Catat 5 Konversi Takaran Resep Ini agar Tidak Keliru

Di era digital ini, menemukan resep masakan memang sangatlah mudah. Akan tetapi, resep tersebut juga hadir dalam beragam variasi penulisan. Misalnya, banyak resep yang menggunakan satuan gram sebagai takarannya. Tetapi, tak sedikit pula yang memakai satuan ukuran lain, seperti cup, gelas, dan sendok makan. Hal ini bisa saja membingungkanmu sebagai pemula dalam memasak. Oleh karena itu, inilah saatnya kamu memahami konversi takaran resep di bawah ini.

1. Singkatan Umum Takaran dalam Resep

Sudah tahu dong kalau takaran dalam resep umumnya disingkat? Nah, berikut ada daftar lengkapnya, mulai dari sdm (sendok makan) sampai ml (mililiter). Selain singkatan di bawah, ada juga istilah yang umum dipakai, seperti bh (buah). Kata ‘buah’ di sini tidak hanya merujuk pada jenis buah-buahan saja, ya. Makanan yang jumlahnya bisa diukur dengan satuan ‘buah’ juga biasanya menggunakan istilah tersebut. Ada juga istilah lainnya yang perlu kamu pahami, seperti scp (secukupnya), lbr (lembar), ltr (liter), dan oz (ons).

2. Satuan Ukuran Sendok Makan ke Gram

Bagi para pemula, menakar resep dengan ukuran sendok memang terkadang tricky. Sebab, ada dua istilah takaran yang sama-sama umum, yaitu sendok makan dan sendok teh. Nah, daripada kebingungan membedakan sendok makan dan sendok teh, kamu bisa mengkonversinya ke satuan gram dan memanfaatkan timbangan. Berikut konversi takaran resep-nya. Catat juga ya konversi takaran lainnya, misalnya 1 sdm cokelat bubuk (7 gram), 1 sdm maizena (8 gram), 1 sdm brown sugar (10 gram), 1 sdm tepung tapioka (15 gram), dan 1 sdm tepung beras (15 gram)

3. Satuan Ukuran Cup ke Gram

Banyak di antara kamu yang mungkin dibuat bingung dengan satuan ukuran cup. Apa sih yang dimaksud dengan cup? Cup awalnya merujuk pada satu gelas saji. Namun, karena ukuran gelas yang sering berubah-ubah, istilah ini kini merujuk pada sebuah gelas takaran. Nah, karena ukuran cup dari masing-masing bahan umumnya berbeda dari yang satu dengan yang lainnya, perhatikan ya daftar konversi ke gram di bawah ini. Catat juga takaran lainnya, seperti: 1 cup Havermout (90 gram), 1 cup cokelat bubuk (112 gram), 1 cup gula palem (140 gram), 1 cup almond bubuk (170 gram), 1 cup kismis (190 gram).

4. Satuan Ukuran Lainnya ke Gram

Selain satuan cup, ternyata banyak juga resep yang menggunakan satuan ukuran gelas belimbing. Gelas belimbing adalah istilah yang merujuk pada bentuk umum gelas yang lonjong memanjang. Untuk konversi selengkapnya, cek daftarnya di infografik di bawah, ya. Sebagai tambahan referensi, kamu juga bisa memahami satuan ukuran umum lainnya, seperti telur. Nah, 1 kg telur biasanya terdiri dari kurang lebih 16 butir. Jadi, 1 butir telur memiliki berat kurang lebih 62 gram. Selanjutnya, 1 kuning telur berukuran 16 gram, dan 1 putih telur adalah 46,5 gram.

5. Satuan Ukuran Cairan ke Mililiter

Tak hanya takaran zat padat saja, kamu juga perlu mengetahui satuan cairan saat membuat kue. Umumnya, penakaran air menggunakan satuan mililiter. Satuan ini pun berlaku untuk zat cair lainnya, seperti susu dan jus cair. Maka dari itu, kamu bisa mengkonversinya ke mililiter. Atau, jika terdapat gelas takaran, kamu bisa mengkonversinya ke satuan cup. Tak perlu bingung, perhatikan saja infografik berikut ini.

Itulah beberapa satuan ukuran dan konversi takaran resep yang bisa kamu simpan sebagai referensi. Memasak memang jadi sangat praktis di era internet ini, apalagi dengan Pondan. Selain tepungnya mudah dibuat dan anti gagal, kini disediakan juga tabel konversi ukuran. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai ikuti resep lengkap dari Pondan di instagram @kreasipondanid. Dijamin praktis!

BELI SEKARANG

Sumber: @pondan.unifood

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *