Tips Memilih Dark Chocolate Untuk Membuat Cake Favorit Anda!

pondan.comSebagian besar manfaat kesehatan dari cokelat diyakini karena bahan utamanya yaitu kakao. Namun, tahukah Anda bagaimana cara memilih dark chocolate yang tepat untuk disajikan salah satunya ketika Anda membuat cake? Yuk, simak ulasannya sampai akhir!

1. Tips Memilih Dark Chocolate

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat dari dark chocolate. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana memilih coklat berkualitas yang memiliki komposisi tepat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan!

2. Pilih Dark Chocolate Bersertifikat

Pilih produk cokelat yang bersertifikat organik sehingga Anda dapat yakin bahwa produk tersebut bukan hasil rekayasa genetika atau genetically engineered (GE). Sayangnya, kebanyakan cokelat hari ini bahkan cokelat hitam adalah hasil rekayasa.

3. Pilih Coklat Yang Murni

Semakin dekat kakao Anda dengan keadaan mentah alaminya, semakin tinggi nilai gizinya. Idealnya, cokelat atau kakao Anda harus dikonsumsi mentah. Secara umum, semakin gelap cokelatnya, semakin tinggi kakaonya. Namun, kakao cukup pahit, jadi semakin tinggi persentase kakao, semakin pahit.

4. Lihat Bahan Minimalnya

Cara tercepat untuk mengetahui apakah itu pilihan yang baik atau tidak adalah dengan memeriksa daftar bahannya. Buat semuanya tetap sederhana dan pilih cokelat dengan kakao atau kakao sebagai salah satu dari tiga bahan teratas. Semakin tinggi dalam daftar, semakin banyak yang ada di sana!

5. Perhatikan Kandungan Bahan

Saat memeriksa daftar bahan, carilah varietas yang dimaniskan secara alami seperti madu, gula kelapa, atau sirup maple murni! Biasanya semakin gelap cokelat yang Anda pilih, semakin rendah kadar gulanya, jadi bidiklah kakao 70% atau lebih.

6. Perhatikan Kandungan Lemak

Lemak yang ditemukan dalam cokelat berkualitas baik membantu memperlambat penyerapan gula, mengurangi lonjakan insulin. Idealnya, jenis lemak dalam cokelat batangan Anda harus sesuai dengan yang terkandung dalam tumbuhan alami—cocoa butter.

Minyak kelapa mentah juga merupakan pilihan yang baik, mengandung trigliserida rantai menengah (MCT) yang dapat membantu mengurangi kadar trigliserida. Itulah beberapa tips dalam memilih dark chocolate yang bisa Anda coba baik untuk dikonsumsi pribadi maupun sebagai campuran adonan cake.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.