7 Kesalahan Memasak yang Harus Dihindari

Kegiatan memasak di dapur memang gampang-gampang susah. Di satu sisi, jika kamu sudah paham dan dapat mengikuti resep, aktivitas ini tentu akan terasa mudah. Namun, jika hasil makanan yang kamu buat sering gagal, kamu mungkin saja merasa bahwa memasak bukanlah kegiatan yang seharusnya kamu lakukan. Padahal, bisa saja hal itu terjadi karena ada beberapa kesalahan memasak yang kamu lakukan. Agar terhindar dari kesalahan tersebut, sebaiknya cari tahu yuk beberapa kesalahan memasak ini dan penyebabnya.

1. Tidak Mengikuti Resep

Via Unsplash

Kesalahan memasak yang paling sering diabaikan oleh para pemula adalah tidak mengikuti seluruh panduan yang tertera di dalam resep. Pada dasarnya, resep dibuat oleh orang-orang yang telah berhasil membuat hidangan tertentu sehingga hasilnya terasa pas dan lezat. Nah, jika kamu belum terlalu ahli dalam takar menakar, salah sedikit menakar saja, hasilnya bisa jadi gagal. Maka dari itu, pastikan kamu mengikuti tahap demi tahap dalam resep agar tidak terjebak dalam penyesalan.

2. Salah Mengocok Adonan

Via Freepik

Mengocok adonan adalah hal yang krusial saat memasak. Beberapa adonan, seperti pancake misalnya, tidak boleh dikocok terlalu lama. Sebaliknya, ada juga adonan yang tidak boleh dikocok terlalu sebentar. Solusinya, lihat resep dan ikuti instruksinya. Selain itu, sebagai patokan, perhatikan juga apakah adonan harus mengental dan tidak menggumpal saat dikocok. Sebab, proses pengadukan yang terlalu lama hanya akan membuat adonan jadi encer.

3. Salah Menggunakan Ukuran Loyang

Via Freepik

Pada resep apapun yang membutuhkan loyang, baik itu baking atau sekadar membuat puding, kamu harus memerhatikan dengan seksama ukurannya. Menggunakan loyang dengan ukuran yang tidak sesuai dapat membuat makanan, khususnya kue, gagal atau bantat. Mengapa? Sebab, masing-masing ukuran loyang memiliki ketentuan suhu dan lama pemanggangan yang berbeda. Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan loyang yang pas.

4. Oven atau Penggorengan Tidak Dipanaskan Terlebih Dahulu

Via Freepik

Kesalahan memasak yang satu ini juga umum dilakukan oleh para pemula. Padahal, jika oven atau penggorengan tidak dipanaskan terlebih dahulu, bahan pengembang pada kue bisa mati karena tidak langsung terkena panas. Ini pun sama dengan makanan gorengan yang sulit matang dengan tekstur yang buruk saat digoreng di penggorengan yang belum panas. Jadi, pastikan kamu sudah memanaskan oven serta penggorengan sebelum menggunakannya, ya!

5. Sering Membuka Tutup Oven atau Kukusan

Via Freepik

Saat memanggang kue, pastikan juga kamu tidak terlalu sering membuka tutup oven. Jika hal itu terjadi, suhu di dalam oven akan mengalami perubahan yang tak menentu. Tahu sendiri kan, kue harus dipanggang dalam suhu yang konsisten. Akibatnya, permukaan kue bisa jadi turun. Oleh karena itu, tahan rasa penasaranmu akan hasil kue yang kamu buat. Tenang saja, durasi dalam resep tidak akan salah, kok!

6. Menggoreng dengan Minyak Sedikit

Via Freepik

Saat akan membuat masakan dengan cara digoreng, perhatikan jumlah minyak yang digunakan dan ruang yang tersisa di dalam penggorengan. Sebab, jika minyak sedikit, gorengan akan sulit matang secara sempurna. Jangan sampai juga makanan berdesakan di dalam penggorengan karena suhu tidak akan stabil. Selain itu, pastikan juga api yang digunakan saat menggoreng tidak terlalu besar agar makanan tidak cepat gosong.

7. Terlalu Sering Membolak-balikkan Adonan

Via Unsplash

Nah, kesalahan yang satu ini juga sering terjadi, lho. Ini seringkali disebabkan oleh rasa penasaran ingin mengecek apakah salah satu sisi makanan sudah matang atau belum. Nah, solusinya, ada beberapa panduan yang bisa kamu ikuti. Dalam membuat pancake, misalnya, cukup balik pancake sebanyak satu kali saja untuk masing-masing sisi. Saat menggoreng makanan pun, jangan terlalu sering membolak-balikkan adonan takutnya matang tidak merata.

Bagaimana, apakah kamu masih sering melakukan kesalahan memasak ini? Inilah saat yang tepat untuk menghindarinya, ya! Nah, jangan khawatir, kalau kamu senantiasa mengikuti resep dan panduan dari Pondan, segala jenis kue dan makanan yang kamu buat dijamin tidak akan gagal. Mau tips lainnya? Jangan lupa ikuti Pondan di instagram @kreasipondanid dan dapatkan tips menarik lainnya. Yuk, berkreasi sekarang!

BELI SEKARANG

Sumber: Life Hack

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *