Pancake Di Seluruh Belahan Dunia

Pancake Di Seluruh Belahan Dunia

Pancake Di Seluruh Belahan Dunia | Pondan.com – Apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata ‘pancake’? Jika kamu langsung membayangkan kue pipih warna kuning kecoklatan yang terbuat dari tepung, susu, dan telur berarti kamu membayangkan pancake klasik asal Amerika. Pancake sebenarnya ada di seluruh belahan dunia, tak hanya di Amerika. Hanya saja, pancake di negara lain hadir dalam bentuk, bahan-bahan, dan nama yang berbeda. Bagaimana tampilan pancake di negara lain, termasuk Indonesia? Simak poin-poin di bawah ini.

  • Pancake Di Seluruh Belahan Dunia Prancis – Crepes

Pancake Di Seluruh Belahan Dunia

Crepes terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung, susu, telur, dan sejumput garam. Adonannya yang cenderung cair membuat kue yang dihasilkan setipis kertas. Crepes terbagi menjadi dua jenis; crepes manis (crêpes sucrées) yang diisi buah-buahan, whipped cream, sirup atau coklat yang biasa disantap untuk sarapan dan makanan pencuci mulut dan crepe asin (crêpes salées) yang diisi daging, keju, telur, atau sayuran untuk makan malam.

  • Pancake Di Seluruh Belahan Dunia Maroko – M’Semen

Pancake Di Seluruh Belahan Dunia


M’semen adalah pancake ala Maroko yang berbentuk persegi dan kaya akan rasa. Terbuat dari adonan semolina yang dibentangkan sampai tipis, adonan diolesi mentega atau diisi isian manis seperti madu atau gurih seperti daging berbumbu. Adonan lalu dilipat berkali-kali layaknya proses pembuatan puff pastry kemudian digoreng atau dipanggang.

  • Pancake Di Seluruh Belahan Dunia Timur Tengah – Martabak

Pancake Di Seluruh Belahan Dunia


Martabak adalah jajanan klasik ini berasal dari Timur Tengah yang populer di Indonesia, Thailand, dan India. Namanya berasal dari bahasa Arab, yaitu ‘mutabbaq’ yang berarti ‘dilipat,’ mengacu pada cara memasaknya yang melipat adonan yang terisi isian di bagian tengahnya. Martabak terdiri dari dua macam; martabak asin dengan adonan yang tipis dan diisi kocokan telur, irisan daun bawang, potongan daging dan bumbu secukupnya dan martabak manis yang punya tekstur kue berongga dan diisi potongan coklat, keju, sampai kental manis.

  • Pancake Di Seluruh Belahan Dunia Indonesia – Serabi

Pancake Di Seluruh Belahan Dunia


Serabi adalah pancake versi Indonesia yang berwarna putih di permukaan dan kecoklatan di bagian bawah. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat serabi adalah tepung beras dan kelapa, baik dalam bentuk santan kental atau yang diparut. Serabi dimasak di panci gerabah kecil dan menggunakan api arang. Serabi tradisional biasa disajikan dengan polos, ditambah bubuk oncom atau gula merah cair. Tapi seiring perkembangan waktu, serabi kini diberi bahan-bahan manis, seperti taburan coklat, parutan keju, telur, dan lainnya.

  • Pancake Di Seluruh Belahan Dunia Tiongkok – Bing

Pancake Di Seluruh Belahan Dunia


Pancake cukup populer di Tiongkok dan jenis yang paling terkenal adalah bing. Terbuat dari gandum, adonan bing dibentuk setipis mungkin, diberi isian bebek dan daun bawang  lalu digulung. Ada juga bing yang adonannya tebal dan diberi isian telur atau daging. Kedua jenis bing ini sama-sama digoreng di atas wajan rata. Di Taiwan, bing disantap untuk sarapan dan dicelupkan ke susu kedelai yang hangat.

  • Pancake Di Seluruh Belahan Dunia Korea Selatan – Hotteok

Pancake Di Seluruh Belahan Dunia


Hotteok adalah makanan kaki lima yang populer saat musim dingin di Korea musim dingin. Terbuat dari adonan berbahan dasar gula dan beragi yang seperti roti, hotteok diberi isian manis seperti sirup, karamel, atau madu. Isian lain seperti kacang juga kadang ditambahkan. Kue yang sudah diisi kemudian ditutup dan dipipihkan, kemudian dipanggang  sampai kedua sisinya kecoklatan.

  • Pancake Di Seluruh Belahan Dunia Jepang – Okonomiyaki

Pancake Di Seluruh Belahan Dunia


Nama Okonomiyaki berasal dari kata ‘okonomi’ yang berarti ‘apa yang Anda inginkan’ dan ‘yaki’ yang berarti ‘panggang’. Dan itulah konsep di balik pancake Jepang ini: adonan serbaguna, ditambah parutan kol dan bahan-bahan lain sesuai keinginan, dari gurita, cumi-cumi sampai keju. Adonan kemudian digoreng atau dipanggang dan diberi serpihan nori dan acar jahe.

  • Pancake Di Seluruh Belahan Dunia Meksiko – Tortilla

Pancake Di Seluruh Belahan Dunia


Tortilla Meksiko sudah dianggap sebagai makanan pokok sehingga banyak orang yang lupa bahkan tidak tahu bahwa makanan ini termasuk kategori pancake. Bentuknya yang tipis dan fleksibel sudah sering digunakan di hidangan seperti taco. Tortilla klasik dibuat dari jagung yang melalui proses nixtamalization yaitu proses tepung tepung jagung direndam dan dimasak dengan larutan alkalin, seperti air limau.

Apapun bentuk atau nama pancake yang kamu nikmati, jangan lupa untuk mencoba tepung pancake siap pakai dari Pondan. Tinggal tambahkan mentega, telur, dan air, kamu akan mendapatkan 6 pancake lembut. Pancake Pondan hadir dalam dua kemasan; box dan pouch. Keduanya bisa ditemukan di supermarket terdekat dan e-commerce kesayanganmu. Yuk, buat pancake dengan Pondan!

Sumber:

https://www.seriouseats.com/2015/05/pancakes-around-the-world.html

https://www.telegraph.co.uk/food-and-drink/features/pancakes-around-the-world/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *