Sejarah Puding dari Masa ke Masa

sejarah puding

Sejarah Puding | Pondan.com – Mom dan sis tahu tidak, puding pada zaman dulu bukanlah makanan penutup yang manis, melainkan makanan gurih yang berisi daging. Lalu kenapa kini puding lebih identik dengan rasa manis dan segar? Bagaimana sejarahnya? Yuk, simak perkembangan puding dari abad ke abad di bawah ini.

  • Sejarah Puding di Abad Pertengahan

Sejarah Puding

gambar : envato.com

Pada Abad Pertengahan, masyarakat kaya memilih buah-buahan yang diawetkan, jelly, dan wafer sebagai makanan penutup. Saat itu bangsa Romawi sudah tahu fungsi telur yang dapat membuat puding. Namun pada masa ini, puding lebih identik pada makanan yang berbasis daging. Bahkan sebelum dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut di abad ke 19, puding beras dianggap sebagai obat yang manjur untuk penyakit pencernaan.

  • Sejarah Puding Hidangan Natal Keluarga Tudor

Sejarah Puding

gambar : envato.com

Pada hari Natal, Keluarga Tudor memiliki tradisi untuk menyajikan pai daging yang memiliki 13 bahan untuk mewakili Tuhan. Selain itu Tudor menyantap puding Natal yang berbentuk sosis dan berisi daging, oatmeal dan rempah-rempah. Puding roti dan mentega juga menjadi hidangan umum di abad ke-17.

  • Sejarah Puding Makanan Penutup Modern

Sejarah Puding

gambar : envato.com

Selama berabad-abad, puding lebih identik dengan makanan berbasis daging. Baru pada abad ke-19, puding akhirnya hadir dalam bentuk makanan manis. Apalagi dengan Revolusi Industri, produksi kue dan jelly mulai berkembang. Pada tahun 1837, Alfred Bird menemukan bubuk custard.

Berbagai makanan pencuci mulut baru ditemukan pada abad ini. Seperti Bakewell tart yang lebih dikenal puding Bakewell. Puding ini tercipta oleh sebuah kecelakaan tak disengaja pada 1859. Namun puding-puding yang serupa muncul lebih dulu pada abad ke-16 di daerah tersebut dan membuat orang-orang meragukan cerita ‘kecelakaan’ tersebut. Puding Roly Poly, Spotted Dick, Peach Melba juga ditemukan pada akhir abad ke-19.

Begitulah cerita singkat mengenai perkembangan puding dari abad ke abad. Jadi jangan heran jika melihat makanan gurih berbasis daging yang diberi nama puding. Jika menginginkan puding yang manis dan segar, mom dan sis bisa pilih puding mix dari Pondan. Cara memasaknya cukup dididihkan atau diberi air panas dan sudah dilengkapi dengan saus vla. Tersedia dalam rasa vanila, coklat, mangga, dan strawberry yang pasti disukai keluarga mom dan sis!

BELI SEKARANG

sejarah puding

Sumber:

http://www.localhistories.org/desserts.html

https://britishfoodhistory.com/2011/11/15/what-is-a-pudding/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *