Baking Powder dan Baking Soda, Apa Bedanya?

Mom & sis pasti sering mendengar istilah baking powder dan baking soda dalam dunia membuat kue. Dua bahan pengembang ini memang cukup penting kegunaannya, salah satunya dalam urusan membuat kue di dapur. Meski mirip, baik dari segi nama maupun penampakannya, nyatanya keduanya cukup berbeda satu sama lain. Agar tak keliru saat hendak menggunakan salah satunya, kita simak aja yuk pembahasan mengenai baking powder dan baking soda berikut ini!

Baking Soda vs. Baking Powder

Baking soda, yang juga dikenal dengan nama soda kue, adalah bahan pengembang yang dapat digunakan dalam pembuatan kue dengan bahan dasar zat kimia bernama sodium bikarbonat. Baking soda dapat diaktifkan dengan cara mencampurnya dengan bahan lain yang bersifat asam, yang mana nantinya akan menghasilkan karbon dioksida pada adonan dan menghasilkan kue yang memiliki bertekstur ringan, empuk serta mengembang.

pondan perbedaan baking soda baking powder
Baking Soda – [ via freepik.com ]
Sementara untuk baking powder, merupakan bahan pengembang yang memiliki komposisi yang komplit karena terdiri dari sodium bikarbonat yang telah dicampur dengan bahan asam. Dengan kata lain, baking powder adalah versi lebih praktis dan siap guna karena tak perlu lagi menambahkan bahan asam saat hendak digunakan. 

 

Penggunaan antara Baking Soda dan Baking Powder.

Karena membutuhkan zat asam untuk mengaktifkan senyawanya, baking soda cocok untuk digunakan pada resep yang juga menambahkan bahan-bahan yang bersifat asam seperti jus lemon/jeruk, cream of tartar, atau buttermilk. Sementara untuk baking powder, cenderung digunakan pada semua resep yang tidak menggunakan bahan asam di dalam adonannya mengingat bahan asam telah terkandung sekaligus dalam bubuk bahan pengembangnya. 

 

BACA JUGA:

Bikin Ice Cream Sandwich Kamu Seperti Ini Yuk!

Kukis Bunga, Kreasi Hidangan Kue Kering Yang Unik Nan Cantik

Agar Mirip Buatan Kafe, Begini Caranya Membuat Souffle Pancake Yang Benar

 

Mengganti penggunaan baking soda dengan baking powder memang dapat dilakukan dan tidak memerlukan tambahan bahan apapun. Hanya saja baking soda memiliki kemampuan mengembangkan yang lebih kuat, sehingga kamu perlu menambahkan baking powder sekitar 3 kali lipat lebih banyak sedangkan penggunaan baking powder yang terlalu banyak dapat meninggalkan rasa pahit pada kue. 

pondan perbedaan baking soda baking powder
Muffin, salah satu jenis kue yang menggunakan baking powder sebagai bahan pengembang – [ freepik.com ]
Sementara bila kamu menggunakan baking soda untuk menggantikan baking powder, kamu harus menambahkan bahan asam seperti cream of tartar atau jus lemon untuk membuatnya bereaksi. Penambahan bahan asam ini pun tentu harus disertai dengan takaran yang tepat agar tidak membuat adonan menjadi terlalu asam. Penakaran baking soda juga harus tepat karena sifatnya yang lebih kuat dibandingkan dengan baking powder. sebagai perbandingan, sekitar 1sdt baking powder setara dengan ¼ sdt baking soda.

 

Baik antara baking powder dan baking soda, diperlukan takaran yang tepat dan betul-betul presisi dalam penggunaannya agar hasil kue nikmat dan terasa enak. Tidak ingin direpotkan dengan urusan takar menakar bahan pengembang seperti di atas? Pondan punya solusi seru buatmu! Cukup gunakan tepung premiks kue dari Pondan yang praktis dan mudah cara pembuatannya, kamu bisa membuat kue apapun yang kamu mau dengan hasil sempurna lho. Tanpa perlu repot, kue buatanmu pastinya dijamin enak dan anti gagal! Segera temukan aneka produk Pondan pilihanmu melalui website, atau membelinya melalui situs e-commerce kesayanganmu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

Sumber:

healthline.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *