Tetap Fit di Rumah dengan 7 Makanan Penguat Imun Tubuh

Beberapa minggu terakhir ini, masyarakat dunia sedang digemparkan dengan penyebaran masif virus corona (Covid-19). Nah, supaya tubuh kita dapat menangkal virus ini, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan menerapkan pola makan yang sehat. Agar kebutuhan tersebut dapat terpenuhi, sebaiknya tambahkan 7 makanan penguat imun tubuh berikut ini ke dalam resep kudapan yang akan kamu buat.

1. Ayam

Via Freepik

Hewan unggas, seperti ayam dan kalkun, sangat kaya akan vitamin B-6, lho. Sekitar 3 ons daging ayam saja mengandung 40-50% dari jumlah B-6 harian yang disarankan. Vitamin B-6 sendiri berperan penting untuk berbagai proses kimiawi dalam tubuh. Salah satunya adalah pembentukan sel darah merah baru. Kaldu yang dibuat dari rebusan tulang ayam juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan peningkatan kekebalan tubuh.

2. Brokoli

Via Freepik

Brokoli dianggap sebagai jenis sayuran paling sehat yang bisa kamu olah sehari-hari.  Sayuran ini mengandung banyak vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, C, dan E, hingga berbagai antioksidan dan jenis serat lainnya. Kunci utama untuk mempertahankan kandungan nutrisi pada brokoli tersebut adalah dengan memasaknya sesingkat mungkin. Atau, lebih baik lagi, jangan dimasak sama sekali.

3. Bawang putih

Via Freepik

Bawang putih dapat kamu temukan di hampir setiap masakan. Selain menambah cita rasa, bahan dapur ini juga baik untuk kesehatan, lho. Bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Jenis bawang ini juga bagus untuk kekebalan tubuh karena tingginya kandungan allicin yang terdapat di dalamnya.

4. Bayam

Via Freepik

Makanan penguat imun berikutnya adalah bayam. Selain mengandung banyak vitamin C, bayam juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, zat yang dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus atau infeksi. Sama dengan brokoli, bayam sebaiknya dimasak sesingkat mungkin agar kandungan nutrisinya bisa bertahan. Cara ini akan meningkatkan kandungan vitamin A pada sayur bayam yang kamu masak.

5. Yoghurt

Via Freepik

Yoghurt merupakan salah satu sumber vitamin D. Vitamin ini berperan penting dalam mengatur serta merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Kandungan ini juga dapat meningkatkan ketahanan alami tubuh kita. Nah, sebaiknya, pilihlah jenis yoghurt yang tawar atau tanpa gula, seperti yoghurt Yunani. Untuk menambah cita rasanya, lebih baik tambahkan pemanis alami ke dalam yoghurt, seperti buah-buahan atau madu.

6. Pepaya

Via Freepik

Pepaya adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak vitamin C. Dalam satu buah pepaya, terdapat 224% dari kebutuhan jumlah vitamin C harian kita. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan papain yang berguna untuk meningkatkan imun tubuh. Buah ini juga mengandung kalium, vitamin B, dan folat yang bermanfaat bagi kesehatan pada umumnya.

7. Buah Jeruk

Via Freepik

Buah jeruk sangat kaya akan vitamin C. Selain membantu membangun sistem imunitas tubuh, vitamin ini juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang sangat penting untuk memerangi virus atau infeksi. Buah jeruk bisa kamu temukan dengan mudah dimana-mana. Jadi, mulailah menambahkan perasan vitamin C dari buah jeruk ke makanan apapun yang kamu sajikan.

Kreasi Pudding Jeruk Pondan x Nutrisari

Kunci utama dari pola makan yang sehat adalah keseimbangan. Jadi, jangan hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja, apalagi secara terus-menerus. Perhatikan juga anjuran asupan hariannya. Selain itu, di waktu-waktu tertentu, supaya makanan penguat imun di atas terasa lebih lezat, kamu bisa mengkreasikannya jadi makanan favoritmu. Contoh kreasi makanan yang bisa kamu coba adalah Pudding Jeruk Pondan x Nutrisari yang kaya akan vitamin C. Untuk membuat pudingnya, kamu hanya perlu menyiapkan Pudding Flan Pondan dan air panas saja, lho.

BELI SEKARANG

Sumber:

Healthline

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *