Sejarah Muffin

sejarah muffin

Sejarah Muffin | Pondan.com – Muffin adalah roti kecil berbentuk bundar dengan rasa manis dan paling enak disajikan hangat. Kata muffin berasal dari kata ‘moufflet’ yang merupakan bahasa Perancis. Kata tersebut sering dipakai untuk roti dan makanan lembut lain yang dipanggang. Namun, sebenarnya asal muasal muffin bukanlah dari Prancis. Muffin sebenarnya adalah makanan khas Inggris dan Amerika.

Sejarah Muffin
Salah satu fakta menarik tentang muffin adalah ada dua tipe muffin: muffin ala Inggris dan muffin ala Amerika. Kedua jenis muffin bervariasi dari segi rasa dan sejarahnya.

Muffin ala Inggris

sejarah muffin

Muffin Inggris memiliki bentuk datar dan bagian dalam yang berongga. Muffin ala Inggris ditemukan oleh penduduk Welsh pada abad ke-10. Di abad pertengahan, adonan muffin dimasak dalam cetakan khusus berbentuk cincin yang ditempatkan langsung di atas kompor atau wajan.

 

Resep muffin Inggris mulai muncul media cetak pada awal abad ke 19. Di zaman Victoria, pemuda menjual muffin dengan gerobak khusus di jalanan dan membunyikan lonceng untuk menarik pembeli. Orang-orang akan bergegas membeli muffin dan menyantapnya saat sesi minum teh di sore hari. Kebiasaan tersebut menjadi inspirasi lagu Inggris berjudul ‘Here Comes the Muffin Man’.

 

Muffin ala Amerika

sejarah muffin


Muffin ala Amerika lebih mirip seperti roti yang dimasak di loyang khusus muffin. Loyang muffin diperlukan karena roti muffin terbuat dari adonan encer seperti adonan pancake, bukan adonan padat untuk roti. Sampai akhir abad ke 18, adonan muffin menggunakan ragi kimia, yaitu pearlash yang menghasilkan karbon dioksida dalam adonan. Setelah itu baking powder digunakan untuk mengembangkan adonan, sampai sekarang.

Di Amerika Serikat, ada tiga negara bagian yang memiliki muffin resmi. Minnesota memilih muffin blueberry, Massachusetts memilih muffin jagung, dan New York memilih muffin apel.’

sejarah muffin

sejarah muffin

sejarah muffin

 

Ingin membuat muffin untuk sarapan atau cemila sore hari tanpa ribet? Pakai tepung siap pakai dari Pondan aja! Cara membuatnya gampang dan dijamin anti gagal. Pondan Muffin tersedia dalam dua rasa, vanila dan coklat. Dapatkan Pondan Muffin di supermarket terdekat atau lewat e-commerce Tokopedia, Shoppe, Lazada, dan BukaLapak.

BELI SEKARANG

Sumber:

https://deliciousmuffinsforall.wordpress.com/2013/12/28/surprising-facts-about-muffins/
http://www.foodreference.com/html/artmuffinhistory.html

https://www.world-foodhistory.com/2007/04/history-of-muffin.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *