Mousse Coklat Dengan Espresso

Mousse Coklat Dengan Espresso

Mousse Coklat Dengan Espresso | pondan.com – Chocolate mousse, atau mousse au chocolat sebagai orang Prancis menyebutnya, adalah salah satu resep dessert Prancis paling terkenal yang pernah ada dan telah ada selama berabad-abad. Hidangan penutup yang sederhana namun elegan adalah tambahan klasik di restoran dengan teman-teman dan mudah disiapkan. Bahkan, makanan penutup ini dapat disiapkan satu hari ke depan, yang menjadikannya pencuci mulut yang sempurna untuk menghibur. Lewatkan oven untuk pesta makan malam Anda berikutnya dan beri kejutan kepada tamu dengan kesenangan lapang yang dekaden ini. Anda tidak akan menyesal!

Mousse cokelat klasik hanya terdiri dari beberapa bahan utama, yaitu cokelat, telur, dan gula. Hari ini kami memberikan versi klasik itu sedikit tendangan dengan espresso yang baru diseduh, bubuk kopi dan sedikit rum. Espresso tidak hanya melengkapi rasa cokelat, tetapi juga mengintensifkan aroma cokelat. Ini adalah trik dapur yang digunakan para koki untuk memperdalam rasa cokelat dalam berbagai hidangan. Menggunakan espresso yang baru diseduh memberi mousse rasa kopi yang redup. Untuk benar-benar membawa aroma kopi ke dalam hidangan kami juga menggunakan bubuk kopi selain untuk meningkatkan rasa. Rum meracuni semua rasa bersama dan memberinya kehangatan halus.

Tambahan lain untuk mousse kami adalah krim Kocok, yang dikocok hingga bentuk puncak lembut dan dilipat ke dalam mousse. Ini memberikan mousse tekstur krim yang indah dan rasa dekaden. Lewatkan krim kocok yang dibeli di toko dan buat sendiri untuk rasa terbaik

Mousse Coklat Dengan Espresso

Tekstur

Kata mousse berarti busa dalam bahasa Prancis, yang menggambarkan tekstur yang seharusnya dimiliki chocolate mousse. Untuk mendapatkan tekstur yang ringan dan lapang, putih telur dikocok sampai kaku dan dimsukan ke dalam cokelat. Ini menciptakan gelembung udara di mousse, yang memberikan rasa dan tekstur khasnya. Karena cokelat mousse membutuhkan telur mentah, penting untuk menggunakan telur fresh dan organik.

Rasa mousse sangat tergantung pada cokelat yang Anda gunakan. Menggunakan cokelat berkualitas tinggi, atau bahkan couverture gelap diperlukan untuk menciptakan mousse yang lezat. Couverture adalah jenis cokelat khusus, yang mengandung persentase lemak lebih tinggi dan sebagai hasilnya menciptakan rasa lembut. Jika Anda tidak dapat menemukan couverture di toko bahan makanan terdekat, cukup gunakan coklat yang terbaik yang Anda punya. Jangan gunakan cokelat berkualitas rendah.

Langkah Kritis

Sementara mousse cokelat adalah makanan penutup yang mudah untuk disiapkan, ada beberapa poin penting yang perlu Anda ingat untuk mencegah terjadinya kesalahan.

  • Mengocok Putih Telur

Jika Anda pernah membuat meringue sebelumnya, Anda akan menyadari bagaimana susahnya mengocok putih telur yang pas. Jika bahkan ada sedikit sisa lemak di mangkuk Anda, itu tidak akan mengental. Untuk mencegah hal itu, simpan mangkuk dan mixer yang bersih dan bebas minyak saat mengocok putih telur. Jika Anda mendapatkan sedikit kuning telur ke dalam putih telur saat memisahkan telur, hati-hati mengambilnya dengan sendok. Jika itu tidak mungkin, mulailah dengan telur baru

  • Memasukan Coklat

Sangat penting untuk membiarkan cokelat Anda sedikit dingin sebelum menambahkannya ke campuran telur Anda. Jika cokelat Anda terlalu panas,itu bisa membuat terlur jadi matang yang menyebabkan campuran mengering. Di sisi lain, coklat yang terlalu dingin tidak akan melelehkan butiran gula dan mengemulsi dengan campuran telur, yang akan menyebabkan buntalan dan tidak merata. Untuk memastikan bahwa tidak ada yang terjadi, biarkan cokelat Anda sedikit dingin dan tambahkan ke dalam campuran telur selagi hangat.

  • Waktu Mendinginkan

Setelah Anda selesai membuat mousse, sangat penting untuk mendinginkannya setidaknya selama 6 jam. Mungkin Anda tergoda untuk memotong waktu itu, terutama jika ada tamu yang datang untuk makan malam. Tetapi apa pun yang Anda lakukan, jangan mempersingkat waktu. Mousse membutuhkan waktu untuk menguatkan dan mendapatkan tekstur yang indah. Jika Anda takut kehabisan waktu, cukup siapkan mousse satu hari ke depan.

