Kesalahan Umum Saat Membuat Kue

Membuat kue memang susah-susah gampang ya moms dan sis. Anda bisa ikut sekolah tata boga terlebih dahulu atau malah otodidak sambil learning by doing, karena dengan terbiasa maka lama-lama anda bisa fasih membuat kue.

Pada jaman dahulu kala, memasak adalah kewajiban bagi setiap wanita untuk bisa melakukannya. Bahkan dari kecil, wanita sudah dibiasakan untuk belajar memasak. Berbicara mengenai hal tersebut atau membuat kue, tentunya setiap orang pernah melakukan kesalahan, baik itu untuk yang sudah ahli, maupun pemula yang baru belajar.

Apakah itu mengenai tekstur, resep ataupun yang lain seperti hasil kue yang gosong. Untuk mempelajarinya, berikut kesalahan dan solusinya untuk dapat mendapatkan hasil yang bagus pada saat membuat kue.

  • Resep

Saat ingin membuat kue, memang kita bisa menelusuri internet untuk mencari resep-resepnya. Dan biasanya resep tersebut sudah bersama dengan takarannya kan moms dan sis, jadi sebaiknya anda mengikuti takaran resep tersebut dan jangan mengira-ngira, karena jumlah bahan yang digunakan pasti sudah pas untuk hasil akhir kue yang akan anda buat moms dan sis.

  • Adonan

Saat anda perlu mengadok adonan, hindari untuk mengaduk adonan tersebut terlalu lama, karena akan berpengaruh kepada tekstur kuenya moms dan sis. Mengaduk dengan menggunakan mixer atau mengocok dengan tangan secara manual sama saja, sebaiknya moms dan sis tidak terlalu lama mengaduk adonan agar saat matang, kue tersebut tidak menjadi keras atau padat.

  • Cetakan Kue

Pada waktu moms dan sis ingin meletakkan kue ke cetakan dan siap dipanggang, jangan lupa untuk mengolesi cetakan dengan mentega supaya kue tidak menjadi lengket atau malah merusak bentuk kue nantinya. Sepele tapi hal tersebut sangat berpengaruh untuk hasil akhir kue ya moms dan sis.

  • Tepung Terigu

Pernahkah moms dan sis menuangkan langsung tepung terigu ke dalam adonan? Jikalau pernah dan sering melakukannya, moms dan sis harus merubahnya dengan cara mengayak tepung terigu terlebih dahulu. Mengapa demikian? Karena dengan mengayak tepung terigunya akan memisahkan partikel dan akan menjadikannya lebih mudah saat bercampur dengan cairan. Maka saat matang, kue akan terasa lebih lembut teksturnya.

  • Oven

Sewaktu kue sudah siap untuk dimasukkan ke oven, hindari untuk membuka tutup oven terlalu sering saat kue sedang dalam proses pemanggangan. Karena akan berpengaruh kepada hasil akhir kue moms dan sis, suhu oven juga akan menurun. Jika anda ingin memeriksa kadar kematangannya, anda bisa melakukannya dengan menusukkan lidi saat kira-kira waktu memanggang sudah mau selesai. Kalau di lidi tersebut masih ada adonan yang menempel, maka kue tersebut belum matang. Begitupun sebaliknya, kalau tidak menempel berarti kue anda sudah matang. Anda bisa mengeceknya dengan lidi atau tusuk gigi ya moms dan sis.

Berikut langkah yang harus anda perhatikan saat memanggang kue ya moms dan sis. Saat kue sudah matang dan dikeluarkan dari oven, diamkan terlebih dahulu kue tersebut hingga dingin. Jangan langsung memotong kue atau bahkan memakannya, agar menyerap dengan baik dan tidak rusak atau hancur saat hendak dipotong.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya moms dan sis, gunakan tepung Pondan untuk kemudahan anda saat ingin membuat kue dengan kualitas tepung yang terbaik. Ada beberapa pilihan kue yang bisa anda praktekkan lho moms dan sis, seperti bolu kukus, bolu panggang, muffin,chiffon, sponge cake dan tiramisu panggang.

2 thoughts on “Kesalahan Umum Saat Membuat Kue

  1. Ulfah Awaliah says:

    Bisakah membuat cake sponge pondan dengan cara di kukus sedangkan dalam saran penyajiannya di oven? Karena yang beli suami jadi salah beli, dan saya gx ada oven. Terima kasih

  2. Nani lawati says:

    Mengapa setelah spange cake/black forest setelah masak tekstur permukaan nya tidak rata,, padahal saya sudah menggunakan api kecil,, apa yg salah ya??
    Terimakasih.. 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *