Siapa Yang Pertama Kali Menciptakan Tiramisu?

 

Tiramisu | Pondan.comButuh makanan manis untuk menemani acara ngumpul bersama teman-teman? Bisa pilih makanan penutup yang manis dan ringan, seperti tiramisu. Namun, kamu tahu tidak kapan dan bagaimana kue ini tercipta? Yuk, simak sejarah singkatnya di bawah ini.

Dari Italia

Tiramisu dalam bahasa Italia berarti ‘pick me up’ atau ‘jemput aku’. Makanan penutup ini juga dikenal dengan nama Tuscan Trifle. Bentuknya seperti puding yang biasanya terdiri dari kue bolu atau ladyfingers yang dicelupkan ke dalam minuman kopi, krim keju yang kaya dan ditutup dengan bubuk kakao.

Kue ini awalnya dibuat sebagai custard. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, keju mascarpone lebih banyak dipakai dan lebih populer.

Dari Rasa Sehari-Hari

Menurut artikel The Trail of Tiramisu oleh Jane Black yang terbit di koran Washington Post pada 11 Juli 2007, kudapan yang kita nikmati zaman sekarang berasal dari resep yang dibuat di sebuah restoran di Treviso, Venesia, yang bernama Le Beccherie.

Pada tahun 1970an, Carminantonio Iannaccone, sang pencipta resep, dilatih sebagai koki kue kering di kota selatan Avellino. Dia kemudian pindah ke Milan untuk mencari pekerjaan pada usia 12 tahun.

Pada tahun 1969 dia menikah dengan Bruna dan membuka sebuah restoran yang bernama Piedigrotta di Treviso. Dia membuat makanan penutup berdasarkan ‘rasa sehari-hari di wilayah ini’ yang identik dengan kopi kental, krim mascarpone, telur, Marsala, dan kue ladyfinger. Lannaccone butuh waktu dua tahun untuk menyempurnakan resep tiramisu, yang pada awalnya disajikan sebagai kue.

Makanan penutup tersebut menjadi hit dalam sekejap. Banyak koki datang untuk mencicipinya. Ada yang segera membuat kue versi mereka sendiri atau membeli buatan Lannaccone. Pada awal tahun 80-an, kue ciptaan Lannaccone bisa ditemukan di seluruh Italia dan sekitarnya.

Sejarah Versi Lain

Di buku karya Anna Maria Volpi yang berjudul Seni Abadi dari Masakan Italia mengungkapkan bahwa resep tertua tiramisu ditemukan di buku karya Giovanni Capnist I Dolci del Veneto (The Desserts of Veneto). Edisi pertama diterbitkan pada tahun 1983 dan memuat resep klasik.

Asal usul hidangan penutup ini juga ditemukan di buku karya Fernando e Tina Raris La Marca Gastronomica yang diterbitkan pada tahun 1998, sebuah buku yang sepenuhnya didedikasikan untuk masakan dari kota Treviso. Buku itu mengungkapkan bahwa sajian manis tersebut lahir baru-baru ini, hanya 10 tahun yang lalu di kota Treviso. Muncul untuk pertama kalinya di restoran Le Beccherie.

Sejarah makanan, terutama yang sangat terkenal, punya banyak versi dan sedikit membingungkan. Daripada bingung memikirkannya, mendingan mom dan sis membuat tiramisu sendiri di rumah. Apalagi Pondan sudah menyediakan tepung siap pakai untuk Tiramisu panggang ataupun kukus. Gampang dan dijamin gak bakal gagal. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

Sumber:

https://whatscookingamerica.net/History/Cakes/Tiramisu.htm

https://www.delallo.com/blog/tiramisu-italys-pick-me-up-dessert/

https://en.wikipedia.org/wiki/Tiramisu

http://www.sallybernstein.com/food/single-articles/tiramisu.htm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *