Ada Berapa Ragam Kue Lapis Khas Nusantara?

Ada banyak sekali jenis ragam kue lapis khas nusantara. Masing-masing kue lapis bahkan memiliki khasnya masing-masing lho. Mom & sis pasti penasaran kan seperti apa saja sih ragam kue lapis khas nusantara tersebut? Nah, berikut ini Pondan punya ulasannya buat kamu.

Kue Lapis

Selain merupakan jenis kue lapis yang paling umum dikenal di Indonesia, kue lapis juga dikenal hingga negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei dengan nama kueh lapis. Kue kenyal dengan rasa yang legit ini memiliki komposisi berupa campuran tepung, telur, gula, santan serta pewarna makanan. Kue juga biasa dibuat dengan 2 lapis warna, yang mana biasanya menggunakan bahan pewarna makanan alami seperti daun suji atau pandan. 

pondan kue lapis nusantara
Kue Lapis aneka warna – [ via fimela]
Ada banyak sekali variasi kue lapis di Indonesia. Masing-masing daerah bahkan memiliki julukan tersendiri untuk menyebut penganan manis ini. Seperti pada kebudayaan Betawi misalnya, yang biasa menyebut kue lapis dengan sebutan kue pepe. Kue jongkong di Surabaya. Atau di Manado, yang biasa menyebutnya sebagai kue balapis.

 

Kue Maksubah

pondan kue lapis
Kue Maksubah Khas Palembang

Maksubah adalah kue lapis khas Palembang. Bedanya dengan kue lapis lainnya, Maksubah memiliki bahan dasar hanya telur, gula, dan susu dan margarin saja, meski ada juga beberapa resep yang juga menyertakan tepung namun dalam jumlah yang sedikit sekali. Bahkan yang membuatnya spesial, alih-alih menggunakan telur ayam, Maksubah biasa menggunakan telur bebek. Satu loyang kue Maksubah membutuhkan setidaknya 28 butir telur bebek. Membuat kue ini pun tidak mudah, karena dibutuhkan ketelatenan pada saat memanggangnya yang lapis demi lapis dan harus dijaga agar kue tidak gosong saat dipanggang.

 

BACA JUGA:

Baking Powder dan Baking Soda, Apa Bedanya?

Bikin Ice Cream Sandwich Kamu Seperti Ini Yuk!

Kukis Bunga, Kreasi Hidangan Kue Kering Yang Unik Nan Cantik

 

Karena sifatnya yang spesial, kue Maksubah awalnya hanya dihidangkan pada perayaan dan hari besar saja. Kue Maksubah bahkan lazim digunakan sebagai hantaran pada pernikahan adat Palembang dari pengantin kepada pihak orang tua dan mertua, yang mana memiliki nilai filosofis sebagai simbol tanda penghormatan. Namun seiring berkembangnya zaman, kue ini kini juga terkenal sebagai oleh-oleh khas Palembang yang tak kalah nikmat selain pempek.

Lapis Legit

pondan kue lapis
Lapis Legit – [ via freepik ]
Kue lapis legit, atau juga yang sering disebut spekuk, adalah sejenis kue bolu dengan aroma rempah yang terbuat dari perpaduan cengkeh, kayu manis dan kapulaga. Berawal dari warisan kebudayaan Belanda, kue ini kemudian menjadi kue lapis yang paling banyak digemari di Indonesia. Bahkan pada situs berita CNN, menobatkan kue ini sebagai salah satu kue terlezat di dunia.

 

Adanya kue lapis legit juga kemudian menginspirasi hadirnya variasi kue bolu lapis lainnya. Seperti lapis Surabaya misalnya. Meski tak lagi menggunakan bumbu rempah spekuk yang beraroma khas pada adonannya, konsep kue bolu yang disajikan berlapis-lapis dengan variasi rasa pada tiap lapisannya tetap dipertahankan dan membuatnya tetap banyak diminati.

Nah buat kamu yang penasaran ingin mencoba kelezatan beragam kue lapis khas Indonesia, bisa banget cobain aneka produk Kue Lapis dari Pondan! Tak hanya beragam, dengan Pondan kamu dijamin bisa membuat kue tanpa repot dan anti gagal! Dapatkan segera produk Pondan yang kamu mau melalui website, atau dengan membelinya lewat situs e-commerce kesayanganmu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

 

 

Sumber:

catatanpringadi.com

food.detik.com

oleholehdarisurabaya.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *