate couverture hanya saja bahan cocoa butter yang ada diganti dengan lemak nabati. Secara rasa, cokelat compound cenderung lebih manis dan proses pembuatannya pun lebih mudah. Compound Chocolate terbagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Dark Chocolate Compound

jenis-jenis-cokelat-5

sumber gambar : https://www.indiamart.com/proddetail/dark-chocolate-slab-14710879155.html

Jenis ini merupakan cokelat batangan berwarna pekat dan tidak mengandung susu. Sering digunakan sebagai bahan membuat kue dan makanan ringan lain. Kandungannya sendiri berkisaar diantara 30% (sweet dark) ke 70-80 % (extreme dark).

  • Milk Chocolate Compound

sumber gambar : https://www.alibaba.com/product-detail/Milk-Compound-Chocolate_139387512.html

Jenis yang satu ini paling banyak di jual di pasaran. yang terbuat dari campuran gula, kakao, cokelat cair, susu dan vanilla sehingga rasanya lebih manis. Milk chocolate harus mengandung setidaknya 10 % cokelat cair.

  •  White Chocolate Compund

sumber gambar : https://www.indiamart.com/hmc-chocolates/white-chocolates.html

Yang batangan berwarna putih ini tidak mengandung bahan berdasar cokelat apapun. Nama ini didapatkan dari cocoa butter sehingga tidak ada rasa yang dominan melainkan hanya rasa vanilla atau rasa lain. Standar jenis ini harus mengandung minimal 20 % cocoa butter, 14 % susu dan 55% gula.

Nah, untuk moms dan sis yang ingin membuat sajian cokelat spesial untuk keluarga di rumah tak perlu bingung lagi ya. Sekarang moms dan sis bisa membuat aneka cake cokelat dengan Pondan Cake Mix. Mau Blackforest, Brownies, Sponge Cake, Muffin dan Pancake, semuanya bisa moms dan sis buat dengan Pondan Cake Mix lho. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, buat hari-hari biasa jadi lebih spesial dengan Kreasi Pondan Cake Mix ala moms dan sist..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *