3 Kue Populer Warisan Belanda

3 Kue Populer Warisan Belanda. Yang Mana Favoritmu?

Pondan.com Kental dengan citarasa lokal, tak disangka lho mom & sis bahwa ada kue-kue yang populer di Indonesia ternyata merupakan warisan dari Belanda. Lekatnya sejarah Indonesia dengan era kolonial Belanda serta terjadinya akulturasi budaya antar keduanya menjadi alasan lahirnya kue-kue ini, yang mana juga menjadi favorit hampir semua orang sampai saat ini. Lalu apa saja ya, kue-kue khas warisan Belanda tersebut? Berikut ini Pondan punya ulasannya buat kamu.

  1. Lapis Legit

kue populer warisan belanda

Kue lapis legit, atau juga yang sering disebut spekuk, adalah sejenis kue bolu dengan aroma rempah yang kental. Kecintaan orang-orang Belanda terhadap rempah-rempah dari bumi Indonesia konon menjadi cikal bakal lahirnya kue ini. Pada era kolonial dahulu, kue ini kerap menjadi hidangan penutup favorit di setiap jamuan makan ala Rijsttafel. 

Pada resep aslinya, kue ini memiliki rasa dan aroma rempah yang khas. Namun seiring perkembangan zaman, kini ada banyak variasi kue lapis legit yang bisa mom & sis temukan seperti lapis legit dengan rasa pandan, coklat, dll. Bagai tak lekang oleh waktu, kue warisan era kolonial ini tetap menjadi favorit semua orang baik di Indonesia bahkan di Belanda sana. Bahkan di Belanda sana harga satu loyangnya saja bisa mencapai harga ratusan ribu rupiah.

  1. Kastengel

Dengan ciri khasnya sebagai kudapan yang wajib hadir pada hari-hari besar di Indonesia seperti lebaran, imlek, ataupun natal, rupanya si kue gurih yang satu ini berasal dari Belanda lho mom & sis. Kue kastengel di Indonesia diadaptasi dari resep aslinya di Belanda yang juga memiliki nama yang hampir sama, Kaasstengels. Bedanya, kastengel asli Belanda bertekstur seperti pastry sementara kastengel khas Indonesia memiliki wujud lebih mirip kukis. 

Kue kastengel yang asli biasa menggunakan keju edam, sejenis keju asal Belanda yang memiliki aroma khas. Namun karena di Indonesia keju edam biasanya cukup sulit ditemukan, penggunaan keju bisa diganti dengan jenis keju gouda ataupun keju cheddar.

  1. Nastar

Sama seperti kastengel, kue nastar juga menjadi kue favorit setiap perayaan di Indonesia. Pada sejarahnya, kue nastar berawal dari kerinduan para kolonis Belanda terhadap kue tart yang biasa mereka makan di Belanda sana. Mereka biasa membuat kue tart dengan buah-buahan seperti apel dan blueberry. Namun karena sulit dicari, mereka lantas memodifikasi resepnya menggunakan buah lokal seperti nanas. Kemudian terciptalah nastar.

Tak hanya di Indonesia, nastar juga populer di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei. Bahkan dalam kebudayaan peranakan Tionghoa di Asia Tenggara, nastar menjadi makanan yang penting karena filosofi yang dimuatnya. Nastar kerap dijadikan makanan yang wajib disajikan saat Imlek karena dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan.

Nah untuk mom & sis yang juga ingin bisa menikmati enaknya kue-kue warisan Belanda ini di rumah, Pondan juga punya yang spesial buat kamu! Dengan premiks kue Kaastengel dan Nastar dari Pondan, kamu bisa dengan mudah untuk berkreasi enak di dapur. Kamu bisa dapatkan kedua produk dari Pondan ini di website Pondan, atau dengan mengunjungi e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

kue kering tahan lama

Beli Sekarang

 

Sumber:

meutrechtbarcelona.com

whattocooktoday.com

luksunshine.com

thedutchtable.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *