Tips Agar Kue Mangkok Mekar Dengan Sempurna

pondan.comKue mangkok adalah salah satu jajanan tradisional yang tak lekang oleh waktu. Hingga saat ini, kue mangkok masih menjadi primadona saat acara kumpul keluarga, arisan, reuni bersama teman-teman, sambil menikmati segelas teh atau kopi. Teksturnya yang empuk dan halus, serta rasanya yang manis menjadi alasan kenapa kue ini masih digemari semua kalangan.

Membuat kue mangkok sendiri sebenarnya tidak sulit. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain tepung beras, santan, air, tepung terigu, gula pasir, ragi instan, garam, daun pandan, dan pewarna makanan. Meski kelihatannya mudah, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar kue mangkok bisa mekar sempurna ditambah tampilan kuenya yang berwarna-warni akan membuatnya semakin cantik dan menggugah selera.

Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini supaya kue mangkok buatan Anda bisa mekar dengan sempurna.

  • Gunakan Ragi Instan/ Tape Singkong

Ini dia rahasia yang membuat kue mangkok mengembang. Gunakan ragi instan atau tape singkong ke dalam adonan kue supaya hasilnya mekar dengan sempurna. Perhatikan tanggal kadaluarsa ragi, jangan menggunakan ragi yang sudah melewati batas tanggal kadaluarsa. Jika tak ada ragi, Anda bisa menggantinya dengan tape singkong yang matang untuk mempermudah proses fermentasi.

  • Perhatikan Waktu Fermentasi

Tips selanjutnya, jangan lupa untuk menyimpan adonan di tempat hangat agar hasilnya mengembang dengan sempurna. Jika adonan belum juga mengembang tetapi waktu fermentasinya sudah habis, maka Anda harus menambahkan sedikit waktu lagi sampai mekar. Atau bisa jadi penyebabnya karena tempat menyimpan adonan kurang panas atau kualitas ragi tidak bagus.

  • Pakai Cetakan Keramik/Porselen

Selain itu, Anda bisa menggunakan cetakan kue dari keramik atau porselen yang bahannya dapat menghantarkan panas yang merata. Hindari mengoleskan minyak pada cetakan karena akan menghambat proses mekarnya kue.

  • Jangan Membuka Tutup Kukusan

Tips untuk mengukus kue mangkok yaitu tidak membuka tutup dandang atau kukusan, karena hal ini dapat menyebabkan udara luar masuk ke dalam dan akhirnya panasnya tidak merata. Anda harus sabar menunggu sampai kue matang, barulah setelah itu bisa membuka kukusan. Tips tambahan lainnya, bungkus tutup kukusan menggunakan kain serbet yang bersih supaya uap tidak menetes ke dalam adonan pada saat mengukus. Tetesan air yang berasal dari uap bisa menghambat proses mekarnya kue.

  • Mengeluarkan Kue Dari Cetakan Setelah Dingin

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah proses mengeluarkan kue dari cetakan. Anda harus menunggunya sampai dingin. Setelah itu, kue boleh dikeluarkan dari cetakan. Anda bisa merendam cetakan berisi kue di atas wadah berisi air supaya cepat dingin. Hal ini juga bisa membantu kue jadi mudah dikeluarkan. Untuk menjaga teksturnya agar tidak cepat kering, simpan kue di dalam wadah dan kedap udara.

Demikianlah tips membuat kue mangkok agar matang dan mekar dengan sempurna. Tertarik mencoba membuatnya sendiri di rumah ? Gunakan Pondan Kue Mangkok agar menghasilkan kue mangkok berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.