Ingatlah langkah-langkah ini dan kocoklah beberapa mousse coklat yang lezat seperti seorang profesional

Mousse Chocolate  Dengan Espresso

  • Kursus : Makanan Penutup
  • Asal Masakan : French
  • Waktu Persiapan : 15 minutes
  • Waktu Masak : 30 minutes
  • Total Waktu : 45 minnutes
  • Porsi : 2

Bahan

Mousse Coklat Dengan Espresso

  • 150 g dark chocolate atau couverture* 5.3oz
  • 2 Telur
  • 3 Sendok Makan Gula Pasir
  • 1 Sendok Makan Bubuk Cocoa Tanpa Pemanis di ayak
  • 50 ml Espresso 4 Sendok Makan
  • 1 Sendok Teh bubuk kopi
  • 1 Sendok Teh rum
  • Sedkikit Garam
  • 200 ml heavy cream 6.7 fl. oz.

Petunjuk 

  1. Potong cokelat menjadi potongan kecil. (semakin kecil semakin cepat akan meleleh) Lelehkan diatas ketel ganda sampai halus, Aduk sesekali

  2. Pisahkan kuning telur dari putih telur dan dinginkan putih telur sampai dibutuhkan

  3. Dalam mangkuk sedang , kocok kuning telur dan gula hingga pucat dan halus dengan mixer tangan selama 2 menit

  4. Campurkan bubuk kopi dengan espresso dan rum sampai butiran kopi telah larut dan ditambahkan ke dalam campuran telur, Kemudian aduk dalam cocoa yang diayak.

  5. Kemudian tambahkan cokelat hangat dan aduk sampai rata.

  6. Dalam mangkuk bersih dan bebas lemak, kocok putih telur dingin bersama dengan sedikit garam sampai membentuk puncak yang mengkilap

  7. Dalam mangkuk terpisah, kocok whiped cream hingga bentuk kaku dan sisihkan

  8. Lipat perlahan putih telur kedalam campuran cokelat dengan spatula sampai halus. Lalu lipatkan ke dalam krim kocok.

  9. Tuangkan kedalam gelas yang diinginkan dan dinginkan setidaknya selama 6 jam atau semalaman. Opsional . Taburi dengan bubuk cokelat sebelum disajikan.

     

Catatan

*Hanya gunakan cokelat hitam berkualitas tinggi atau couverture gelap, Anda dapat menyiapkan Mousse cokelat disimpan hingga 3 hari di lemari es. Selain bubuk cokelat topping besar lainnya adalah krim kocok, cokelat atau taburan cokelat.

Mari Kita mulai!

Step 1- Memotong dan Mencairkan Cokelat

Mousse Coklat Dengan Espresso

Step 2- Pisahkan Telurnya

Mousse Coklat Dengan Espresso

Pisahkan kuning telur dari putih dan taruh putih telur ke dalam kulkas sampai dibutuhkan.

Step 3- Jadikan Dasarnya
Mousse Coklat Dengan Espresso

Dalam mangkuk sedang , cambuk kuning telur dan gula sampai pucat dan halus dengan mixer tangan selama 2 menit. Campurkan espresso ,bubuk kopi dan rum dan tambahkan ke dalam campuran telur. Kemudian aduk dalam cocoa yang diayak.

Step 4- Tambahkan Cokelat

Mousse Coklat Dengan Espresso

Selanjutnya tambahkan cokelat hangat ke dalam campuran telur dan aduk sampai tidak ada benjolan yang tersisa . Pastikan cokelat Anda tidak terlalu panas atau terlalu dingin sebelum menambahkan ke dalam campuran.

Step 5- Kocok Putih Telur dan Krim

Mousse Coklat Dengan Espresso

Dalam mangkuk bersih, bebas lemak, kocok putih telur dengan garam hingga bentuk puncak mengkilap yang kaku. Anda harus dapat memutar mangkuk di sekitar tanpa putih telur bergerak. Dalam mangkuk terpisah, kocok krim berat hingga bentuk puncak kaku

Step 6- Masukan Kedalam Cokelat

Mousse Coklat Dengan Espresso

Masukan perlahan putih telur ke dalam cokelat dengan spatula sampai halus. Lalu lipat ke dalam krim kocok.

Step 7- Dinginkan Mousse

Mousse Coklat Dengan Espresso

Tuang mousse ke dalam gelas yang diinginkan dan dinginkan setidaknya selama 6 jam. Opsional: Taburi dengan bubuk coklat atau tambahkan dekorasi pilihan. Suka resep Prancis? Cobalah ratatouille yang mudah ini atau Dauphinois gratin yang lembut ini, lalu lanjutkan dengan mousse espresso cokelat untuk menu Prancis yang lezat. Selamat makan!

 

sumber : https://www.jenreviews.com/chocolate-mousse/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *