Kenapa Membuat Es Krim Pakai Garam?

Dalam pembuatan es krim diperlukan adanya garam.

Moms dan sis pernah tahu tidak penjual es krim yang lewat kok bisa tetap menjual es krim dalam keadaan beku ya, padahal tidak pakai freezer dan hanya disimpan dalam wadah aluminium itu.

Jadi moms dan sis, di bawah dan di sekeliling wadah itu terdapat es batu yang sudah diberi garam sehingga adonan es krimnya bisa membeku dan terjaga dinginnya. Hal tersebut terjadi karena garam menyebabkan es batu mengalami penurunan titik beku atau titik lebur.

Tapi kenapa bisa ya garam, karena kan kalau ditambah garam, es batu bisa meleleh dan mencair? Memang sih moms dan sis, bagi Negara yang mengalami musim salju biasanya suka menaburkan garam di atas salju yang menutupi jalan agar cair. Jadi betul garam memiliki kemampuan untuk mencairkan atau meleburkan es.

Begini mekanismenya moms dan sis, kita share pengetahuan dulu ya. Saat garam ditaburkan di atas es, kestabilan partikel-partikel air yang dalam fase padat (es) jadi terganggu. Maka itu saat garam ditaburkan di es batu akan berlubang.

Hal ini terjadi akibat partikel-partikel es yang berada di permukaan memisahkan diri dari gaya tarik partikel es yang berada di samping dan di bawahnya. Partikel yang berhasil memisahkan diri tersebut kemudian beralih ke fase cair. Es memiliki suhu rata-rata di bawah 0 (nol) derajat celcius. Penambahan garam tadi menyebabkan es mengalami peleburan tanpa mengalami penambahan panas. Jadi walaupun berbentuk cair, suhunya tetap sama seperti es yang masih dalam keadaan beku moms dan sis. Oleh karena itu garam bisa menurunkan titik lebur air, karena es bisa melebur dibawah titik lebur normalnya yaitu nol derajat celcius.

Hubungannya dengan es krim?

Dalam suatu peleburan es diperlukan energi atau penyerapan kalor, sedangkan kalor tidak disuplai dari luar, maka es menyerap kalor dari dirinya sendiri. Sehingga menyebabkan suhu es menjadi lebih kecil, meskipun dalam keadaan cair. Karena kalor berpindah dari tempat yang panas ke tempat yang dingin, maka es yang sudah sangat dingin tadi menyerap kalor dari adonan es krim. Akibatnya adonan es krim tersebut menjadi beku. Itulah mengapa penjual es krim di jalan tetap bisa mempertahankan es krimnya tetap beku dan tidak mencair walaupun tidak memakai freezer moms dan sis.

Ayo coba dipraktek kan pakai tepung es krim Pondan yuk moms dan sis, es krim rasa durian yang lezat yang bisa dinikmati saat berkumpul bersama kerabat dan saudara. Pondan Magic Ice Cream rasa durian ini selain mudah untuk ditemukan, juga mudah untuk dibuatnya lho. Ayo kunjungi toko atau supermarket yang menjual produk Pondan moms dan sis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *