Pancake vs Waffle,Mana Yang Lebih Enak?

Pancake vs Waffle

Pancake vs Waffle

Pancake vs Waffle | pondan.com – Pancake dan waffle adalah makanan yang sering disantap untuk sarapan ataupun makanan malam karena rasanya yang manis atau gurih sekaligus mengenyangkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak banyak dan proses memasaknya tidak lama. Pancake dan waffle memiliki banyak persamaan lain yang membuat pendapat publik terpecah menjadi dua, satu yang lebih menyukai pancake dan lainnya lebih memihak ke waffle. Jika dilihat dari segi bahan, ciri khas seperti tekstur, dan hal lainnya, kira-kira makanan mana yang lebih baik?

Sejarah Pancake vs Waffle

Pancake vs Waffle

Menurut sejarang, pancake ditemukan pertama kali pada tahun 1430-an. Tapi peneliti percaya pancake lebih tua dari itu, hanya hadir dalam bentuk yang berbeda. Sedangkan wajan khusus waffle baru dipatenkan pada tahun 1869.


Proses Memasak Pancake vs Waffle

Pancake vs Waffle

Memasak pancake terbilang agak kompleks. Di atas wajan rata dengan panas yang tepat, tuangkan sesendok adonan dan tunggu sampai satu sisi matang baru dibalikkan. Kamu butuh beberapa kali percobaan agar mendapat pancake yang sempurna. Hal ini berbeda dengan proses memasak waffle. Untuk membuat kotak-kotaknya yang ciri khas, waffle harus dimasak di wajan khusus. Begitu adonan dituang, kamu cukup menutup tutup wajan dan menunggu sampai wafflenya matang.

 

Bentuk Pancake vs Waffle

Pancake vs Waffle

Pancake kini bisa dibentuk menjadi apa saja. Karakter Disney, wajah dirimu, dan bentuk-bentuk lainnya yang menarik. Kamu hanya perlu botol dengan tutup lancip dan bakat menggambar. Tapi tidak demikian dengan waffle. Jika ingin membentuk waffle menjadi karakter, kamu membutuhkan wajan lain dan akan hanya menghasilkan satu bentuk saja.

Tekstur Pancake vs Waffle

Pancake vs Waffle

Pancake memiliki tekstur yang rata, empuk, dan halus. Ketika diberi topping basah seperti sirup atau es krim, pancake perlahan menyerap semuanya sehingga teksturnya melunak dan lembab  Hal ini sangat berbeda dengan waffle yang renyah dan berbentuk kotak-kotak kecil. Tekstur waffle tidak berubah banyak bahkan jika diberi topping basah. Kotak-kotak kecilnya juga mampu menampung topping, basah ataupun kering seperti potongan buah dan cacahan kacang.

Rasa Pancake vs Waffle

Pancake vs Waffle

Pancake dan waffle yang polos memiliki rasa yang mirip, sedikit manis, gurih, dan seperti roti. Tapi adonan waffle memiliki mentega dan gula yang lebih banyak dan membentuk karamel saat dimasak. Sehingga rasanya lebih gurih, tanpa topping sekalipun. Berbeda dengan pancake yang terasa agak tawar tanpa topping.

Keserbagunaan Pancake vs Waffle

Pancake vs Waffle

Melihat resep adonannya, kamu akan menyadari bahwa pancake itu bisa dimodifikasi menjadi berbagai bentuk dengan topping yang variatif. Setiap negara bahkan punya pancake khas masing-masing, seperti Okonomiyaki dari Jepang, Crepe dari Prancis, dan Serabi dari Indonesia. Berbeda dengan waffle yang hanya memiliki satu bentuk. Karena jika tidak kotak-kotak, orang tidak akan melihatnya sebagai waffle.

Kesehatan dan Nutrisi Pancake vs Waffle

Pancake vs Waffle

Jika dibandingkan 1:1, pancake memiliki kalori yang lebih rendah dari waffle. Waffle juga memiliki kandungan kolesterol yang lebih tinggi. Hasilnya tentu akan berbeda jika kamu memakan beberapa buah dan diberi berbagai topping seperti sirup, whipped cream, dan buah-buahan.

Jadi kamu pilih pancake atau waffle? Jika pilih pancake, jangan lupa untuk mencoba tepung pancake siap pakai dari Pondan. Tinggal tambahkan mentega, telur, dan air, kamu akan mendapatkan 6 pancake lembut. Pancake Pondan hadir dalam dua kemasan; box dan pouch. Keduanya bisa ditemukan di supermarket terdekat dan e-commerce kesayanganmu. Yuk, buat pancake dengan Pondan!

Pancake vs Waffle Pancake vs Waffle

BELI SEKARANG

 

Pancake vs WafflePancake vs Waffle

Pancake vs Waffle

 

 

 

Sumber:

https://www.chowhound.com/food-news/197571/pancakes-vs-waffles-which-wins-the-great-breakfast-food-fight/

https://thebreakfastshoppe.com/pancakes-vs-waffles/

http://thewafflewizards.com/waffles-vs-pancakes/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *