Kukis Bunga, Kreasi Hidangan Kue Kering Yang Unik Nan Cantik

Kukis bunga, satu variasi kue kering yang tengah populer dan banyak digandrungi oleh para pecinta kuliner kekinian. Tak hanya berpenampilan unik, kreasi kue kering yang menggunakan bunga yang bisa dimakan ini bahkan cukup mudah dibuat. Rasanya pun tak kalah enak dengan kue kering lainnya lho. Penasaran dengan cara membuatnya? Berikut ini Pondan punya ulasannya buat kamu.

Membuat kukis bunga

Mengutip dari blog sugarandcharm.com, membuat kukis unik yang satu ini hanya memerlukan bahan-bahan simpel serta cara pembuatan yang sangat mudah. Untuk membuat kukis berjenis shortbread ini bisa kamu hanya perlu menyiapkan 3 cangkir tepung terigu serbaguna, 1 1/4 cangkir gula halus, 3 stik atau 1 1/2 cangkir mentega, 2 sdt esens vanila dan sejumput garam. Siapkan juga beberapa bunga kering pilihanmu untuk hiasan, serta campuran 1 sdt bubuk meringue, 1 sdm gula halus dan sedikit air untuk icingnya.

pondan kukis bunga
Kukis bunga buatan Loria Stern, seorang koki spesialis hiasan bunga asal California [ via Instagram @loriastern ]
Cara pembuatannya, pertama-tama kocok mentega hingga lembut. Kemudian masukan gula halus, vanila, dan garam lalu aduk sampai rata. Setelah tercampur, masukan tepung terigu ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk secara perlahan hingga adonan tercampur rata. Gilas adonan sampai setebal 1 cm dan cetak adonan dengan cetakan membulat. Kemudian, panggang adonan dalam oven bersuhu 180oC selama 15-20 menit. Setelah matang, diamkan kue pada suhu ruang hingga kue mendingin.

 

pondan kukis bunga
Proses mendekorasi kukis dengan bunga – [ via sugarandcharm.com ]
Untuk mendekorasinya, kamu tinggal menempelkan bunga kering pilihanmu dengan icing yang telah disiapkan sebelumnya sebagai perekat. Kuaskan sedikit pasta icing yang telah kamu buat ke atas permukaan kukis yang telah dingin lalu tempelkan bunga kering tadi di atas kukis yang telah diolesi tadi hingga bunga menempel. Kamu bisa buat sendiri bunga keringmu lho dengan menjepit bunga diantara 2 lembar kertas lilin dengan bantuan buku tebal.

 

BACA JUGA:

Tak Hanya Tampil Unik, 4 Cake Viral Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Ngiler!

Menghias Kue Dengan Bunga Segar, Kenapa Tidak?

Agar Mirip Buatan Kafe, Begini Caranya Membuat Souffle Pancake Yang Benar

 

Tips saat membuat kukis bunga

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kukis bunga buatanmu makin sempurna. Pertama, gunakan mentega dengan kualitas bagus untuk adonan kuemu. Kedua, saat adonan kukismu jadi, ada baiknya kamu mengistirahatkan adonan terlebih dahulu dalam lemari es. Lalu, ketika hendak memanggang, taruh adonan kukis yang telah dicetak pada loyang bersuhu ruangan agar kandungan mentega pada adonan tidak terlalu cepat mencair saat dipanggang dan membuat kue menjadi hancur.

pondan kukis bunga
Kukis dengan remahan bunga mawar kering dan taburan gula – [ via pixabay.com ]
Saat mendekorasi, pastikan kukis telah betul-betul dingin agar icing bisa merekatkan kukis pada bunga dengan sempurna. Hias kuemu sekreatif mungkin! Lalu setelah semua kukismu selesai dibuat, pastikan juga kamu menyimpannya dalam wadah kedap udara ya. Kukis akan tetap segar untuk disimpan selama sekitar 1 minggu dalam suhu ruangan.

 

Bagaimana mom & sis, menarik bukan? Nah, selain kukis bunga, masih ada banyak variasi kukis lainnya yang juga tak kalah unik dan sedap lho. Buat kamu yang ingin mencoba berkreasi kukis lezatmu sendiri, bisa juga mencoba aneka varian premiks kue kering dari Pondan. Tak hanya praktis, kukis buatanmu dijamin bakalan lezat dan tanpa repot! Kunjungi website Pondan untuk menemukan beragam produk Pondan pilihanmu, atau dengan berbelanja di situs e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

Sumber:

sugarandcharm.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *