Kue Kering Tahan Lama, Berikut Tipsnya

kue kering tahan lama

Kue Kering Tahan Lama | Pondan.com – Kue kering seperti nastar, kastengel, dan putri salju sangat cocok untuk hidangan pemanis hari raya. Tak hanya mudah dibuat, kue kering juga dapat disimpan dalam periode yang lama. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kerenyahan dan rasa kue kering meski telah disimpan lama di dalam toples. Berikut langkah mudah agar kue kering tahan lama.

KUE

kue kering tahan lama

  1. Pastikan Kue Sudah Dingin
    Sebelum menyimpan kue kering dalam toples, pastikan kue kering sudah benar-benar dingin. Walaupun kue sudah tidak panas atau menjadi hangat, biarkan sebentar hingga kue dingin. Kue kering yang baru matang cenderung rentan dan teksturnya masih lembek. Uap panas dari kue juga akan membuat suhu di dalam toples menjadi lembap dan kue akan cepat rusak.
  2. Bedakan Kue Kering dari Teksturnya
    Aneka kue kering Lebaran bertekstur kering sebaiknya disimpan di toples kaca yang dapat ditutup rapat. Sementara kue bertekstur lembut, simpan di toples plastik yang tidak terlalu tinggi agar kelembutannya bertahan lama.
  3. Jangan Campur Kue Yang Berbeda
    Untuk menghemat wadah dan agar toples terlihat penuh, terkadang kue-kue yang berbeda dicampurkan ke dalam satu wadah yang sama. Namun ternyata aneka kue kering yang dicampurkan dalam satu toples bisa membuat kue rusak. Kandungan bahan, aroma, dan kerenyahan kue yang berbeda membuat kue menjadi tidak sedap jika dijadikan satu.

TOPLES

kue kering tahan lama

  1. Toples Harus Kedap Udara
    Udara dapat menyebabkan kue kering jadi melempem. Pilihlah wadah kue dari plastik atau kaca yang kedap udara. Jangan biarkan wadah terbuka terlalu lama dan pastikan benar-benar tertutup rapat jika sedang tidak dimakan.
  2. Pastikan Toples Bersih dan Kering
    Sebelum memasukkan kue kering ke dalam toples, pastikan toples dalam keadaan bersih dan kering. Jika baru dicuci, lap hingga kering dan angin-anginkan atau jemur di bawah sinar matahari. Toples yang lembap akan membuat kue kering di dalamnya cepat melempem bahkan berjamur.

KERTAS ROTI

kue kering tahan lamaGunakan layer berupa kertas roti untuk memisahkan setiap lapis kue yang disusun agar tidak menempel satu sama lain dan tampilannya tetap cantik.

SILICA GEL

kue kering tahan lama

Untuk mengontrol kelembapan di dalam toples, dapat menggunakan silica gel dalam kemasan kecil. Namun jika tidak ada, bisa diganti dengan satu sendok garam yang dibungkus dengan kain bersih. Letakkan bungkusan garam di dasar toples sebelum menyusun kue kering.

TEMPAT PENYIMPANAN

  1. Tempat Sejuk dan Kering
    Simpan toples kue kering di tempat yang kering dan sejuk. Hindari menyimpan toples di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan jauhkan dari makanan yang berbau tajam.
  1. Kulkas
    Sebelum menyimpan toples kue kering ke dalam kulkas, pastikan toples tertutup rapat dan hindari menyimpan dalam kulkas yang penuh dengan makanan, apalagi yang berbau tajam.

Nah, itu dia beberapa tips yang akan membantu kamu menyimpan kue kering tahan lama dan tetap renyah. Seperti Pondan yang setia menyediakan makanan siap pakai premix seperti adonan kue, adonan kue kering, adonan es krim, adonan makanan penutup, adonan puding sejak 1978. Pastikan untuk selalu memilih Pondan agar kue-kue buatan sendiri enak dan praktis!

kue kering tahan lama

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3521916/cara-menyimpan-kue-lebaran-agar-tahan-lama

https://pekanbaru.tribunnews.com/2015/07/13/ini-cara-menyimpan-kue-kering-agar-tahan-lama

https://www.njajan.com/2018/04/trik-menyajikan-dan-menyimpan-kue-kering-lebaran.html

One thought on “Kue Kering Tahan Lama, Berikut Tipsnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *