Tips Menggoreng Ayam Ekstra Crispy

Siapa nih di antara kamu yang suka makan ayam goreng crispy?  Pasti tahu dong sensasi pada gigitan pertama, saat lapisan kulit ayam yang renyah menghujam lidah. Duh, jangan cuma dibayangkan, ya! Yuk, segera bikin sendiri ayam goreng favoritmu ini di rumah. Nah, supaya ayam goreng yang kamu buat bisa ekstra renyah, ada beberapa hal nih yang perlu kamu perhatikan saat mengolahnya. Apa saja sih yang harus diperhatikan? Mari simak beberapa tips menggoreng ayam crispy dari salah satu pemilik restoran di Amerika Serikat di bawah ini, dikutip dari situs Kitchn.

1. Awali dengan Mengempukkan Daging Ayam

Via Freepik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membumbui daging ayam adalah mengempukkannya dengan alat pelunak daging. Umumnya, alat ini berbentuk palu dengan paku-paku yang dapat menembus tekstur daging. Kalau tidak ada, kamu bisa juga kok menggunakan garpu untuk melubangi seluruh daging ayam. Cara ini dilakukan untuk memaksimalkan proses brining atau perendaman daging dalam air garam.

2. Rendam Daging dalam Air Garam

Selanjutnya, supaya daging yang kamu olah menjadi lebih juicy, kamu perlu melakukan brining atau merendamnya dalam air garam. Untuk melakukannya, buatlah air garam sederhana dalam mangkuk dan masukkan ayam ke dalamnya. Idealnya, proses perendaman ini memakan waktu semalaman apabila ditaruh di lemari es. Proses brining ini bisa juga menggunakan garam kering dengan cara dipijat ke seluruh permukaan ayam.

3. Berkreasi saat Membalur Ayam

Via Freepik

Dalam ilmu memasak, ada teori mengenai “tangan basah” dan “tangan kering” dalam membalur ayam ke dalam tepung. Namun, ternyata tetesan dari cairan buttermilk yang basah ke dalam tepung kering justru akan membuat ayam goreng yang kamu buat lebih renyah, lho. Saat proses pembaluran ini, jangan lupa juga menekan daging ayam dengan tenaga ekstra agar lapisan tepung tidak terlepas saat proses penggorengan.

4. Gunakan Tepung Bumbu Lezat

Banyak orang hanya membaluri ayam mereka dengan tepung biasa. Inilah yang menyebabkan ayam akhirnya terasa hambar. Maka dari itu, gunakanlah tepung bumbu dengan rasa yang lezat. Tambahkan juga bubuk cabe merah untuk menambah sensasi pedas. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bubuk paprika, bubuk bawang putih, atau bubuk bawang bombai.

5. Goreng Ayam Dua Kali

Via Freepik

Tips menggoreng ayam dikenal dengan istilah blanching. Caranya adalah panaskan minyak hingga 250 derajat, lalu goreng ayam (sekitar lima menit untuk ayam fillet atau 12 menit untuk ayam bertulang). Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu goreng lagi (dua hingga tiga menit untuk ayam fillet atau lima menit untuk ayam bertulang). Dengan metode penggorengan ini, dijamin ayam yang kamu buat akan ekstra renyah.

6. Jangan Menggoreng Sekaligus

Terakhir, jangan menggoreng terlalu banyak ayam secara sekaligus, karena ini dapat menurunkan suhu minyak. Suhu minyak yang naik turun ini tentu akan membuat ayam goreng yang kamu buat menjadi lembek dan berminyak. Jadi, sebaiknya, gorenglah ayam satu per satu dalam batch kecil dengan tetap memerhatikan suhu minyak pada penggorengan. Ingat, jangan terburu-buru, ya!

Itulah tips menggoreng ayam crispy agar ekstra renyah. Tips ini tentunya akan semakin ampuh saat dipadukan dengan tepung bumbu Ala Kentucky Unifood. Dengan dua pilihan rasa, original dan pedas, dijamin ayam goreng yang kamu buat akan terasa lezat dan ekstra renyah. Yuk, saatnya coba menggoreng ayam dengan tepung bumbu Ala Kentucky Unifood!

BELI SEKARANG

Sumber:

Kitchn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *