Menghias Kue Dengan Bunga Segar, Kenapa Tidak?

Tak banyak yang tahu kalau sebenarnya kamu bisa menghias kue dengan bunga segar lho mom & sis. Tak hanya membuat cake, cupcake, atau kukis buatanmu menjadi lebih indah, opsi menghias kue dengan bunga segar pun dapat menjadi pilihan yang baru dan beda buat kamu yang bosan dengan dekorasi yang begitu-begitu saja. Lalu hiasan bunga segar seperti apa saja ya yang bisa diterapkan dalam kue?

Ketahui jenis bunga yang bisa kamu pakai.

Mengetahui jenis bunga apa saja yang dapat digunakan menjadi hal utama yang perlu kamu perhatikan dalam urusan menghias kue. Meski semua bunga memiliki penampilan yang cantik, tak semua bunga juga dapat dipakai begitu saja lho. Gunakanlah hanya jenis bunga yang memang bisa dikonsumsi. Bunga-bunga seperti mawar, calendula alias bunga gumitir, nasturtium, hibiscus alias bunga sepatu, bunga violet, atau bunga matahari adalah sebagian contoh bunga yang bisa aman kamu gunakan saat mendekorasi kue.

pondan menghias kue dengan bunga segar
Cake dengan hiasan aneka bunga – [ via abeautifulmess.com ]
Pemilihan bunga yang tak boleh sembarangan ini tentu ada alasannya ya mom & sis. Bunga hortensia dan baby’s breath misalnya, tak boleh digunakan karena kedua bunga ini bersifat beracun. Meskipun kamu hanya bertujuan menggunakan bunga untuk keperluan dekorasi saja tanpa berniat hendak memakannya, membuat bunga bersentuhan dengan krim kue saja bisa membuat kue terkontaminasi dan berbahaya untuk dikonsumsi. 

 

BACA JUGA:

5 Ide Unik Menghias Cake. Mana Yang Menurutmu Paling Cantik?

Wajib Cicip! Crumb Cake Unik Khas 4 Negara di Dunia

Agar Mirip Buatan Kafe, Begini Caranya Membuat Souffle Pancake Yang Benar

 

 

Memilih dan menggunakan bunga untuk kue

Pilihlah bunga yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu saat hendak menghias kue. Untuk memilihnya, kamu bisa menentukannya berdasarkan karakteristik yang dimiliki bunga itu sendiri. Bunga mawar dan lavender misalnya, banyak disukai karena aromanya yang khas. Ada juga bunga dandelion muda yang memiliki rasa manis seperti madu, hibiscus alias bunga sepatu, yang memiliki cita rasa sedikit asam seperti jeruk, atau bunga pansy yang memiliki warna beragam dengan karakteristik rasa dan aroma yang cenderung tidak berasa dan tidak berbau. 

pondan menghias kue dengan bunga segar
Penggunaan bunga pansy pada kukis- [ via – freepik.com ]
Satu lagi yang perlu diperhatikan, belilah bunga yang bersifat organik atau yang memang dikhususkan untuk keperluan konsumsi, untuk menghindari adanya penggunaan bahan kimia seperti pestisida yang mungkin menempel pada bunga. Selain itu, sebelum digunakan, pangkas dan cuci bunga dengan air mengalir hingga bersih agar kotoran dan serangga yang menempel tidak ikut terbawa dan bunga tetap segar. Pastikan bungamu dikeringkan dengan baik setelah dicuci ya agar tidak ada air yang menetes membasahi kue.

 

Nah bagaimana mom & sis, cukup seru dan menarik untuk dicoba bukan? Semoga ulasan mengenai menghias kue dengan bunga segar di atas dapat menginspirasi kamu untuk berkarya di dapur ya. Untuk urusan membuat kue, jangan lupa serahkan semuanya pada Pondan! Karena tak hanya praktis, dengan Pondan kamu pun dijamin bisa membuat beragam kreasi kue enak tanpa ribet. Dapatkan beragam produk Pondan andalanmu melalui website, atau dengan membelinya melalui situs e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

 

 

Sumber:

thekitchn.com

abeautifulmess.com

sugarandsparrow.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *