Ketahui 3 Hal Tentang Perisa Vanila

Ini Dia 3 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Perisa Vanila

Pondan.comVanila adalah salah satu jenis pemberi rasa pada makanan yang paling banyak digunakan di dunia. Hampir semua kalangan baik tua maupun muda menyukai harum dan manisnya perisa yang satu ini. Tapi tahu gak sih, mom & sis apa vanila itu sebenarnya?

Vanila, atau yang juga dikenal dengan sebutan dengan vanili, berasal dari salah satu tanaman sejenis anggrek bernama Vanilla planifolia syn. V. fragrans yang hanya berbunga beberapa jam saja setiap tahunnya. Tanaman ini menghasilkan buah menyerupai buncis yang berisi biji vanila. Setelah matang, buah-buah berisi biji vanila ini dipanen dengan tangan sebelum kemudian diawetkan selama sekitar 3 sampai 6 bulan untuk mendapatkan aroma vanila yang khas.

Tahukah mom & sis, ada 3 jenis vanila yang bisa digunakan sebagai penambah rasa dalam memasak? Nah, biar lebih jelas yuk kita simak ulasan berikut ini.

  1. Vanilla bean alias biji vanila. 

perisa vanila

Biji vanila biasa digunakan sebagai pengharum dan penambah rasa pada makanan secara alami. Biji vanila merupakan jenis vanila yang paling mahal karena selain cukup sulit dicari, aroma dan rasa yang dihasilkan juga lebih kompleks dan lebih dalam. Untuk digunakan sebagai penambah aroma dan rasa, buah vanila yang sudah dikeringkan dibelah untuk kemudian diambil bijinya menggunakan pisau. Cukup dengan menggunakan sedikit saja kamu sudah bisa mendapatkan aroma vanila yang kuat lho.

  1. Ekstrak Vanila

perisa vanila

Selain dari langsung menggunakan buah vanila, kamu juga bisa mendapatkan perisa vanila dengan menggunakan ekstra vanila. Ekstrak vanila terbuat dari rendaman buah vanila dalam larutan etanol dan air lalu direndam selama beberapa bulan hingga cairan berubah warna menjadi kecoklatan dengan aroma vanila yang khas. Bila kamu mencari ekstrak vanila yang bebas alkohol, kamu juga bisa mendapatkan ekstrak vanila yang terbuat dari rendaman gliserin nabati.

  1. Esens vanila

perisa vanila

Mom & sis pasti kenal ya yang namanya bubuk vanili. Nah bubuk vanili juga merupakan salah satu bentuk dari essence vanila yang beredar di pasaran. Berbeda dengan ekstrak vanila, esens vanila biasanya didapatkan dari proses sintetis secara kimiawi untuk meniru aroma dari vanila. Di Indonesia, esens vanila dapat dengan mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, penggunaanya harus dicermati ya, karena esens vanila biasanya menimbulkan rasa pahit yang tidak enak bila digunakan terlalu banyak.

Apapun jenisnya, vanila memang paling cocok digunakan untuk menambahkan rasa dan aroma pada pembuatan kue-kue dan es krim. Nah, untuk para mom & sis yang menyukai rasa vanila, Pondan juga memiliki tepung kue dan es krim siap guna rasa vanila untuk kamu lho! Cara membuatnya praktis dan hasilnya dijamin enak. Kunjungi website pondan atau e-commerce kesayanganmu untuk mendapatkan produk Pondan yang kamu mau. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

 

Sumber:

https://www.marthastewart.com

https://www.nigella.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *