Cara Membuat Dalgona Coffee, Minuman Kekinian

Akhir-akhir ini, dunia internet lagi dihebohkan dengan kemunculan dalgona coffee (kopi dalgona). Apalagi, dengan adanya anjuran untuk #dirumahaja, banyak pengguna media sosial semakin tertarik untuk membuat sendiri kopi kekinian ini. Dinamakan dalgona coffee karena teksturnya menyerupai permen dalgona khas Korea Selatan, namun dalam bentuk cair. Nah, apakah kamu ingin ikut mencoba membuat dalgona coffee? Jika iya, kamu bisa ikuti cara-cara praktis di bawah ini.

Pemilihan Bahan

Via Freepik

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan sangatlah sederhana, yaitu gula, kopi instan, dan susu. Untuk gula, kamu bisa pilih gula putih, brown sugar, atau gula tebu. Kopi instan juga bisa kamu pilih sesuai selera. Lalu, untuk susu, kamu boleh menggunakan segala jenis susu, baik itu susu dalam keadaan hangat maupun dingin.

Selain itu, kamu juga memerlukan alat mixer untuk proses pengadukan bahan. Namun, jika tidak ada mixer, kamu bisa coba menggunakan whisk. Resikonya, kamu harus mengaduk bahan lebih lama, yaitu sekitar 20 menit. Sendok biasa juga sebenarnya bisa digunakan, tetapi waktu mengaduknya akan jauh lebih lama lagi dan tangan kamu akan pegal-pegal.

Langkah Mudah Membuat Dalgona Coffee

Langkah 1:

Masukkan kopi bubuk instan (sekitar 2 sendok), gula, dan air mendidih ke dalam mangkuk. Kemudian, aduk campuran bahan menggunakan mixer atau alat pengaduk lainnya dengan kecepatan tinggi.

Langkah 2:

Setelah diaduk beberapa saat, campuran bahan akan berubah warna menjadi cokelat terang dan bertekstur foamy. Aduk terus larutan hingga teksturnya menyerupai whip cream. Jika kamu menggunakan mixer, proses ini akan memakan waktu sekitar 2 menit

Langkah 3:

Coba cicipi terlebih dahulu. Kalau rasanya masih terlalu kuat, tambahkan sekitar satu sendok makan gula ke dalam larutan. Namun, perlu diingat juga, rasa yang strong ini nantinya akan dinetralkan oleh susu.

Langkah 4:

Tuangkan es batu dan susu ke dalam gelas. Kemudian, tuangkan larutan dalgona yang sudah kamu buat di atasnya. Dalgona coffee buatanmu pun sudah jadi, deh!

Via Unsplash

Tips Penyajian

Nah, sebelum diminum, kamu gak boleh melewatkan kesempatan untuk mengambil foto dalgona coffee buatanmu. Selain itu, jika larutan dalgona yang kamu buat ternyata tampak kurang kental, masukkan dulu ke dalam kulkas selama sekitar 10 sampai 15 menit, lalu aduk kembali hingga merata. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, coba buat sekarang dengan kopi instan pilihanmu.

Sumber:

Jessica in the Kitchen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *