Kue Nastar Lembut dan Lumer

Kue Nastar

Kue Nastar | Pondan.com – Siapa sih yang tidak suka nastar? Kue kering dengan isi selai nanas ini adalah camilan kesukaan keluarga Indonesia, terutama di hari-hari besar seperti lebaran. Rasanya yang lembut dan lumer membuat kue nastar cepat ludes, berbeda jauh dengan proses pembuatannya yang cukup lama. Belum lagi kalau kuenya malah keras, selai nanasnya keluar-keluar, dan kuenya tidak lembut atau lumer sama sekali. Jangan khawatir, ada tips dan trik yang bisa kamu ikuti agar nastarmu bisa lembut dan lumer di mulut.

Kue Nastar

Buat Selai Nanas Sendiri

Kue Nastar

Sebaiknya bikin selai nanas sendiri sehingga konsistensi dan rasanya bisa diatur dengan tepat. Tekstur selai botolan di supermarket cenderung encer dan rasanya terlalu manis. Padahal, nastar lebih cocok dengan selai nanas yang manis sekaligus asam dengan konsistensi agak pekat.

Pilih Mentega Berkualitas


Kue Nastar

Mentega ini berperan penting untuk rasa dan tekstur nastar. Kalau pilih mentega yang biasa saja, rasa dan kualitas nastarnya pun akan biasa saja. Maka dari itu, pilihlah mentega berkualitas walaupun harganya agak mahal.

Kombinasikan Mentega dan Margarin

Kue Nastar

Kombinasikan mentega dan margarin dengan perbandingan 1:2. Misalnya mentega yang dipakai adalah 50 gram, maka margarin yang diperlukan adalah 100 gram. Kombinasi ini akan menghasilkan nastar yang renyah sekaligus lumer di mulut.

Jangan sering memegang adonan

Kue Nastar


Suhu tangan dapat melelehkan mentega dalam adonan. Kontak yang terlalu sering antara tangan dan adonan akan membuat kue kering terasa keras nantinya. Untuk meminimalisir sentuhan tangan pada adonan, aduk adonan secukupnya saja atau gunakan spatula.

Bentuk selai nanas jadi bola-bola kecil

Kue Nastar


Jika memasukan terlalu banyak selai nanas, nastar akan lengket dan terasa terlalu kenyal. Oleh karena itu, pastikan takaran selai nanas lebih sedikit dari adonan kue. Cara gampangnya, bulatkan selai nanas menjadi bola-bola kecil terlebih dahulu. Trik ini juga akan mempercepat proses pengisian adonan kue.

Memanggang dengan suhu pas

Kue Nastar


Suhu yang tinggi memang akan membuat kue matang dengan cepat. Tapi kue yang dihasilkan berisiko retak dan kering. Maka dari itu, atur oven di suhu yang sesuai dengan tipe masakan. 150-160 derajat celcius sudah cukup pas untuk memanggang kue kering seperti nastar.

Selain mengikuti tips dan trik di atas, pastikan kamu selalu mengikuti instruksi di resep dan berlatih terus agar nastar yang dihasilkan bisa lembut dan lumer. Atau kamu bisa mencoba Pondan Tepung Kue Nastar Siap Pakai yang praktis dan bisa menghasilkan ± 2 toples kue Nastar. Kamu tak perlu bingung-bingung menimbang bahan lagi. Yuk, bikin nastar pakai Pondan!

 

kue nastar

Sumber:

https://www.kompasiana.com/menircybergal/tips-membuat-nastar-agar-tidak-pecah-dan-gosong_551c1523813311b77f9de217

https://makassar.tribunnews.com/2017/06/12/trik-bikin-kue-nastar-lembut-dan-manis

https://resepkoki.id/2017/06/14/13056/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *