Memilih Loyang Untuk Baking: Beda Bahan, Beda Keunggulan

Memilih Loyang Untuk Baking: Beda Bahan, Beda Keunggulan

Aneka loyang dan peralatan kue – [ via  freepik.com ]
Sebagai pemula dalam dunia baking, terkadang kita kebingungan untuk memilih loyang yang tepat untuk membantu kita berkreasi dengan sempurna di dapur. Lalu bagaimana ya, cara memilih loyang yang baik dan sesuai dengan kebutuhan kamu? Nah agar tidak bingung, simak yuk ulasan mengenai jenis-jenis loyang berikut ini.

Loyang Metal
Loyang metal untuk muffin dan cupcake – [ via freepik.com ]
Loyang berbahan metal mungkin menjadi jenis loyang yang dapat kamu temukan dengan mudah. Ada banyak macam loyang berbahan metal yang bisa kamu pilih saat membuat kue, mulai dari bahan alumunium, stainless steel, perunggu, bahkan besi baja. Kelebihan loyang berbahan metal ialah mereka gampang digunakan dan tahan lama. Penyebaran panasnya pun cepat dan merata. Tak hanya itu, hampir semua jenis kue dapat kamu baking dengan loyang berbahan metal lho. 

Loyang berbahan metal juga bersifat serbaguna karena tak hanya untuk membuat kue, mereka juga bisa digunakan dalam hal memasak. Namun perlu diketahui, untuk loyang dengan bahan metal sebaiknya tidak digunakan untuk memasak makanan dengan kadar asam yang tinggi karena dapat merusak lapisan dari loyang itu sendiri. Perawatannya juga perlu diperhatikan agar loyang tidak cepat berkarat.

Loyang Kaca 
Pudding panggang dalam loyang kaca – [ via pixabay.com ]
Tak hanya loyang berbahan metal, loyang kaca juga bisa digunakan untuk memanggang kue. Tapi sebelumnya, pastikan loyang kaca yang kamu gunakan merupakan loyang kaca tahan panas yang memang diperuntukan untuk memanggang. Hampir sama seperti loyang metal, sifat loyang berbahan kaca juga dapat menyebarkan panas dengan bagus dan merata sehingga dapat digunakan untuk membuat kue dengan baik. 

Penyebaran panas loyang yang cukup efektif terkadang bisa membuat kuemu menjadi terlalu cepat matang. Oleh karena itu, waktu pemanggangan biasanya perlu diperhatikan agar suhu oven tidak terlalu panas. Salah-salah, kuemu bisa saja gosong dalam sekejap. Menggunakan loyang kaca pun perlu hati-hati. Jaga loyang agar tidak terkena perubahan suhu yang drastis, misalnya memindahkan loyang langsung dari oven ke lemari pendingin, karena dapat membuat loyang retak atau bahkan pecah.

Loyang Silikon
Loyang silikon untuk kue cannele – [ via – freepik.com ]
Loyang kue dengan bahan silikon boleh dibilang merupakan alat yang hadir lebih modern bila dibandingkan dengan dua jenis loyang di atas. Loyang kue dengan bahan silikon sangat berguna bagi kamu yang menginginkan kue dengan bentuk-bentuk tertentu karena loyang dapat dengan mulus mencetak kue dengan sangat mudah. Bahannya yang anti lengket juga dapat memudahkan kamu membuat kue tanpa harus bersusah payah mengolesi loyang dengan mentega terlebih dahulu. Loyang dengan bahan silikon juga sangat kuat dan tahan terhadap perubahan suhu, bahkan suhu tinggi sekalipun. Selain itu, loyang juga sangat mudah dibersihkan.

Sayangnya, loyang dengan bahan silikon bukanlah konduktor panas yang cukup baik bila dibandingkan dengan jenis-jenis loyang lainnya. Kamu akan membutuhkan waktu memanggang yang lebih lama bila menggunakan loyang silikon. Selain itu, kamu juga tidak akan mendapatkan warna kecoklatan di bagian luar kue bila memanggang menggunakan loyang silikon. Bagi kamu yang memang membutuhkan kue dengan tampilan kecoklatan dan sedikit gosong, sebaiknya menghindari penggunaan loyang jenis ini ya.

 

Memilih loyang untuk kamu gunakan pertama kalinya mungkin memang sedikit membingungkan ya mom & sis. Tapi tak ada salahnya ya untuk selalu mencoba dan belajar. Apapun jenis loyang yang kamu gunakan, sempurnakan selalu kreasi kue di rumahmu dengan tepung premiks kue siap pakai dari Pondan! Tak hanya praktis, penggunaan tepung premiks kue dari Pondan juga sangat mudah dan tanpa ribet. Hasil kue dijamin enak dan anti gagal! Kamu bisa dapatkan produk-produk pilihanmu di website Pondan, atau dengan mengunjungi e-commerce kesayangan kamu ya. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

Sumber:

recipelion.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *