Perbedaan Cupcake dan Muffin

The Differences between Cupcake and Muffins

Perbedaan Cupcake dan Muffin

Perbedaan Cupcake dan Muffin | pondan.com – Bayangkan kamu masuk ke sebuah toko roti sederhana yang tak jauh dari rumahmu. Di balik lemari yang dilengkapi dengan kaca bening, terlihat dua kelompok kue bundar yang menggugah selera. Keduanya mempunyai bentuk yang tak jauh berbeda, hanya saja salah satunya dilengkapi dengan frosting/hiasan krim. Kue dengan hiasan itu bernama cupcake dan satunya lagi bernama muffin. Apakah kue bundar yang diberi frosting pasti cupcake dan yang tidak berarti muffin? Apakah muffin yang diberi krim di atasnya bisa disebut cupcake? Tidak semudah itu. Cupcake dan muffin adalah dua makanan yang berbeda. Apa saja perbedaannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

perbedaan cupcake dan muffin

Bahan-bahan (Perbedaan Cupcake dan Muffin)

perbedaan cupcake dan muffin

Pada dasarnya, cupcake adalah versi kecil dari cake. Sehingga bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cupcake tidak berbeda dengan cake pada umumnya. Menggunakan tepung terigu dan mentega, tekstur cupcake ringan sekaligus lembut. Berbeda dengan muffin yang menggunakan tepung serbaguna dan minyak nabati, sehingga ekstur muffin pun jadi lebih padat.

 

Proses pembuatan (Perbedaan Cupcake dan Muffin)

perbedaan cupcake dan muffin

Cupcake dan muffin mempunyai langkah yang berbeda dalam proses pembuatan adonannya. Bahan-bahan cupcake dibagi menjadi dua terlebih dahulu, kering dan basah, sebelum akhirnya dicampur menjadi satu. Sedangkan bahan-bahan muffin bisa langsung dimasukan ke wadah yang sama dan diaduk sampai rata.

 Rasa (Perbedaan Cupcake dan Muffin)

perbedaan cupcake dan muffin

Cupcake punya rasa manis apalagi jika dihias dengan krim di bagian atas atau dalamnya. Tapi cupcake tidak tersedia dalam rasa gurih atau asin. Berbeda dengan muffin yang hadir dengan dua rasa tersebut. Muffin biasanya diisi potongan buah, biji-bijian, dan makanan bernutrisi lainnya. Maka muffin bisa disantap sebagai sarapan dan dinilai lebih sehat daripada cupcake.

Nah, itu dia perbedaan antara cupcake dan muffin. Walaupun terlihat serupa, kedua kue ini ternyata sangat berbeda. Mau membuat cupcake atau muffin sendiri di rumah? Gunakan tepung siap pakai dari Pondan. Tersedia dalam dua rasa, vanilla dan coklat dan bisa ditambahkan bahan-bahan lain sesuai selera. Dapatkan produk Pondan di supermarket terdekat atau e-commerce seperti Tokopedia, BukaLapak, dan Shopee. Yuk, berkreasi dengan Pondan!

perbedaan cupcake dan muffin

BELI SEKARANG

 

Sumber:

https://spoonuniversity.com/lifestyle/cupcake-different-from-muffin-facts

https://www.thekitchn.com/whats-the-difference-cupcake-v-113056

http://eugeniekitchen.com/cupcakes-vs-muffins/

https://www.tastemade.com/articles/food-fight-cupcakes-vs-muffins

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *