Teknik Memasak Au Bain Marie

Apa Itu Au Bain Marie?

Pondan.comBagi mom & sis yang sudah berpengalaman atau pemula di dunia baking, mungkin pernah mendengar teknik memasak yang bernama Au Bain Marie. Au Bain Marie adalah kata dalam bahasa Perancis yang mana secara harfiah berarti boiling-water bath alias mandi air mendidih. Tidak jelas mengenai dari mana teknik memasak Au Bain Marie awalnya berasal, namun diyakini bahwa teknik ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli kimiawan di Eropa pada abad pertengahan silam.

Mirip teknik mengukus, Au Bain Marie juga memanfaatkan panas dari uap air. Au Bain Marie biasanya digunakan untuk memasak atau menghangatkan makanan secara perlahan, menghindari panas langsung dari api. Tujuannya adalah agar hasil masakan pada saat matang nantinya tidak banyak kehilangan kandungan airnya dan tetap lembab.

Penggunaan Au Bain Marie

Penggunaan teknik memasak Au Bain Marie bertujuan untuk menghasilkan makanan dengan tekstur lembut tidak kering. Masakan berbahan banyak telur dan susu biasanya paling cocok menggunakan teknik ini. Dalam dunia Patisserie, Au Bain Marie biasa digunakan dalam pembuatan makanan yang berbahan halus seperti custard, creme brulee, atau cheesecake. Teknik ini juga paling cocok digunakan untuk melelehkan coklat, atau bahan bahan lainnya yang butuh dilelehkan secara perlahan.

Au Bain Marie di atas kompor

Tak hanya untuk urusan membuat kue, Au Bain Marie juga umum digunakan dalam urusan memasak hidangan berat. Masakan seperti sup krim, mashed potato, atau saus-saus berbahan rumit seperti saus Hollandaise juga menggunakan teknik ini. Penggunaan Au Bain Marie pada masakan-masakan di atas tak hanya bertujuan untuk mematangkan masakan secara perlahan, namun juga agar bahan-bahan di dalamnya tercampur dengan baik tanpa membuatnya menggumpal.

Cara menggunakan teknik au bain marie

Ada 2 cara yang bisa mom & sis gunakan pada saat melakukan teknik Au Bain Marie, yakni penggunaan di atas kompor dan di dalam oven. Untuk penggunaan di atas kompor, mom & sis cukup mendidihkan air di atas panci lalu meletakan mangkuk besar tahan panas di atasnya. Pasang apinya pada pengaturan sedang saja agar mangkuk tidak meletup-letup terkena uap. Metode dengan mangkuk di atas panci ini cocok buat kamu yang ingin melelehkan coklat atau mengentalkan saus.

Au Bain Marie di dalam oven

Nah, untuk mom & sis yang ingin membuat creme brulee atau cheesecake, bisa menggunakan teknik ini di dalam oven ya. Caranya, siapkan loyang lebar atau pinggan tahan panas berukuran lebar di dalam oven, lalu isi dengan air sampai setengah tinggi loyang/pinggan. Kemudian, letakan loyang/ramekin berisi adonan yang hendak kamu masak ke atas loyang berisi air tadi sebelum kemudian dipanggang seperti biasa sesuai resep yang kamu hendaki.

Wah, lumayan rumit juga ya? Semoga penjelasan mengenai Au Bain Marie di atas bermanfaat ya buat mom & sis. Nah, buat kamu yang ingin berkreasi kue lezat tapi gak mau bersusah-susah di dapur bisa menggunakan produk-produk andalan dari Pondan ya! Tak hanya praktis, langkah-langkah pembuatan setiap produk Pondan juga sangat mudah untuk kamu ikuti. Kamu bisa berkreasi dengan hasil enak dan tanpa ribet! Kamu bisa dapetin produk-produk Pondan pilihanmu di website Pondan atau dengan mengunjungi e-commerce kesayangan kamu. Yuk, berkreasi bersama Pondan!

brownies vla alpukat

Beli Sekarang

Sumber:

www.thespruceeats.com

www.artimondo.co.uk

www.biggerbolderbaking.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *